Kenali Dampak Buruk Mengonsumsi Minuman Soda, Kopi dan Alkohol Terhadap Kesehatan Gigi dan Mulut

Melakukan perawatan secara maksimal untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut tidak hanya cukup dengan menyikat gigi dua kali sehari saja. Akan tetapi, dalam hal ini kamu juga perlu untuk menghindari beberapa minuman yang menjadi pemicu masalah kesehatan pada gigi dan mulut itu sendiri.

 

Beberapa minuman yang menjadi pemicu masalah kesehatan pada gigi dan mulut di antaranya yakni seperti minuman kopi, soda, dan alkohol. Jika kamu masih menyepelekan hal ini, maka bukan tidak mungkin akan mengalami dampak buruk pada gigi dan mulut seperti berikut.

 

 

Terjadinya perubahan warna pada gigi

 

Jika kamu perhatikan pada orang yang sering minum kopi sehari-hari, maka akan terlihat jelas bahwa warna gigi yang mereka miliki akan jauh berbeda dengan orang yang jarang atau bahkan tidak minum kopi.

 

Ya, pada orang-orang yang sering minum kopi biasanya memiliki warna gigi yang cepat berubah yakni dari yang semula putih menjadi lebih kuning seiring dengan berjalannya waktu. Tentu saja kondisi ini wajar terjadi lantaran kopi sendiri mengandung senyawa tanin yang mengakibatkan warna pada minuman kopi menjadi lebih mudah menempel pada permukaan gigi.

 

 

Masalah erosi gigi

 

Tidak hanya kopi saja, masalah kesehatan pada gigi dan mulut juga bisa saja terjadi, jika kamu sering mengonsumsi minuman bersoda. Umumnya, minuman bersoda yang mengandung asam dan gula ini akan berinteraksi langsung dengan enamel gigi (lapisan luar yang berfungsi melindungi gigi).

 

Semakin lama kandungan asam dan gula ini di dalam mulut, maka hal ini akan menyebabkan masalah terkikisnya lapisan enamel gigi (erosi gigi). Sehingga hal inilah yang akan menjadikan gigi terasa lebih sensitif dari kondisi normalnya.

 

 

Masalah gigi berlubang

Kenali Dampak Buruk Mengonsumsi Minuman Soda, Kopi dan Alkohol Terhadap Kesehatan Gigi dan Mulut

 

Tidak hanya menjadikan enamel gigi semakin terkikis, kamu yang mengonsumsi minuman bersoda juga akan mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut lain seperti gigi berlubang. Pada umumnya, kondisi gigi berlubang juga bisa semakin diperparah oleh kesehatan mulut yang buruk.

 

Maka dari itu, pastikan dalam hal ini kamu menjaga kesehatan pada gigi dan mulut dengan cara mengurangi minuman bersoda agar tidak memicu masalah kesehatan yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

 

 

Karies gigi

 

Selain minuman kopi dan minuman bersoda, kamu juga sebaiknya menghindari yang namanya minuman beralkohol. Sebab minuman ini tidak hanya mengganggu masalah kesehatan organ dalam, tetapi juga memicu gangguan serius pada gigi dan mulut.

 

Kandungan gula, asam, dan soda yang ada pada minuman beralkohol biasanya akan memberikan efek buruk pada kerusakan gigi. Bahkan banyaknya asam dan gula yang ada di dalam minuman beralkohol ini juga bisa menjadikan risiko karies gigi dan gigi berlubang semakin meningkat.

 

 

Masalah pembengkakan kelenjar ludah

 

Bagi orang yang mengonsumsi alkohol dalam jangka waktu yang lama, maka hal ini bisa mengakibatkan masalah pembengkakan kelenjar ludah atau dikenal dengan istilah sialadenosis. Biasanya, kondisi ini terjadi akibat gangguan pada sistem metabolisme dan produksi kelenjar ludah.

 

Apabila kondisi ini diperparah dengan kebiasaan yang kurang memperhatikan masalah kebersihan gigi dan mulut, maka bisa dipastikan orang tersebut akan mengalami risiko kesehatan seperti karies gigi dan juga penyakit gigi.

 

 

Setelah mengetahui beberapa dampak buruk dari mengonsumsi minuman kopi, soda, dan alkohol yang memicu masalah kesehatan gigi dan mulut, mulai sekarang kamu perlu menerapkan kebiasaan baik dalam menjaga kesehatan pada gigi dan mulut.

 

Sebagai langkah sederhana, kamu bisa mulai menerapkan kebiasaan menyikat gigi dua kali sehari secara rutin dan menghindari minuman tersebut. Dalam menyikat gigi ini, pastikan menggunakan sikat gigi yang sudah terbukti unggul seperti Systema Power Clean.

 

Sikat gigi yang lembut di gusi dengan gagang yang ergonomis nyaman digenggam dan anti slip. Kepala dan leher sikat yang ramping membuat sikat gigi lebih mudah menjangkau ke bagian gigi yang dalam.