Inilah 5 Tips Paling Efektif Menjaga Kesehatan Gusi dan Gigi

Banyak sekali orang yang seringkali mengeluhkan gangguan gigi dan gusi ketika makan makanan yang dingin dan manis. Ini tentu merupakan kondisi yang wajar, mengingat banyak orang yang sering kali mengabaikan masalah kesehatan gigi dan gusi.

 

Agar kamu tidak mengalami kondisi yang demikian, maka sebaiknya perlu melakukan beberapa tips menjaga kesehatan gusi dan gigi berikut ini.

 

 

Membersihkan gigi dengan benang / flossing

 

Salah satu cara paling efektif yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan gusi dan gigi yakni dengan membersihkan gigi dengan benang atau dikenal dengan istilah flossing. Dalam melakukan flossing ini, disarankan paling tidak melakukannya sekali sehari, agar gusi dan gigi tetap sehat.

 

Ketika kamu melakukan pembersihan gigi secara teratur, maka hal ini akan sangat efektif dalam membantu menghilangkan plak dan makanan yang berada di luar jangkauan sikat gigi. Untuk melakukan flossing,  kamu bisa melakukannya pada pagi hari, malam hari atau setelah makan siang.

 

 

Bersihkan gigi secara rutin

 

Mencegah terjadinya masalah gusi dan gigi juga bisa dilakukan dengan membersihkan gigi secara rutin di dokter gigi. Di sini, dokter gigi umumnya akan mendeteksi gejala awal penyakit gusi apabila kamu memeriksakan gigi secara teratur.

 

Cukup dengan langkah ini, maka gejala penyakit gusi dan gigi nantinya akan bisa diobati sebelum menjadi lebih serius. Biasanya, proses pembersihan yang dilakukan oleh dokter gigi ini menjadi satu-satunya cara paling efektif untuk menghilangkan karang gigi secara lebih maksimal.

 

 

Berhenti dari kebiasaan merokok

Inilah 5 Tips Paling Efektif Menjaga Kesehatan Gusi dan Gigi

 

Sudah bukan rahasia umum lagi, bahwa kebiasaan merokok diklaim dapat menjadi pemicu masalah penyakit gusi dan gigi. Hal ini dikarenakan, merokok dikatakan sebagai salah satu pemicu yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh bahkan menjadikan kebiasaan ini berpengaruh buruk pada tubuh untuk melawan berbagai infeksi gusi dan gigi.

 

Bahkan yang lebih parahnya lagi, kebiasaan merokok juga bisa membuat gusi menjadi lebih sulit sembuh setelah rusak. Untuk itu, dalam cara menjaga kesehatan gusi dan gigi ini pastikan kamu menghindari kebiasaan buruk merokok.

 

 

Terapkan kebiasaan menyikat gigi dua kali sehari

 

Menjaga kesehatan gusi dan gigi bisa dilakukan dengan langkah sederhana yakni menerapkan kebiasaan baik dengan menyikat gigi 30 menit setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

 

Tidak hanya dengan menyikat gigi saja, kamu juga dianjurkan untuk membersihkan lidah yang sering menjadi sarang bakteri. Pastikan dalam menyikat gigi ini menggunakan sikat gigi yang berbulu lembut, agar memberikan kenyamanan ketika menyikat gigi.

 

 

Memakai pasta gigi yang memiliki Fast Action System

 

Tidak hanya dianjurkan untuk menggunakan sikat gigi yang berbulu lembut, dalam menjaga kesehatan gusi dan gigi juga penting untuk memakai pasta gigi yang memiliki Fast Action System seperti pasta gigi Systema Nano. Dengan  memiliki Fast Action System yang bisa membuat pasta gigi ini menyebar dengan sangat cepat ke seluruh bagian mulut untuk memberikan perlindungan penuh pada gigi.

 

Dari beberapa tips menjaga kesehatan gusi dan gigi di atas, kamu dianjurkan untuk menggunakan sikat gigi dan pasta gigi berkualitas dari Systema yang hadir dengan keunggulan untuk merawat gigi dan gusi secara efektif.