Mengapa Menjaga Kesehatan Mulut dari Dalam Saja Tidak Cukup?

Kesehatan bagian tubuh yang juga penting untuk dijaga adalah gigi dan mulut. Seperti yang perlu Anda ketahui mengapa menjaga kesehatan mulut dari dalam saja tidak cukup? Karena apapun makanan dan minuman yang Anda konsumsi pastinya akan diproses lebih dulu di dalam mulut sebelum melewati kerongkongan dan berpindah sistem pencernaan.

Malas untuk membersihkan mulut sama saja dengan memunculkan penyakit serius kedepannya. Sehingga Anda wajib memperhatikan kebersihan mulut dan gigi di masa pandemi ini sama saja seperti Anda menjaga kesehatan diri sendiri.

 

Akibat Tidak Menjaga Kesehatan Mulut

Ada beberapa masalah yang muncul ketika Anda tidak memperhatikan kesehatan mulut dalam waktu yang cukup lama. Menjaga kesehatan mulut adalah hal penting karena pintu utama untuk menuju ke bagian dalam pada tubuh Anda.

Masalah kesehatan mulut tidak dapat diremehkan begitu saja karena dapat menimbulkan hal yang tidak nyaman pada mulut, seperti munculnya bau tidak sedap pada mulut, sehingga dapat  membuat Anda tidak percaya diri. Inilah beberapa masalah yang memengaruhi kesehatan mulut :

 

  1. Penyakit kardiovaskular

Gangguan kardiovaskular merupakan masalah kesehatan yang berhubungan dengan pembuluh darah dan jantung. Hal ini disebabkan dari bakteri yang masuk melalui mulut berkembang biak sehingga menyebabkan peradangan dan infeksi pada area tertentu.

 

  1. Pneumonia

Adanya peradangan pada paru-paru akibat dari infeksi bakteri. Gejala umumnya, demam, susah bernafas, batuk berdahak dan kadang bernanah juga. Hal tersebut akibat dari bakteri yang berasal dari mulut masuk bagian sistem pernapasan dan memengaruhi fungsi organ.

 

  1. Bau mulut (Halitosis)

Hal ini dapat terjadi akibat dari gigi berlubang, gigi tiruan yang tidak dibersihkan, dan juga  penumpukan karang gigi. Sehingga harus disadari bahwa kesehatan rongga mulut sangatlah penting untuk menghindari bau mulut tak sedap.

 

  1. Radang gusi

Hal ini diakibatkan adanya plak atau karang gigi yang menempel dan menumpuk di tepi gusi. Biasanya akan keluar darah ketika Anda menyikat gigi.

 

  1. Gigi sensitif

Terjadi akibat kebiasaan menyikat gigi yang tidak tepat sehingga gigi akan terasa ngilu atau nyeri terutama saat Anda sedang mengonsumsi makanan yang panas dan minuman dingin.

 

Cara Tepat untuk Menjaga Kesehatan Mulut

Mengapa Menjaga Kesehatan Mulut dari Dalam Saja Tidak Cukup?

Anda harus mengetahui cara menjaga kesehatan mulut yang tepat agar bakteri yang masuk ke dalam mulut tidak dapat berkembang biak dengan bebas. Inilah mengapa menjaga kesehatan mulut dari dalam saja tidak cukup? Sehingga Anda juga harus memperhatikan makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

 

Menghindari minuman bersoda

Dalam soda mengandung asam fosfat dan asam sitrat. Dari zat yang terkandung di dalam soda biasanya mengandung banyak gula yang mengakibatkan terkikisnya permukaan gigi secara perlahan.

 

Berhentilah merokok

Zat yang terdapat pada rokok dapat mengganggu gusi dan mengakibatkan warna kuning dan kehitaman pada gigi, serta dapat meningkatkan risiko kanker mulut.

 

Menggunakan sikat gigi yang tepat

Biasanya penggunaan sikat gigi adalah 3 bulan, jika kondisi pada bulu sikat gigi sudah mekar atau rontok. Disarankan untuk tidak menggunakannya lagi, karena dapat melukai gigi dan gunakanlah sikat gigi yang bulunya lembut.

Mulut dan gigi sangat sensitif jadi perlu perawatan yang baik, apalagi jika gigi Anda sering berdarah. Itulah  mengapa menjaga kesehatan mulut dari dalam saja tidak cukup.

Jika sering terjadi seperti itu biasanya disarankan untuk menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu halus, seperti Systema Active Clean. Hadir dengan dengan inovasi kepala sikat lebih lebar dan Double-Tapered Filaments, sebuah teknologi dari Jepang yang menjadikan bulu sikat Systema Active Clean super tipis, lembut di gusi, sekaligus kuat untuk mencegah timbunan plak di celah gigi.

 

Dapatkan sikat gigi Systema Active Clean di Official Market Place Kami di Blibli, Shopee, Tokopedia atau JD.ID