Inilah Alasan Kenapa Harus Menyikat Gigi Minimal 2 Kali Dalam Sehari

Dalam dunia kesehatan, kita dituntut untuk membersihkan mulut minimal sikat gigi dua kali sehari. Mengapa harus dua kali? Inilah alasan kenapa harus menyikat gigi minimal 2 kali dalam sehari yang harus Anda ketahui:

 

Mencegah Bau Mulut

 

Pertama, menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi bisa mencegah bau mulut. Ya, semua kotoran dan juga kuman penyebab bau mulut akan mati dan tak menumpuk di dalam mulut. Kebanyakan bau mulut terjadi karena mulut yang penuh dengan kuman dan bakteri.

 

Inilah alasan kenapa harus menyikat gigi minimal 2 kali dalam sehari yaitu pada pagi hari setelah makan dan malam hari sebelum tidur. Setelah makan pagi dan saat tidur adalah waktu yang panjang dan membuat kuman dan bakteri senang berkembang biak.

 

Mengurangi Berbagai Jenis Penyakit

 

Alasan yang kedua adalah mengurangi berbagai penyakit baik di dalam mulut maupun untuk sistem pencernaan. Sikat gigi akan mencegah kuman dan bakteri berkembang biak terlalu banyak. Kuman dan bakteri tersebut bisa menyebabkan penyakit di dalam mulut seperti sariawan atau lainnya.

 

Sedangkan, untuk masalah pencernaan adalah ikutnya bakteri dan kuman ke dalam saluran makan saat menelan makanan. Oleh karena itu, Inilah alasan kenapa harus menyikat gigi minimal 2 kali dalam sehari yaitu agar mulut dan organ pencernaan selalu sehat.

 

Mencegah Plak pada Gigi

 

Siapa yang giginya ada plaknya? Plak adalah lapisan yang sangat tipis dan biasanya menempel pada bagian gigi. Plak ini bisa menyebabkan karang gigi. Ya, walaupun pada awalnya terlihat seperti selaput tipis, jika tak sering dibersihkan akan menyebabkan karang yang cukup kuat. Karang membuat tampilan gigi menjadi tak menarik lagi bukan?

 

Plak sendiri asalnya dari hasil metabolisme kuman dan bakteri. Oleh karena itu, jika gigi terlihat memiliki banyak plak, maka Anda harus segera waspada. Inilah alasan kenapa harus menyikat gigi minimal 2 kali dalam sehari yaitu agar tak terbentuk plak dan karang gigi.

 

Mencegah Gigi Berlubang

 

Selain mencegah terjadinya plak pada gigi, nyatanya gigi berlubang juga sering terjadi akibat jarang sikat gigi. Gigi yang berlubang diakibatkan oleh berbagai faktor, salah satunya itu juga karena kuman dan bakteri. Namun yang paling bisa kita lihat mengenai gigi berlubang itu, karena lapisan gigi yang sedikit demi sedikit mengelupas.

 

Oleh karena itu juga, inilah alasan kenapa harus menyikat gigi minimal 2 kali dalam sehari dengan menggunakan sikat yang baik. Ciri-ciri sikat yang  baik tentunya bisa menjangkau gigi dan gusi. Tipis tetapi tetap kuat untuk mengangkat berbagai kotoran pada gigi dan gusi.

 

Memberikan Kenyamanan pada Mulut

Inilah Alasan Kenapa Harus Menyikat Gigi Minimal 2 Kali Dalam Sehari

Sudah bukan jadi rahasia lagi, bahwa sikat gigi memberikan kenyamanan pada mulut. Bagaimana tidak? Banyak sekali pasta gigi yang menggunakan bahan-bahan yang menyegarkan, misalnya adalah daun mint atau mentol.

 

Kandungan tersebut membuat mulut terasa sangat segar dan nyaman. Inilah alasan kenapa harus menyikat gigi minimal 2 kali dalam sehari yang pasti akan membuat Anda makin percaya diri dengan mulut yang sehat.

 

Penting juga untuk memilih sikat gigi yang nyaman dan memberikan efek positif yang baik, seperti sikat gigi dari Systema. Memiliki kepala sikat yang lebih besar, sehingga bisa membersihkan gigi dan gusi secara lebih menyeluruh.