Kenali Penyebab Bau Mulut dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Bau mulut menjadi salah satu hal yang dapat mengganggu penampilan. Bayangkan, jika sudah berpenampilan sebaik mungkin namun saat berbicara, muncul bau mulut yang tidak sedap, bukankah itu sangat mengganggu?

 

Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka perlu diketahui dulu hal-hal yang menyebabkan bau mulut, serta cara paling tepat untuk mengatasinya.

 

Penyebab bau mulut

Bau mulut dapat disebabkan oleh banyak hal, baik itu kebiasaan sehari-hari yang tidak sehat ataupun adanya gangguan pada sistem pencernaan, berikut penjelasan lebih jelasnya.

 

1. Mengonsumsi makanan atau minuman tertentu

Ada beberapa makanan atau minuman tertentu yang dapat menimbulkan bau tidak sedap pada mulut, seperti petai, jengkol, bawang, kopi, rempah-rempah, serta makanan yang memiliki aroma menyengat.

 

2. Kurang menjaga kebersihan mulut

Kebersihan mulut menjadi hal penting yang harus dijaga setiap saat, jika tidak dijaga kebersihannya, maka sisa makanan akan menempel di gigi, gusi, dan juga lidah, yang dapat menjadi penyebab bau mulut tidak sedap.

 

Hal ini dikarenakan adanya pertumbuhan bakteri dan plak di mulut yang tidak dibersihkan, sisa-sisa makanan tersebut juga dapat menyebabkan terbentuknya karang gigi, hingga gigi berlubang.

 

3. Kebiasaan merokok

Kebiasaan buruk lainnya yang menjadi penyebab bau mulut adalah merokok, jika hal tersebut tidak dihentikan, maka dapat berakibat ke penyakit lain seperti masalah pada gusi dan juga mulut kering.

 

4. Mulut kering

Mulut kering juga dapat menyebabkan munculnya bau tidak sedap pada mulut. Mulut kering dapat terjadi karena tidur dengan mulut yang terbuka, efek mengonsumsi obat tertentu, dan terjadi masalah pada kelenjar ludah.

 

5. Memiliki masalah gusi

Jika plak pada gigi dibiarkan terus menumpuk tanpa dibersihkan dengan baik, maka akan terjadi masalah pada gusi, yang pada akhirnya akan membuat bau mulut yang tidak sedap.

 

6. Gangguan pencernaan

Selain kelima hal tersebut, ada juga penyebab lain yang membuat mulut memiliki bau yang tidak sedap, yakni penyakit yang berkaitan dengan lambung seperti penyakit asam lambung (GERD) dan maag.

 

 

Cara mengatasi bau mulut

 

Kenali Penyebab Bau Mulut dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Setelah mengetahui penyebabnya, barulah dilakukan langkah-langkah untuk mengatasi masalah bau mulut tidak sedap ini, yakni dengan melakukan beberapa hal berikut.

 

 

1. Selalu menjaga kebersihan gigi

Dengan berbagai penyebab bau mulut tidak sedap tersebut, Kamu benar-benar perlu menjaga kebersihan mulut dengan baik. Sikat gigi minimal 2 kali sehari, dengan menyikat secara menyeluruh pada gigi, gusi, lidah, dan juga langit-langit mulut.

 

Selain itu, kamu juga perlu mengganti sikat gigi setelah digunakan selama 3 bulan, ganti sikat gigi kamu dengan sikat gigi Systema yang dirancang untuk membersihkan gigi hingga ke celah-celah gigi tersempit, dengan bulu sikat yang kuat namun tetap lembut membuat gigi dapat dibersihkan dengan baik tanpa perlu khawatir akan melukai gusi.

 

2. Berhenti merokok

Kebiasaan merokok tersebut perlu benar-benar kamu hentikan, hal ini tidak hanya berpengaruh untuk menghilangkan bau mulut saja, tetapi juga menghindarkan diri dari berbagai macam penyakit seperti kanker dan gangguan pernapasan.

 

3. Menjaga asupan makanan

Agar mulut tidak menebarkan bau tidak sedap, Kamu juga perlu menjaga asupan makanan yang dikonsumsi, usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang menjadi penyebab bau mulut seperti bawang, petai, jengkol, dan kopi.

 

4. Rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi

Selain melakukan kebiasaan baik setiap hari, kamu juga perlu mengunjungi dokter secara rutin selama 6 bulan sekali. Pemeriksaan gigi langsung di dokter gigi ini dilakukan untuk mendeteksi adanya penyakit gigi dan gusi yang menjadi pemicu bau mulut, serta langkah pencegahan yang perlu dilakukan.

 

Jika berbagai cara tersebut belum dapat mengatasi bau mulut tidak sedap, maka konsultasikan hal ini ke dokter gigi, agar kamu tahu penyebabnya dan bagaimana cara untuk mengatasinya.