Inilah Pola Tidur yang Salah Hingga Menjadi Pemicu Masalah Kesehatan Mulut

Tahukah kamu, bahwa pola tidur yang salah selain dapat mengganggu kenyamanan ketika beristirahat juga dapat menyebabkan berbagai masalah mulut dan gigi. Dalam hal ini, pola tidur yang salah yakni tidur dengan posisi mulut terbuka (mangap).

 

Meskipun posisi tidur dengan mulut terbuka ini terbilang lumrah bagi banyak orang, kamu perlu mengetahui efek buruknya bagi kesehatan mulut dan gigi seperti berikut ini.

 

 

Apa saja penyebab orang sering tidur dalam posisi mulut terbuka?

 

Ketika tidur, seseorang atau bahkan kamu sendiri tentu pernah mengalami tidur dalam posisi mulut terbuka / mangap, bukan? Hal ini wajar terjadi lantaran umumnya seseorang sering kali tidak bisa mengontrol gerakan tubuh ketika sedang tidur.

 

Pada dasarnya, orang yang tidur dengan mulut terbuka / mangap ini sering terjadi, karena masalah posisi tidur yang kurang tepat dan beberapa faktor penyebab lain diantaranya yakni sebagai berikut :

 

  • Alergi

 

Pada orang yang memiliki alergi, maka kemungkinan orang tersebut akan mengalami gangguan pernapasan. Hal inilah yang pada akhirnya menyebabkan orang tersebut akan mengalami gangguan ketika bernapas secara normal.

 

Untuk menghindari masalah kekurangan oksigen, maka tubuh secara otomatis akan membuka mulut, agar udara bisa masuk ke dalam tubuh. Tidak heran jika masalah alergi sering kali jadi penyebab posisi tidur dengan mulut terbuka.

 

 

  • Hidung tersumbat

 

Tidak hanya alergi, ketika kamu mengalami masalah hidung tersumbat, tentu saja hal ini akan membuat saluran pernapasan juga menjadi terganggu, bukan?

 

Adanya masalah saluran pernapasan yang tidak normal seperti biasanya inilah yang akhirnya membuat orang-orang secara tidak sadar membuka mulut ketika sedang tidur.

 

 

  • Masalah struktur hidung

 

Sudah menjadi kebiasaan beberapa orang ketika bernapas sering kali menggunakan hidung dan mulut, khususnya bagi orang-orang yang memiliki masalah pada struktur hidung.

 

Masalah struktur hidung seperti septum hidung yang menyimpang atau masalah lain, juga menjadi penyebab lain yang membuat posisi tidur seseorang sering kali membuka mulut.

 

 

 

Berbagai dampak buruk posisi tidur dengan mulut terbuka yang menjadi pemicu masalah mulut dan gigi

Inilah Pola Tidur yang Salah Hingga Menjadi Pemicu Masalah Kesehatan Mulut

 

Meski kedengarannya seperti hal sepele, akan tetapi tidur dengan mulut terbuka dapat menjadi pemicu masalah kesehatan pada gigi dan mulut seperti berikut :

 

 

  • Rentan mengalami masalah mulut dan tenggorokan kering

 

Ketika tidur dalam kondisi mulut terbuka, maka masalah yang sering timbul yakni menjadikan mulut dan tenggorokan menjadi kering. Ini wajar lantaran ketika mulut terbuka, maka akan terjadi proses penguapan secara cepat dari jaringan lunak yang melapisi mulut dan saluran udara.

 

  • Masalah bau mulut

 

Meskipun kamu sering kali mengalami masalah bau mulut saat bangun tidur, akan tetapi kondisi ini bisa lebih buruk ketika kamu tidur dengan posisi mulut terbuka. Sebab, tidur dengan posisi demikian akan memberikan peluang udara kotor pemicu bakteri akan lebih mudah masuk ke mulut, sehingga mengakibatkan masalah bau mulut.

 

 

  • Dapat menyebabkan masalah pada gigi

 

Jika kamu membiarkan posisi tidur dengan mulut terbuka secara terus menerus, maka besar kemungkinan hal ini akan menjadi pemicu masalah pada gigi seperti terjadinya infeksi atau karies gigi. Supaya kamu tidak mengalami efek buruk dari posisi tidur, sebaiknya perbaiki posisi tidur yang tepat dan nyaman.

 

Dari beberapa masalah mulut dan gigi yang disebabkan oleh posisi tidur dengan mulut terbuka, kamu juga penting untuk memperhatikan penggunaan sikat gigi yang tepat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

 

Salah satunya yakni dengan memakai sikat gigi Systema Smart Clean yang hadir dengan bulu sikat slim yang menjangkau setiap celah gigi, serta strong mencongkel plak pada permukaan gigi, namun lembut pada gigi dan gusi.