Menarik, Rupanya Kesehatan Mulut Juga Pengaruhi Kondisi Emosional Hingga Finansial!

Selama ini, kamu mungkin beranggapan kalau kesehatan gigi dan mulut hanya berpengaruh pada kondisi fisik. Biasanya, alasannya adalah agar tidak sakit gigi.

 

Akan tetapi, tahukah kamu kalau sebenarnya kesehatan mulut juga mempengaruhi aspek-aspek lain dari kesehatan dirimu, termasuk emosional, intelektual, sosial, hingga finansial?

 

Untuk memahaminya lebih lanjut, yuk simak dulu penjelasannya berikut ini!

 

 

  1. Emosional

 

Kesehatan mulut mempengaruhi bagaimana kamu merespon orang lain lewat ekspresi wajahmu, begitu pula bagaimana kamu berbicara, tersenyum, hingga menelan. Bahkan, aspek ini juga mempengaruhi indera penciuman, perasa, dan peraba.

 

Secara tak langsung faktor-faktor tersebut memengaruhi aspek emosional, tepatnya bagaimana kamu mengekspresikan dirimu dan bagaimana kamu bisa merasa positif dengan dirimu sendiri.

 

 

  1. Intelektual

 

Memperluas pengetahuanmu mengenai kesehatan mulut juga meningkatkan kesehatan intelektual. Ketika kamu jadi tahu bagaimana kesehatan mulut memengaruhimu secara emosional maupun fisik, selanjutnya akan jadi lebih mudah buat kamu untuk membentuk kebiasaan baik demi kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut.

 

Begitu kamu bisa mempraktekkan kebiasaan-kebiasaan tersebut, akan lebih mudah juga buat kamu untuk mengajak dan mengedukasi orang lain, mulai dari pasangan, anak, anggota keluarga, dan teman. Contoh kebiasaan baik untuk kesehatan mulut termasuk gosok gigi secara teratur dua kali sehari, flossing tiap hari, rutin memeriksakan gigi dan mulut ke dokter tiap 6 (enam) bulan, dan sebagainya.

 

 

  1. Fisik

Menarik, Rupanya Kesehatan Mulut Juga Pengaruhi Kondisi Emosional Hingga Finansial!

 

Pastinya, kesehatan mulut memengaruhimu secara fisik. Akan tetapi, pengaruhnya tak hanya pada rongga mulutmu, tapi juga seluruh tubuh. Berdasarkan studi yang dilakukan pada tahun 2017, kebersihan gigi yang buruk juga berkaitan dengan masalah kesehatan penting, seperti stroke dan penyakit jantung.

 

Dan para peneliti juga menemukan keterkaitan antara kebersihan gigi dan mulut yang rendah dengan penyakit kardiovaskular atau gangguan pada jantung dan pembuluh darah.

 

 

  1. Finansial

 

Rupanya, menerapkan kebiasaan sehat untuk gigi dan mulut juga mempengaruhi aspek finansial, lho! Mulai dari pengeluaran untuk membeli sikat gigi, pasta gigi, dan dental floss sampai dengan prosedur atau tindakan dari dokter, kamu perlu merencanakan dan mengelola keuanganmu dengan cermat dari hari ke hari.

 

Terlepas dari hasil studi yang sering kali menunjukkan bahwa risiko kesehatan mulut rendah paling banyak ditemukan di lingkungan masyarakat kelas ekonomi dan sosial bawah, sebenarnya risiko ini mengancam siapa saja tanpa memandang demografi.

 

Kamu bisa mulai dengan menggunakan alat-alat yang tepat untuk memenuhi kebutuhan kebersihan gigi dan mulutmu, terutama sikat dan pasta gigi. Pilihlah yang berkualitas, serta bisa memberikan pengalaman merawat gigi dan mulut yang mudah serta nyaman.

 

Contohnya Systema Active Clean, yaitu sikat gigi dengan bulu sikat soft, slim, dan strong (3S) yang bisa bantu bersihkan gigi secara tuntas. Soalnya, bulu sikatnya yang slim dan strong bisa menjangkau sisa-sisa makanan sekecil apapun di sela-sela gigi dengan mudah, serta pasti membuatmu nyaman karena bulunya yang lembut.

 

Kemudian ada juga pasta gigi Systema Nano yang bisa bantu bersihkan sekaligus rawat gigi, terutama dari risiko gigi berlubang. Soalnya, kandungan kalsium nano dapat mencegah dan memperbaiki karies dini dalam 14 hari, lho!