Rutin sikat gigi sudah dua kali sehari pagi dan malam, 30 menit setelah sarapan dan malam sebelum tidur, menyikat gigi dengan benar juga sudah, tapi masih belum bersih juga. Apa yang salah, ya? Hmm, coba di cek apakah sikat gigimu sudah tepat?

Salah satu faktor yang juga menentukan kebersihan dan kesehatan gigi, gusi, dan mulut adalah memilih sikat gigi yang tepat. Sikat gigi di pasaran ada banyak banget jenisnya. Dari mulai yang cocok untuk travelling, warnanya yang macam-macam, bentuk kepala sikat yang kecil dan lebar, pegangan yang lurus, bengkok, panjang, sampai fungsi yang ditawarkan juga banyak dan menarik perhatian banget. Jadi bingung deh mau beli sikat gigi yang tepat biar gigi bersih dan sehat. Karena, sikat gigi yang tepat menentukan kebersihan dan kesehatan gigi, gusi, dan mulut kamu.

Apa sih ciri-ciri sikat gigi yang tepat itu? Bentuknya kecil, bulunya lembut, atau pegangannya yang panjang? Nah, ingat kamu jangan hanya tergiur dengan salah satu aja. Kamu harus tetap jeli memilih sikat gigi yang tepat.

Biar kamu nggak pusing bin bingung, ini nih rahasia cara memilih sikat gigi yang tepat! Coba perhatikan poin-poin penting ini. Apa sikat gigi kamu sudah memilikinya?

Lihat Ukuran Kepala Sikat Gigi

Ukuran kepala sikat gigi ini menentukan keefektifannya membersihkan gigi secara tuntas. Kalau kamu mau gigi dan gusi jadi bersih, mulut jadi sehat bebas bau, pilih sikat tepat yang punya kepala 1,4 kali lebih lebar. Biar bisa menjangkau gigi lebih luas dan secara menyeluruh. Jadi, sekali sikat gigi, tuntas bersihkan plak dan sisa makanan yang bandel nggak mau pergi.

Bulu Sikat Gigi Harus Punya 3S (Soft, Slim, Strong)

Biasanya untuk menghindari gusi jadi berdarah, kamu pasti memilih bulu sikat yang lembut. Nggak salah sih memang, tapi itu aja nggak cukup. Pastikan bulu sikat gigi yang kamu beli harus memiliki keunggulan 3S ini dengan teknologi double tapered filament. Biar bisa menjangkau ke cela terdalam gigi, mencongkel sisa makanan dan plak yang membandel, plus aman buat gusi. Jadi, gigi tetap bersih dan gusi nggak berdarah.

Grip Harus Nyaman Digenggam Tangan Kamu

Saat memilih, pastikan handle grip sikat gigi pas dan sesuai dengan genggaman tangan kamu. Jangan terlalu besar apalagi terlalu kecil. Kalau nyaman digenggam, kamu pun jadi senang saat menyikat gigi. Pastikan juga pilih yang genggamannya non-slip handle grip (bebas selip saat digenggam). Setidaknya sikat gigi yang tepat itu bisa nyaman digunakan selama 2 menit. Ingat kan berapa lama waktu yang tepat menyikat gigi? Ngaku deh kalau nggak nyaman pasti kamu juga maunya buru-buru. Padahal kalau buru-buru sikat gigi, gigi jadi nggak bersih dan sehat. Masih banyak sisa makanan dan plak yang menempel.

Manual atau Elektrik, Mana yang Tepat?

Sebenarnya secara fungsi sih sama aja, Systemate. Keduanya sama-sama ampuh membersihkan plak dan sisa makanan pada gigi dan gusi secara efektif. Hanya bedanya, sikat gigi elektrik bulu sikatnya dirancang otomatis berputar dan bergerak menyikat gigi, serta harganya yang cukup menguras kantong. Kalau sikat gigi manual, tentu saja kamu harus mengatur sendiri pergerakan dan perputarannya dan harga pun terjangkau banget. Selama kamu benar dalam menyikat gigi sih, lebih baik pilih yang manual saja. Masih ada satu lagi nih rahasianya, terutama buat kamu para milenial dan gen Z. Yuk, teruskan bacanya!

Desain yang exclusive

Nah, ini juga penting. Menyikat gigi bukan hanya karena faktor aman dan nyaman. Salah satu yang bikin rajin sikat gigi dengan sikat tepat adalah desain yang exclusive, cocok dengan gaya kamu sehari-hari. Setuju dong?  Apa sikat gigi kamu sudah punya kelima ciri ini? Kalau belum, berarti ini saatnya kamu ganti sikat gigi kamu dengan sikat tepat.

Sudah memlih sikat gigi yang tepat, jangan lupa dirawat juga dong sikat giginya. Ini nih caranya merawat sikat gigi yang tepat:

Bersihkan dengan Rutin Sikat Gigi Kamu

Setelah dipakai jangan lupa dibersihkan sebelum dan sesudah dipakai, ya! Cuci sikat gigi kamu di bawah keran air untuk membersihkan sisa makan yang menempel di bulu sikat gigi. Sikat gigi juga bisa direndam dalam cairan pencuci mulut. Sudah pernah coba dibersihkan?

Simpan di Tempat Terbuka

Setelah dipakai jangan disimpan di tempat tertutup saat sikat gigi masih dalam keadaan basah. Jadi, simpan sikat gigi kamu di cangkir terbuka biar bulu sikatnya cepat kering. Kalau sudah kering, bisa kamu simpan lagi di rak atau lemari yang ada celah udaranya. Karena, sikat gigi bisa berlumut dan bakteri bebas berkembang biak. Akhirnya gigi kamu jadi tambah kotor dan nggak sehat.

Ganti Sikat Gigi Rutin

Biar gigi kamu tetap bersih dan sehat, sebaiknya ganti setiap 3 bulan sekali. Apalagi kalau sikat gigi kamu bulunya sudah mulai mencuat keluar dan rusak atau patah. Selain bikin gigi kamu jadi nggak bersih, gusi juga jadi nggak aman, bisa berdarah, lho. Nah, apa sikat gigi kamu sudah mulai rusak? Segera ganti dengan sikat tepat, ya!

Nggak Boleh Saling Pinjam dengan Partner

Sikat gigi adalah properti pribadi. Walau dibersihkan rutin setiap kali dipakai, tapi tetap bisa meningkatkan risiko virus dan bakteri berkembang biak kalau digunakan  bersama-sama. Jadi, ingat, ya, nggak boleh saling pinjam sikat gigi. Tapi, kalau nggak sengaja ambil sikat gigi partner gimana dong? Nah, kamu harus pilih yang warnanya berbeda saat beli sikat gigi. Kalau kamu suka warna biru, pastikan partner kamu sukanya warna lain biar gampang bedain sikat gigi saat diambil.

Sudah siap ganti sikat gigi kamu dengan #SikatTepat? Yuk, pilih yang tepat sekarang! Pilih Systema Active Clean yang punya 3 keunggulan:

  1. Kepala sikat gigi 1,4 kali lebih lebar: menjangkau seluruh permukaan gigi, lebih luas lebih bersih
  2. Bulu sikat punya 3S (soft, slim, strong) dengan teknologi double tapered filament: tuntas membersihkan hingga ke sela-sela gigi, tapi gusi tetap aman. Nggak perlu menekan terlalu kuat, sikat dengan lembut saja sudah bersih, kok
  3. Desain yang exclusive: cocok banget dengan gaya kamu sehari-hari. Jadi, selfie saat sikat juga tetap pede.

Jadi, sudah nggak bingung lagi dong memilih #SikatTepat? Yuk, pakai #SikatTepat Systema Active Clean sekarang!

Source: alodokter