Kenali Makanan dan Minumanmu dan Efeknya Terhadap Kesehatan Gigi

Apakah Anda tahu bahwa tidak hanya kebiasaan yang jarang menyikat gigi saja, tetapi konsumsi juga mempengaruhi kondisi dari gigi itu sendiri? Maka dari itu, perlu untuk kenali makanan dan minumanmu yang dikonsumsi dengan baik agar Anda tidak mendapatkan berbagai masalah dengan gigi. Perlu untuk memperhatikan dengan baik seperti apa konsumsi yang dilakukan sehari-hari.

 

Konsumsi Jenis Makanan dan Minuman dan Efek Terhadap Gigi

 

Ada begitu banyak hal yang perlu untuk Anda kenali makanan dan minumanmu dengan cukup bagi sebagai bentuk dalam upaya menjaga tubuh agar tetap sehat. Perlu untuk membatasi konsumsi yang berlebihan agar tidak menimbulkan berbagai efek yang kurang baik untuk tubuh Anda sendiri. Berikut ini merupakan beberapa dari bahan makanan yang perlu untuk Anda batasi konsumsinya sehari-hari.

 

  1. Permen Asam

 

Pada dasarnya,cara untuk kenali makanan dan minumanmu cukup mudah yaitu dengan cara mengetahui apa saja kandungan yang ada di dalam bahan makanan tersebut. Salah satunya yaitu  konsumsi terhadap kandungan asam yang kadarnya cukup tinggi di dalam makanan. Jika Anda terus biarkan, maka lapisan enamel akan semakin menjadi terkikis tipis.

 

Permen asam yang perlu untuk Anda kenali makanan dan minumanmu untuk menjaga kesehatan gigi memiliki tekstur yang kenyal sehingga jika dikonsumsi terus dapat menempel pada gigi dalam jangka waktu yang lama. Jika tidak dibersihkan dan semakin tumbuh, maka lama kelamaan akan menjadi plak. Kalau Anda tidak memperhatikan hal ini, maka gigi dapat menjadi busuk.

 

  1. Jeruk

 

Perlu untuk diketahui bahwa dalam upaya untuk kenali makanan dan minumanmu, juga termasuk buah jeruk yang mudah ditemui. Apalagi jika Anda cukup sering untuk mengkonsumsi buah satu ini dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun banyak mengandung vitamin yang baik untuk tubuh, tetapi kandungan asam yang ada di dalamnya juga tidak dapat dihiraukan karena terbilang cukup tinggi.

 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya pada upaya untuk kenali makanan dan minumanmu dalam menjaga kesehatan, jika kandungan asamnya cukup tinggi maka akan dapat dengan mudah mengikis lapisan enamel yang ada pada gigi. Jika dibiarkan begitu saja, maka gigi Anda akan semakin mudah rusak. Maka dari itu, perlu untuk mengkonsumsi air putih setelah makan jeruk.

 

 

  1. Minuman Beralkohol

Kenali Makanan dan Minumanmu dan Efeknya Terhadap Kesehatan Gigi

Sudah bukan hal yang asing lagi bahwa minuman beralkohol sendiri merupakan konsumsi yang memiliki efek kurang baik untuk tubuh. Termasuk juga cara untuk dapat kenali makanan dan minumanmu yang membuat mulut menjadi mudah kering. Hal ini seringkali menjadi penyebab awal dari masalah yang ada pada sekitar mulut dan gigi.

 

Kondisi yang membuat Anda harus kenali makanan dan minumanmu yang menyebabkan seperti mulut kering setelah mengkonsumsi alkohol akan membuat produksi air liur menjadi lebih sedikit. Padahal, air liur ini merupakan pembersih dari sisa makanan yang menempel. Sehingga jika Anda biarkan, maka dampaknya akan langsung pada gigi.

 

  1. Es Batu

 

Kali ini Anda dapat kenali makanan dan minumanmu melalui kebiasaan sehari-hari yaitu konsumsi es batu, apalagi dengan cara digigit. Jika Anda sering melakukannya, akan lebih baik untuk dikurangi frekuensinya. Hal ini karena jika diteruskan maka dapat berpotensi membuat gigi menjadi retak atau paha sehingga akan menjadi lebih sensitif dan membuat Anda tidak nyaman.

 

 

Itu tadi merupakan berbagai bahan untuk kenali makanan dan minumanmu agar dapat menghindari penyakit gigi dan mulut. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan gusi dan gigi dengan produk perawatan gigi dari Systema. Sikat dan pasta gigi dari systema menjadi merek nomor satu di Jepang karena telah teruji efektif dalam membersihkan gigi.