Gigi Ngilu Tapi Tidak Berlubang? Yakin? Kenali Gejala Karies Dini dan Cara Mengatasinya

Apakah Anda sering mengalami berbagai nyeri dalam mulut? Bisa jadi hal ini menjadi agar kenali gejala karies dini yang perlu untuk Anda ketahui dengan baik dan tepat, apalagi perlu untuk segera dideteksi sedini mungkin sehingga Anda segera dapat mencari solusi tepat untuk mengatasinya.

 

Ketahui apa saja gejala dan juga cara mengatasinya dengan tepat seperti yang Anda akan simak di bawah ini.

 

Gejala Karies Dini  yang Perlu Anda Ketahui

 

Perlu diketahui bahwa cukup banyak orang yang tidak merasa bahwa dirinya sedang menderita karies gigi. Anda mungkin salah satu dari yang sering mengalami kenali gejala karies dini namun juga tidak menyadarinya baik dan atau tidak merasakan apapun.

 

Bahkan pada beberapa kasus, karies sendiri tidak memunculkan rasa sakit sama sekali sehingga membuat pengidapnya tidak mengetahuinya.

 

Anda tidak perlu untuk merasa khawatir untuk dapat mengetahui apakah merasakan kenali gejala karies dini atau tidak. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengenali seperti apa gejala yang muncul. Hal ini tentu saja perlu untuk dimulai dari diri Anda sendiri.

 

 

Berikut ini merupakan upaya yang dapat dilihat untuk Anda agar dapat kenali gejala karies dini dengan lebih tepat diantaranya:

 

  1. Anda perlu melihat apakah muncul bercak yang berwarna coklat  atau  kehitaman yang ada pada gigi.
  2. Anda merasakan sensasi yang membuat kurang nyaman pada gigi. Biasanya rasa ini seperti memberi sensasi gigi Anda ditusuk atau nyeri saat mengkonsumsi terutama pada suhu yang panas.
  3. Anda merasa bahwa mulut menjadi lebih sering bau meskipun tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang dapat memicunya.
  4. Anda mengalami rasa sakit yang dalam waktu cukup lama dan bahkan mengganggu aktivitas yang perlu untuk dilakukan dalam keseharian.

 

 

Cara Mengatasi Jika Mengalami Karies Dini

 

Anda tidak perlu khawatir jika merasakan kenali gejala karies dini. Alangkah baiknya, mulai dari sekarang Anda memperhatikan pasta gigi yang Anda gunakan untuk sekeluarga. Pilihlah pasta gigi yang terbukti mencegah karies gigi yaitu Systema Nano.

Dengan Kandungan kalsium nano, membantu memperbaiki karies dini dalam 14 hari dan mencegah resiko gigi berlubang. Tersedia dalam 2 pilihan kesegaran, Menthol Breeze dan Spring Fresh, membuat gigi dan nafas Anda sekeluarga segar seharian.

Gigi Ngilu Tapi Tidak Berlubang? Yakin? Kenali Gejala Karies Dini dan Cara Mengatasinya

 

Bisa juga Anda mencoba memeriksakannya langsung ke dokter gigi. Hal ini dikarenakan akan lebih baik jika Anda segera pergi ke dokter dan memeriksakan keadaan gigi sehingga dapat segera diatasi dengan baik. Apalagi jika Anda merasa bahwa rasa nyeri yang dirasakan sudah membuat Anda merasa terganggu dan tidak nyaman.

 

Biasanya ada beberapa perawatan ketika mengalami dan mengetahui kenali gejala karies dini yang secara umum biasanya dianjurkan oleh dokter, diantaranya:

 

 

  1. Menggunakan Fluoride

 

Pada tahapan kenali gejala karies dini yang masih terbilang cukup awal, seringkali dilakukan perawatan dengan pemberian fluoride terlebih dahulu. Dosis yang diberikan akan melebihi dari kandungannya yang ada pada pasta gigi.

 

 

  1. Melakukan Tambal gigi

 

Opsi lain jika Anda dapat kenali gejala karies dini yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan tambal gigi. Biasanya akan dianjurkan jika sudah terbentuk lubang pada gigi Anda sehingga perlu untuk menambalnya agar tidak sakit.

 

 

  1. Merawat Pada Saluran Akar

 

Hal lain dari solusi kalau Anda mulai dapat kenali gejala karies dini yaitu dengan langsung merawat pada bagian saluran akarnya. Hal ini dilakukan jika bakteri sudah masuk ke dalam lapisan paling dalam pada gigi.

 

 

Itu tadi merupakan penjelasan jika Anda mengalami kenali gejala karies dini dan tidak perlu untuk merasa panik. Pastikan bahwa Anda segera memeriksakan diri ke dokter gigi agar rasa sakit dapat segera ditangani dengan baik. Hal ini nantinya membantu Anda merasa nyaman lagi.