Tips Ajarkan Sikat Gigi yang Baik Untuk Anak – Anak

Anak – anak harus diajari sejak dini untuk menyikat gigi. Walaupun sudah diberi arahan, banyak akan mengindahkan cara sikat gigi yang baik. Untuk membantu kamu para orang tua mengarahkan dan memastikan si buah hati memiliki gigi sehat, gunakan saja tips – tips berikut ini:

Mengajarkan dengan Memberi Contoh

Orang tua adalah referensi belajar anak. Bagi orang tua yang ingin mengajarkan cara sikat gigi yang baik, pastikan orang tua memberi contoh dulu. Jangan sampai suruh anak sikat gigi 2 kali sehari dengan cara tertentu, tapi orang tua tidak patuh dengan kata – kata sendiri.

 

Buat Event Setiap Kali Gosok Gigi

Saat sikat gigi pagi dan malam, orang tua pastikan hal ini special. Contoh saja bersama – sama satu keluarga sikat gigi. Hal ini membuat kebutuhan sikat gigi bukanlah hal biasa bagi anak. Berkumpul bersama di depan kaca kamar mandi dan melakukan bersama bisa lebih efektif membiasakan untuk anak.

 

Gunakan Media Tambahan Untuk Belajar

Menggunakan lagu dan video untuk memberi tahu cara sikat gigi bisa lebih efektif. Video di YouTube banyak yang menarik untuk jadi panduan. Anak – anak biasanya lebih suka belajar dengan menggunakan media daripada hanya sekedar diberi tahu atau mencontoh orang tua.

 

Beri Insentif dengan Target yang Jelas

Untuk memastikan anak menurut dan menyerap cara sikat gigi yang baik, kamu bisa beri insentif. Misal memberi hadiah makanan favorit atau jajan di luar rumah setelah mencapai 1 minggu rajin sikat gigi. Hal ini akan membuat anak lebih termotivasi belajar kesehatan gigi sendiri.

 

Tegas dengan Anak

Anak bisa menjadi manja saat tidak mau sikat gigi. Mereka bisa malas sewaktu – waktu untuk melakukan hal ini. Para orang tua biasanya tidak tega dan membiarkan anak tidak sikat gigi sekali atau dua kali. Sayangnya hal ini membuat kebiasaan tidak baik.

 

Sebisa mungkin tegas pada anak soal kebutuhan kesehatan. Walaupun terkesan keras, kamu bisa memastikan anak terbiasa soal ini. kamu bisa gunakan kata – kata halus dan tidak perlu pakai fisik. Cukup tekan terus si anak sampai mereka menurut. Terkadang dorongan dengan kata – kata terus menerus membuat anak sebel dan lebih memilih langsung sikat gigi daripada diberi tahu lagi dan lagi.

 

Ajarkan Teknik Gosok Gigi yang Simple 

Saat mengajarkan sikat gigi pada si anak, orang tua lebih baik pilih teknik yang simple. Contoh saja teknik gosok kanan kiri, teknik pola bulat – bulat, teknik menyapu dan pilihan arah menyikat bisa dicontohkan mudah. Anak pasti langsung mengerti teknik ini.

 

Tapi untuk hal seperti menyikat celah gigi bagian dalam, menggosok gusi dan area geraham belakang, mungkin anak lebih susah. Selain lebih rumit, teknik gosok ini bisa melukai jika tenaga tidak diukur. Anak biasanya asal menggosok cepat dan kurang hati – hati. Jadi lebih baik fokus pada teknik yang mudah terlebih dahulu. Setelah mereka tumbuh ke remaja, baru ajarkan yang lebih complex.

Tips Ajarkan Sikat Gigi yang Baik Untuk Anak – Anak

Gunakan juga pasta gigi yang tepat untuk keluarga seperti Systema Nano yang mengandung Nano Calcium dan Erythritol yang mampu mengurangi plak di gigi dan membantu mencegah gigi berlubang. Selain itu kandungan detergen pada Systema Nano lebih sedikit dibandingkan pasta gigi lain. Jadi aman deh buat dipakai anak-anak, tapi dosisnya lebih sedikit dari orang dewasa ya.

 

Bagaimana? Cukup simple bukan tips – tips sikat gigi yang baik untuk anak di atas? Tentu saja proses mengajar untuk anak tidak bisa hanya satu dua kali. Kamu harus memastikan mereka mengikuti arahan orang tua setiap harinya. Jika sudah terbiasa, mereka otomatis akan melakukannya sendiri.

 

Sikat gigi yang benar bisa menjadi modal anak untuk mendapatkan gigi yang rapi. Anak masih memiliki gigi susu. Semakin gigi ini dijaga, makin sehat pula gigi si anak saat tumbuh menjadi gigi permanen. Masalah gigi gingsul, kuning dan masalah gigi lain bisa dihindari dengan menanam kebiasaan ini.

 

Mudah – mudahan bahasan di atas bisa berguna bagi kamu sekalian. Terima kasih sudah membaca artikel tips di atas!