Kenali Penyebab dan Solusi Paling Ampuh Mengatasi Gigi Bengkak Bernanah

Bagi sebagian besar penderita masalah gigi bengkak dan bernanah, besar kemungkinan akan mengalami yang namanya rasa sakit dan nyeri tak tertahankan. Pasalnya, kondisi ini bisa saja menyulitkan para penderitanya untuk makan, bicara bahkan tidur dengan tidak nyaman.

 

Terlepas dari hal tersebut, tahukah kamu mengenai apa saja penyebab gigi bengkak dan bernanah dan bagaimana solusi paling ampuh mengatasinya? Jika kamu penasaran, simak informasi lengkapnya di bawah ini.

 

 

Faktor-faktor yang menyebabkan gigi bengkak dan bernanah

 

Sebelum membahas mengenai solusi dalam mengatasi masalah gigi bengkak dan bernanah, alangkah lebih baiknya bagi kamu untuk mengetahui beberapa faktor penyebab masalah tersebut berikut ini :

 

 

  • Gingivitis

 

Radang gusi biasanya menjadi salah satu faktor penyebab paling utama dari masalah gigi bengkak dan bernanah. Kondisi ini biasanya sering kali disebabkan, karena terjadinya penumpukan plak di gigi. Jika tidak dibersihkan segera, maka besar kemungkinan hal ini akan membuat plak pada gigi semakin teriritasi dan menjadikan resiko gigi bengkak dan bernanah.

 

 

  • Infeksi

 

Masalah infeksi yang terjadi pada lidah dan mulut juga bisa menjadi pemicu terjadinya gigi bengkak dan bernanah. Umumnya, infeksi yang paling sering terjadi yakni gingivostomatitis atau sariawan pada gusi dan mulut.

 

Apabila tidak segera diobati, maka bisa jadi akan memperparah kondisi menjadi pembengkakan dan terjadi nanah pada gusi dan gigi.

 

 

  • Kekurangan asupan nutrisi

 

Bagi orang yang kekurangan asupan nutrisi, terutama vitamin B dan C, maka bisa dipastikan hal ini akan mengakibatkan masalah gigi bengkak dan bernanah. Kondisi ini sangat wajar terjadi lantaran ketika seseorang kekurangan kedua vitamin ini, maka kondisi kesehatan gigi dan gusi akan menurun.

 

Bahkan jika hal ini disepelekan, bisa saja menjadi salah satu penyebab gigi bengkak dan bernanah.

 

 

  • Masa kehamilan

 

Terjadinya masalah gigi bengkak dan bernanah juga bisa saja terjadi karena kondisi kehamilan yang dialami. Dengan perubahan produksi hormon selama masa kehamilan, maka hal ini akan mempengaruhi kondisi gigi dan gusi menjadi lebih mudah teriritasi dan terjadinya pembengkakan.

 

Sehingga bukan tidak mungkin hal inilah yang nantinya akan menjadi pemicu masalah gigi bengkak dan bernanah.

 

 

Solusi mengatasi masalah gigi bengkak dan bernanah

 

Dari beberapa penyebab masalah gigi bengkak dan bernanah di atas, kamu tentunya ingin tahu mengenai bagaimana solusi paling ampuh mengatasi masalah tersebut, bukan?

 

Pada dasarnya, solusi mengatasi masalah gigi bengkak dan bernanah ini bisa dilakukan dengan menerapkan kebiasaan baik untuk menjaga kesehatan gigi.

 

 

Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yakni sebagai berikut :

 

  • Menyikat gigi minimal dua kali sehari dan memastikan melakukan teknik menggosok gigi yang benar.
  • Memakai obat kumur yang mengandung kandungan antiseptik. Tujuannya yakni untuk membantu melawan berbagai bakteri penyebab infeksi pada gigi dan mulut. Memperbanyak mengonsumsi air putih, terutama ketika sehabis makan. Dengan air putih ini, diklaim dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan dari gigi, sehingga mampu mengurangi terbentuknya plak. Menghentikan kebiasaan buruk merokok yang dapat memicu berbagai penyakit, khususnya penyakit gigi dan gusi.
  • Menghindari stress yang dapat memicu produksi hormon kortisol, dimana dapat meningkatkan risiko peradangan di seluruh tubuh, termasuk pada gigi.

 

Dari beberapa penyebab gigi bengkak dan bernanah dan solusi mengatasinya, kamu tentunya ingin terhindar dari masalah kesehatan gigi ini, bukan? Oleh karena itu, sebagai upaya paling mudah untuk diterapkan, yakni jangan lupa selalu rutin menyikat gigi secara teratur dua kali sehari.

 

Di samping itu, pastikan menggunakan sikat gigi dan pasta gigi berkualitas terbaik dan harga terjangkau dari merek Systema.