Manfaat Pasta Gigi

Kamu pasti sudah sangat familiar dengan yang namanya pasta gigi, kan? Produk yang satu ini sangat penting bagi kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut. Sebab, manfaat pasta gigi yang utama adalah untuk menjaga kebersihan organ gigi dan mulut agar kamu bisa menghindari berbagai masalah karena kebersihan gigi dan mulut yang buruk. Contohnya sakit gigi, gigi berlubang, dan sebagainya.

 

Nah, manfaat pasta gigi ini berasal dari bahan atau kandungan yang terdapat di dalamnya. Salah satu kandungan yang paling umum ditemukan di dalam pasta gigi adalah mineral bernama fluoride. Dan sebenarnya, fluoride sendiri bisa ditemukan pada gigi dan tulang, serta air, bebatuan, tanaman, hingga udara.

 

Lantas, apa saja ya manfaat pasta gigi, terutama karena adanya kandungan fluoride di dalamnya? Untuk lebih jelasnya, yuk simak dulu penjelasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

4 Manfaat Utama Pasta Gigi untuk Kebersihan dan Kesehatan

 

  1. Memperlambat proses hilangnya mineral dari enamel gigi.

 

Di dalam mulut, terdapat bakteri yang hidup secara alami. Nah, bakteri tersebut akan memproduksi asam ketika mengurai karbohidrat dan gula dari makanan atau minuman yang kamu konsumsi. Secara perlahan, asam tersebut akan mengikis mineral dari enamel gigi, alias proses demineralisasi.

 

Apa yang terjadi kalau enamel gigimu kehilangan mineral? Salah satu bahaya utamanya adalah risiko serangan bakteri jahat penyebab gigi berlubang yang semakin besar. Oleh karena itu, proses demineralisasi ini perlu ditekan, dan di sinilah manfaat fluoride dalam pasta gigi bekerja. Sebab, dengan rutin menyikat gigi, enamel gigimu akan terjaga tetap kuat.

 

  1. Memulihkan kekuatan enamel gigi.

 

Manfaat lain dari pasta gigi yang mengandung fluoride adalah untuk mengembalikan kekuatan enamel gigi. Pasalnya, proses produksi asam oleh bakteri di dalam mulut saat mengurai gula dan karbohidrat tersebut dapat mengikis kandungan mineral penting pada gigi, yaitu fosfat dan kalsium.

 

Untungnya, fluoride bisa membantu proses pembentukan kembali mineral gigi alias remineralisasi. Caranya adalah dengan menangkap mineral yang berasal dari air liur, dan kemudian mendorong fosfat dan kalsium agar kembali ke gigi. Dengan demikian, enamel gigi pun tetap kuat.

 

  1. Mencegah risiko gigi berlubang.

Salah satu manfaat pasta gigi lainnya yang wajib kamu ketahui adalah untuk mencegah terjadinya gigi berlubang. Pasalnya, kandungan fluoride di dalam pasta gigi dapat mencegah tahap awal kerusakan gigi karena bakteri. Hal ini berkaitan erat dengan cara kerja fluoride yang sudah dijelaskan di poin-poin sebelumnya.

 

Sebab, dengan menyikat gigi secara rutin menggunakan pasta gigi berflouride, enamel gigimu pun lebih mampu memperbaiki dirinya sendiri. Karena sekali lagi, kandungan fluoride dalam pasta gigi akan bantu menahan mineral pada enamel gigi dari air liur.

 

Lebih baik lagi kalau pasta gigi yang kamu gunakan mengandung Nano Calcium dan Erythritol seperti Pasta Gigi Systema Nano. Tidak hanya mencegah gigi berlubang saja, namun juga mengurangi plak pada gigi dan membuat nafas lebih segar tahan lama.

 

  1. Mencegah pertumbuhan bakteri jahat.

Sebenarnya, bakteri pada mulut tidak semuanya adalah bakteri jahat, lho! Soalnya, ada sebagian bakteri yang bermanfaat, yang termasuk ke dalam jenis probiotik. Bakteri baik ini berfungsi untuk mencegah pembentukan plak pada gigi, melawan bau mulut, mengurangi peradangan dari penyakit gusi, hingga mencegah kanker mulut.

 

Akan tetapi, jika pertumbuhan bakteri tak terkendali, bakteri-bakteri di dalam mulut tersebut akan menjadi bakteri jahat. Dan karena bakteri mengurai karbohidrat dan gula dari makanan serta minuman yang kamu konsumsi dengan memproduksi asam, artinya risiko kerusakan gigi pun jadi lebih besar kalau bakteri jahat berkembang lebih banyak. Jadi, manfaat pasta gigi lainnya adalah mencegah pertumbuhan bakteri jahat penyebab masalah gigi dan mulut.

 

Nah, itulah 4 manfaat pasta gigi yang utama. Jadi, mulai sekarang pastikan kamu semakin menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan menyikat gigi secara rutin, ya!