Siapa di antara kamu yang masih suka salah saat menyikat gigi? Akhirnya mengeluh sikat dan pasta giginya nggak tepat. Padahal mungkin saja selama ini cara kamu saat sikat gigi masih salah. Walaupun sudah sikat gigi rutin dua kali sehari tapi itu masih belum cukup, lho. Masih ada hal lain yang jadi faktor penting biar gigi kamu bersih dan sehat.

Rutin sikat gigi saja tidak cukup kalau kamu mau gigi dan mulut tetap bersih dan sehat. Sikat gigi dengan cara yang tidak benar akan merusak gigi dan gusi. Seperti gusi berdarah, risiko gigi jadi sensitif, atau tertinggalnya sisa makanan yang membusuk dan bikin mulut jadi bau.

Kamu pasti nggak mau mau dong, masih muda giginya udah rusak, belum lagi kalau mulut jadi bau karena bakteri yang ogah pergi dari gigi kamu. Aktivitas kamu jadi terganggu, mood jadi menurun, performa sehari-hari juga ikut terhambat. Makanya, kamu harus tahu cara menyikat gigi yang benar dengan gerakan #SikatTepat. Gimana caranya?

Tunggu, sebelum kamu mulai sikat gigi yang benar dengan gerakan #SikatTepat, jangan lupa buat basahi dulu sikat gigi kamu dengan air. Setelah itu, oleskan pasta gigi dari ujung ke ujung bulu sikat. Nah, ini cara menyikat gigi yang benar:

Perhatikan Posisi Bulu Sikat

Genggam sikat gigi seperti kamu menggenggam pensil, tidak perlu terlalu kuat. Posisi bulu sikat juga harus agak miring, di permukaan gigi dekat tepi gusi. Jadi, bulu sikat gigi kamu tidak menempel seluruhnya di gigi.

Lakukan Gerakan yang Benar

Selama ini gimana cara kamu menyikat gigi? Udah benar belum gerakannya? Ini nih gerakan yang benar dan tepat. Yaitu dengan melakukan gerakan melingkar berlawanan dengan arah jarum jam selama 20 detik untuk setiap bagian. Gerakan ini penting dilakukan karena dapat membersihkan plak yang terselip di sela terdalam gigi dan gusi. Bagian gigi mana saja yang harus dibersihkan? Mulai dari mana saja?

Sikat Gigi Mulai dari Seluruh Gigi Geraham

Sikat bagian luar gigi geraham di batas antara gusi dan gigi dengan gerakan melingkar selama 20 detik. Setelah itu sikat bagian atas dan bawah geraham gigi mulai dari batas gusi sampai ujung gigi. Untuk menghilangkan sisa makanan dan plak di permukaan dan sela gigi. Lakukan gerakan ini juga pada bagian dalam gigi geraham.

Sikat Bagian Permukaaan Gigi untuk Mengunyah

Karena bentuknya yang agak cekung dan ukurannya yang lebar, memungkinkan sisa makanan dan plak menempel. Ini bagian gigi yang penting, digunakan sehari-hari. Kalau bagian ini sampai rusak dan harus dicabut, bisa fatal akibatnya.  Ayo, bersihkan tuntas gigi bagian ini dengan gerakan melingkar biar sisa makanan dan plak terangkat semuanya.

Sikat Gigi Bagian Depan

Setelah gigi geraham tuntas bersihnya, sekarang giliran sikat bagian depan gigi. Gerakkan sikat dengan cara melingkar dan sikat gigi kamu dengan cara perlahan sampai semua permukaan gigi depan bersih bebas plak dan sisa makanan.

Sikat Gigi Bagian Belakang

Setelah sisi depan, bersihkan bagian belakang, sisi atas, dan bawah dengan gerakan maju mundur secara perlahan. Pastikan kamu sudah menyikat seluruh permukaan gigi biar bersih dan bebas plak atau sisa makanan.

Sikat Gigi Seri Bagian Dalam

Kadang karena buru-buru, gigi seri bagian dalam yang atas dan bawah lupa disikat. Biar bagian ini bersih, kamu harus memegang sikat gigi secara vertikal. Gunakan ujung kepala sikat dengan gerakan ke atas dan bawah.

Bersihkan Bagian Lidah

Setelah semua bagian gigi tuntas bersihnya, bersihkan lidah dengan pembersih lidah (tongue scrapper). Gampang banget cara pakainya. Letakkan di bagian belakang lidah, lalu tarik sampai ke bagian ujung depan lidah. Ulangi beberapa kali sampai lidah kamu bersih.

Selain itu, kamu juga harus menyikat gigi dengan aturan yang benar dan tepat nih:

Sikat Gigi Selama Dua Menit

Ingat nggak boleh buru-buru, ya! Karena, nanti gigi nggak tuntas bersihnya, masih ada sisa makanan yang menempel di sela terdalam gigi dan gusi. Kalau mau tahu gigi kamu udah bersih atau belu, coba raba dengan lidah.

Apakah halus atau masih ada yang terasa kasar? Nah, kalau masih ada yang terasa kasar, berarti belum tuntas tuh bersihnya. Sisa makanan masih setia menempel di gigi kamu.

Hindari Menyikat Gigi Terlalu Keras

Ampun deh, bisa rusak gigi kamu nanti. Menyikat gigi terlalu keras bisa bikin gusi berdarah dan meradang, gigi juga jadi retak dan sensitif karena lapisan pelindungnya terkikis.

Lakukan Rutin Dua Kali Sehari

Menyikat gigi juga ada aturan waktu yang benar dan tepat. Yaitu 2 kali sehari setiap pagi 30 menit setelah sarapan dan malam sebelum kamu tidur. Kenapa sikat gigi harus 30 menit setelah sarapan? Menurut ADA (American Association Dental), selama makan ada peningkatan asam yang dapat mengikis lapisan pelindung gigi. Kalau kamu langsung sikat gigi, pasta gigi yang bercampur dengan asam itu bisa merusak gigi dan gusi, bahkan gigi bisa jadi sensitif. Nah, kalau sikat gigi malam sebelum tidur biar bakteri nggak numpuk lama dan bikin mulut jadi bau.

Jadi, apa masih ada cara yang masih terlewat atau kamu udah menyikat gigi dengan cara yang benar dengan gerakan #SikatTepat? Yuk, mulai ubah cara kamu sikat gigi sekarang dengan gerakan #SikatTepat pakai sikat gigi Systema Active Clean dan pasta gigi Systema Nano! Biar gigi kamu tuntas bersihnya dan bebas gigi berlubang.

Source: alodokter.com