Salah satu faktor penting yang membuat kamu jadi percaya diri adalah kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut. Penampilan fisik boleh sempurna tapi kalau gigi berlubang, mulut jadi bau, tentu saja bikin kamu nggak happy. Mulut dan gigi adalah saluran utama tempat masuknya makanan dan minuman yang nantinya akan dicerna oleh tubuh.

Makanya, mulut dan gigi jadi rawan kuman dan bakteri penyebab mulut bau, radang gusi, gigi jadi kuning, gusi bengkak, bahkan sampai karies gigi, dan gigi berlubang. Nah, dari semua masalah yang disebabkan kuman dan bakteri ini ada satu yang harus diwaspadai yaitu karies dini. Kenapa?

Karena, kerusakan gigi ini nggak terdeteksi sejak awal dan mungkin juga kamu nggak sadari adalah karies dini. Tapi, tahu, nggak sih kamu, apa itu karies dini, gejalanya seperti apa, penyebabnya apa saja, dan gimana mencegah karies dini pada gigi? Sebelum membahas pasta gigi apa yang harus kamu pakai agar terhindar dari karies dini, yuk, pahami dulu tentang karies dini!

Apa Itu Karies Dini?

Kerusakan yang terjadi di lapisan terluar dari gigi atau lapisan pelindung gigi. Kondisi ini terjadi karena adanya proses mengubah mineral di gigi akibat produksi bakteri yang ada di mulut dan berusaha dinetralkan oleh air ludah. Bakteri inilah yang menjadi penyebab awal karies karena merusak lapisan pelindung gigi, menyebar ke jaringan penyusun gigi, dan akhirnya membuat gigi jadi berlubang. Kalau dibiarkan akan merusak struktur gigi secara keseluruhan. Tapi, gimana mendeteksi gejalanya dong? Hmm, ini nih yang harus kamu perhatikan dengan teliti

Gejala Karies Dini

Coba perhatikan gigi kamu saat sedang menyikat gigi apakah warnanya berubah jadi putih pucat, kecoklatan, agak hitam, dan kalau disentuh terlihat kasar? Itu adalah tanda gigi kamu mengalami karies dini. Gejalanya tidak terlihat bahkan akan dianggap biasa karena tidak ada rasa sakit atau ngilu.

Tapi, kalau dibiarkan gigi kamu akan merasakan nyeri atau tertusuk saat makan atau minum yang dingin bahkan yang terasa manis. Napas kamu pun jadi bau dan gigi tiba-tiba sakit di pagi dan malam hari. Bikin kamu nggak bisa tidur di malam hari, makan, bahkan beraktivitas secara normal. Duh, jangan sampai begini, ya! Makanya kamu harus tahu nih apa sih penyebab dari karies dini ini. Lanjutin, ya, bacanya!

Penyebab Karies Dini yang Harus Kamu Waspadai

Bakteri, sisa makanan, ludah, dan asam yang menumpuk pada gigi ini yang membuat ada lapisan lengket di permukaan gigi. Lapisan ini terbentuk setelah 20 menit mengonsumsi makanan terutama makanan yang tinggi karbohidrat, permen, es krim, roti, cake, dan makanan manis lainnya. Lama-lama kalau dibiarkan dan kamu tidak rutin sikat gigi atau bahkan buru-buru alias nggak tuntas bersihnya, lapisan lengket ini akan mengeras dan mengikis lapisan pelindung pada gigi. Selain itu, untuk kamu yang menderita penyakit GERD (naiknya asam lambung ke kerongkongan) punya risiko lebih tinggi kena karies dini, karena asam lambung itu bisa naik ke mulut. Hal ini bisa mengakibatkan kerusakan pada lapisan terluar gigi dan merubahnya jadi karies. Nah, kalau sudah kena karies, apa bisa diobati?

Pengobatan Karies Gigi

Cara mengobati karies gigi yang paling umum yaitu dengan ditambalnya jaringan gigi yang sudah berlubang akibat karies gigi. Tapi, kalau sudah rusak sampai ke struktur penyangga gigi, harus dilakukan pencabutan gigi. Pencabutan ini untuk menghambat penyebaran bakteri penyebab karies gigi ke gigi yang lain. Selain dicabut, biasanya dokter akan menyarankan untuk memasang mahkota gigi di permukaan gigi. Nah, kalau udah parah banget sampai ke lapisan terdalam gigi, akan dilakukan perawatan saluran akar gigi untuk mengembalikan bentuk gigi kamu seperti semula. Duh, bahaya banget kan kalau sampai harus diobati gitu. Jadi, lebih baik mencegah dong daripada mengobati. Gini nih caranya

Mencegah Karies Dini pada Gigi

Biar gigi kamu bebas karies, biasakan lakukan ini setiap hari

  1. Sikat gigi rutin 2 kali sehari

Setiap pagi 30 menit setelah sarapan dan sebelum tidur untuk membersihkan sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi yang paling sulit dan dalam.

  1. Konsumsi makanan yang menyehatkan gigimu

Ini buat kamu yang doyan banget sama makanan gurih dan manis berlebih. Hindari makanan seperti keripik, permen, gula buatan yang mudah melekat dan terselip di sela gigi dalam waktu yang lama. Lebih baik kamu banyak makan sayur dan buah yang baik untuk gigimu.

  1. Kurangi camilan dan minum air putih

Terutama camilan yang mengandung karbohidrat tinggi gula. Karena, bisa menghasilkan asam yang banyak di mulut yang dapat merusak gigi. Kamu juga harus banyak minum air putih daripada minuman manis yang kandungan gulanya tinggi banget.

  1. Gunakan pasta gigi ini untuk mencegah karies dini

Pasta gigi di pasaran banyak banget dari kandungan sampai manfaatnya. Ada yang anti karang untuk menghilangkan plak pada gigi, pasta gigi dengan pemutih, pasta gigi untuk gigi sensitif, dan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Nah, pasta gigi dengan fluoride ini yang bermanfaat memperbaiki mineral pada gigi yang udah rusak akibat zat asam dari makanan yang menempel di gigi. Selain itu juga, membantu melindungi lapisan terluar gigi agar tetap kuat.

Selama ini pasta gigi yang beredar umumnya menggunakan micro calcium untuk mencegah gigi berlubang. Ternyata ini nggak cukup, karena ada lubang yang nggak keliatan di gigi dengan ukuran 1000 kali lebih kecil dari lubang micro. Lubang super kecil inilah yang jadi awal terjadinya karies dini.

Systema Nano, pasta gigi pertama di Indonesia dengan teknologi Nano Calcium bisa memperbaiki dan menutup lubang nano super kecil di gigi hanya dalam waktu 14 hari. Karena, pasta gigi ini dilengkapi dengan Fast Action System, membuat pasta gigi lumer dan menyebar cepat dalam mulut untuk memberikan perlindungan cepat, menyeluruh, dan tuntas. Selain Nano Calcium, Systema Nano juga mengandung Erythritol yang dapat membantu mengurangi plak di gigi secara efektif lebih cepat dibanding pasta gigi biasa.

Kandungan Nano Calcium dan Erythritol ini juga bisa membunuh bakteri, menetralisir asam di mulut, dan mengurangi bau mulut. Ada dua varian yang bisa kamu pilih nih, mentol breeze buat kamu yang suka rasa mentol di mulut dan spring fresh buat kamu yang pengin mulut terasa segar sehabis sikat gigi.

Yuk, cegah karies dini sekarang dengan pasta gigi Systema Nano! Lubang sekecil apapun menutup dengan tuntas hanya dalam waktu 14 hari.

Source: sehatq.com, alodokter.com, lionwings.com