Mana Yang Lebih Baik Antara Bulu Sikat Gigi Cepat Kering vs Tidak, Apakah Berpengaruh Terhadap Kesehatan Gigi?

Kesehatan serta kebersihan gigi dan mulut sangatlah penting untuk selalu dijaga. Yang paling umum dan paling mudah untuk dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah menyikat gigi. Dengan menyikat gigi secara rutin 2 – 3 kali sehari dapat membersihkan sisa makanan, kotoran lunak yang menempel di gigi, serta membersihkan bakteri penyebab kerusakan gigi.

Namun mana yang lebih baik antara bulu sikat gigi cepat kering vs tidak, apakah berpengaruh terhadap kesehatan gigi?

 

Pentingnya Memilih Sikat Gigi yang Tepat

Terdapat beraneka ragam dan jenis sikat gigi yang tersedia di pasaran, namun Anda harus tetap memperhatikan jenis sikat gigi yang dapat secara optimal membersihkan gigi dan tetap nyaman saat digunakan.

Memilih sikat gigi yang tepat agar dapat bekerja optimal bukanlah hal sepele, bentuk kepala sikat yang kecil vs besar, bulu sikat lembut vs kasar, atau bulu sikat gigi cepat kering vs tidak, apakah berpengaruh terhadap kesehatan gigi? Pilihlah mana yang paling tetap untuk Anda.

Dengan memperhatikan hal tersebut, kebersihan dan kesehatan gigi Anda akan tetap terjaga serta tetap nyaman saat Anda gunakan. Karena jika menggunakan sikat gigi yang salah akan berakibat fatal untuk kesehatan gigi dan mulut Anda, seperti kerusakan email gigi atau turunnya ketinggian gusi.

Oleh karena itu, para dokter gigi menyarankan untuk menggunakan dan memilih sikat gigi yang tepat dan paling nyaman saat digunakan. Selain membuat diri sendiri menjadi sehat, juga membuat nyaman orang sekitar.

 

Tips Memilih Sikat Gigi yang Tepat

Mana Yang Lebih Baik Antara Bulu Sikat Gigi Cepat Kering vs Tidak, Apakah Berpengaruh Terhadap Kesehatan Gigi?

Walaupun terdengar sepele, memilih sikat gigi dapat mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut Anda. Dengan menggunakan sikat gigi yang salah justru akan mengakibatkan kerusakan pada gigi dan gusi akan menjadi sakit. Lantas, bagaimana untuk memilih sikat gigi yang tepat agar resiko tersebut bisa dihindari?

Sebagai brand nomor 1 di Jepang, Systema telah membantu banyak orang dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Produk sikat gigi dari Systema bisa menjadi solusi bagi kesehatan gigi dan mulut Anda.

Perhatikan juga hal–hal berikut ini sebagai pilihan Anda dalam memilih sikat gigi yang tepat:

 

  1. Ukuran Kepala Sikat Gigi

Pilihlah sikat dengan kepala yang ujungnya mengerucut atau mengecil, agar Anda lebih mudah menjangkau dari permukaan hingga ke bagian terujung gigi. Disarankan juga ukuran kepala sikat gigi dewasa sebaiknya memiliki kepala sikat lebih lebar agar gigi dan gusi bersih merata.

 

  1. Jenis Bulu Sikat

Saat ini ada banyak produk sikat gigi yang tersedia di pasaran berdasarkan jenis bulu sikatnya. Biasanya terdapat label keterangan yang menunjukkan jenis bulu sikat, seperti soft, medium, atau hard. Setiap jenis bulu sikat gigi untuk kondisi gigi yang berbeda-beda.

Bulu sikat soft, direkomendasikan untuk pemilik gigi dan gusi yang sensitif. Sedangkan medium dan hard lebih efektif dalam membersihkan plak gigi, namun penggunaannya harus berhati-hati dan tidak terlalu kuat. Pilihlah produk sikat gigi dari systema yang menyediakan berbagai macam pilihan jenis bulu sikat.

 

  1. Bentuk Sikat Gigi

Sikat gigi dengan gagang yang lurus dan tidak berkelok, akan membuat tekanan saat menyikat bisa menjadi lebih merata. Jika tekanan saat menyikat terlalu besar dapat berakibat kerusakan pada email gigi. Selain itu dengan gagang yang lurus, sikat gigi lebih nyaman dalam genggaman.

 

Dapatkan produk sikat gigi Systema di Official Market Place Kami di Blibli, Shopee, Tokopedia atau JD.ID

 

Jadi manakah antara sikat gigi cepat kering vs tidak, apakah berpengaruh terhadap kesehatan gigi? Menurut jurnal kesehatan gigi, pada dasarnya bulu sikat yang cepat kering atau tidak, sebenarnya tidaklah berpengaruh besar pada kesehatan gigi. Namun, yang lebih penting adalah bulu sikat yang terbuat dari bahan antibakteri, agar kesehatan gigi tetap terjaga.