Kenapa Menyikat Gigi Harus 2 Menit? Inilah Penjelasan dari Ahli Kesehatan Gigi

Gigi adalah bagian tubuh yang cukup sensitif. Ketika kamu memiliki masalah gigi yang ngilu atau nyeri saat sedang mengunyah makanan, kamu tidak bisa menikmatinya. Ini bisa saja terjadi disebabkan kelalaian kamu dalam menyikat gigi karena membiarkan plak dan bakteri menempel di gigi, sehingga menimbulkan infeksi.

 

Itulah sebabnya penting untuk membersihkan gigi yang benar agar tetap bersih dan sehat. Dengan menyikat gigi yang benar, kamu bisa terhindar dari plak dan bakteri yang melekat di sela gigi dan mulut. Untuk itu, penting memperhatikan kebersihan gigi agar kesehatan mulut dan gusi tetap terjaga.

 

Mungkin kamu sudah tahu bahwa menyikat gigi dilakukan minimal 2 kali di pagi hari dan malam hari. Namun, tahukah kamu berapa lama dalam menyikat gigi agar tetap bersih dan sehat?

 

Menurut hasil riset Journal of Dental Hygiene, durasi yang kamu butuhkan dalam menyikat gigi adalah selama 2 menit. Kenapa menyikat gigi harus 2 menit? Hal ini sesuai rekomendasi dari pakar American Dental Association (ADA), bahwa durasi dalam menyikat gigi adalah selama 2 menit dan minimal sebanyak 2 hari sekali.

 

Hasil penelitian ini adalah hasil dari 47 responden dan sebagian besar durasi mereka dalam menyikat gigi hanya selama 45 detik. Tentunya, lamanya durasi menyikat gigi ini kurang tepat, karena tidak benar-benar dapat membersihkan gigi.

 

Dalam hasil penelitian tersebut, dapat dikaitkan antara membersihkan gigi dengan kondisi plak. Hasil riset ini juga menunjukkan persentase plak yang dapat dihilangkan jika menyikat gigi hanya dilakukan dalam beberapa detik atau menit.

 

Dengan melihat hasil ini, kamu bisa mengerti kondisi plak yang menghilang jika kamu menyikat gigi selama 2 menit.

 

Kenapa Menyikat Gigi Harus 2 Menit? Inilah Penjelasan dari Ahli Kesehatan Gigi

Pertama, jika kamu hanya membersihkan gigi selama 1 menit atau kurang, maka kamu hanya menghilangkan plak yang berbahaya di gigi sebesar 26 persen.

 

Kedua, bila kamu meluangkan waktu selama 2 atau 3 menit dalam menyikat gigi, maka hasil yang didapat dapat adalah menghilangkan sebanyak 55 persen lebih banyak plak, daripada kamu menyikat gigi kurang dari 1 menit.

 

 

Jika melihat pada hasil penelitian tersebut, maka dapat diketahui bahwa anjuran kenapa menyikat gigi harus 2 menit sangat penting untuk dibiasakan. Dengan durasi tersebut, kamu dapat terhindar dari plak dan bakteri penyebab masalah gigi dan mulut.

 

Nah, itulah pentingnya kenapa menyikat gigi sebaiknya dilakukan minimal selama 2 menit. Meskipun awalnya cukup sulit untuk mengubah kebiasaan lamanya dalam menyikat gigi, namun hal tersebut harus tetap dilatih agar gigi kamu tetap sehat dan terhindar dari plak juga bakteri yang bisa merusak kesehatan pada gigi.

 

Pastikan juga kamu memilih sikat dan pasta gigi yang dianjurkan oleh para pakar dan dokter gigi seperti produk oral care dari Systema. Kesehatan pada gigi dan gusi akan tetap terjaga