Cegah Masalah Gigi Berlubang Sejak Dini dengan Tips Berikut Ini!

Masalah gigi berlubang sepertinya menjadi salah satu permasalahan yang paling umum dialami oleh hampir sebagian besar orang. Dengan sensasi rasa nyeri dan tidak nyaman yang dirasakan, menjadikan penderita seringkali merasa kesulitan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

 

Umumnya, masalah gigi berlubang ini sering kali tidak disadari karena berbagai kebiasaan-kebiasaan buruk. Agar kamu terhindar dari masalah gigi berlubang yang sering mengganggu penampilan dan aktivitas, simak beberapa cara mencegah gigi berlubang tips di bawah ini.

 

 

Menyikat gigi secara rutin

 

Tips utama yang bisa mencegah masalah gigi berlubang yakni dengan menerapkan kebiasaan baik dalam menyikat gigi secara rutin. Sudah tertera jelas, bahwa dalam menyikat gigi ini, seseorang dianjurkan untuk menyikat gigi 30 menit setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

 

Dengan menyikat gigi sesuai aturan ini, maka kamu akan terbebas dari masalah gigi berlubang. Ini dikarenakan, dengan menyikat gigi maka sisa makanan yang dikonsumsi dan tertinggal di sela gigi dan gusi dapat dibersihkan secara maksimal.

 

 

Mengonsumsi permen karet

 

Menghindari makanan manis memang diperlukan untuk mencegah gigi berlubang. Namun apakah kamu tahu bahwa ternyata dengan mengonsumsi makanan manis seperti permen karet ternyata bisa mencegah masalah gigi berlubang.

 

Ya, hal ini memang benar adanya lantaran ketika seseorang mengunyah permen karet, maka dapat membantu membersihkan gigi dari sisa makanan, sehingga mencegah terjadinya gigi berlubang. Kendati demikian, pastikan kamu memilih permen karet yang bebas gula, agar memperoleh manfaat lebih efektif di dalamnya.

 

 

Perbanyak mengonsumsi air putih

Cegah Masalah Gigi Berlubang Sejak Dini dengan Tips Berikut Ini!

 

Seperti yang kita ketahui, air putih memiliki manfaat penting bagi kesehatan tubuh. Di samping itu, siapa sangka jika air putih ini ternyata juga berperan penting dalam upaya menerapkan cara mencegah gigi berlubang secara efektif.

 

Dengan air putih, bisa membantu membersihkan sisa-sisa  makanan yang menempel di gigi. Sehingga, hal inilah yang akan menjadikan gigi berlubang bisa dicegah. Terlebih lagi ketika kamu mengonsumsi minuman jus buah, maka perlu membersihkan mulut dengan minum air putih.

 

 

Mengonsumsi teh hijau & teh hitam

 

Bagi kamu yang suka mengonsumsi minuman teh, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi teh hijau dan teh hitam. Ya, kedua jenis teh ini diklaim dapat membantu mencegah gigi berlubang. Pasalnya, kedua jenis teh ini memiliki kandungan fluoride alami yang dapat berguna untuk menjaga enamel gigi.

 

Di samping itu kandungan fluoride ini juga dapat membantu memberikan perlindungan pada gigi, serta mencegah terjadinya plak pada gigi. Dengan begitu, upaya kamu dalam mencegah masalah gigi berlubang bisa diatasi dengan mudah.

 

 

Mengonsumsi sayur dan buah

 

Tahukah kamu, bahwa kandungan serat yang ada pada sayur-sayuran dan buah-buahan ternyata dapat berperan penting dalam menjaga gigi tetap sehat terawat. Tidak hanya baik digunakan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan saja, banyak mengonsumsi sayur dan buah juga akan merangsang fungsi pengunyahan dan meningkatkan sekresi air ludah.

 

Hal ini tentu saja akan sangat berguna bagi kamu untuk menerapkan upaya dalam mencegah masalah gigi berlubang, bukan?

Setelah mengetahui beberapa tips mencegah gigi berlubang di atas, bagi kamu yang ingin upaya pencegahan ini bisa berjalan secara maksimal, maka sebaiknya gunakan sikat gigi dan pasta gigi berkualitas dari Systema.

 

Dengan sikat gigi yang menawarkan 3 keunggulan yakni slim, strong & soft serta pasta gigi yang memberikan perlindungan maksimal untuk gigi, kamu akan terhindar dari masalah gigi berlubang.