Apa Perbedaan Gigi Ngilu dan Gigi Sensitif serta Penyebab Utama Keduanya?

Apa Perbedaan Gigi Ngilu dan Gigi Sensitif serta Penyebab Utama Keduanya?

Hampir semua orang pasti pernah mengalami sakit gigi dan pasti membuat Anda akan merasa tidak nyaman terutama saat mengkonsumsi makanan atau minuman. Rasa sakit gigi yang timbul karena kondisi gigi, bisa jadi karena gigi ngilu atau gigi yang sensitif.

Namun pernahkah Anda bertanya apa perbedaan gigi ngilu dan gigi sensitif serta Penyebab Utama Keduanya? Walaupun memberikan rasa yang tidak nyaman yang sama namun terdapat perbedaannya. Berikut penyebab utama munculnya rasa tidak nyaman pada gigi :

 

Penyebab Gigi Ngilu

Penyebab gigi ngilu dapat terjadi karena berbagai hal, namun rasa ngilu pada gigi secara umum terjadi saat saraf gigi terekspos rangsangan dari luar karena lapisan luar atau enamel gigi yang tipis atau rusak. Sehingga menyebabkan rasa sakit dan kurang nyaman pada gigi saat makan atau minum, bahkan saat kondisi – kondisi tertentu, seperti saat udara dingin.

Terdapat beberapa kondisi yang menyebabkan keluhan gigi ngilu, seperti:

 

Gigi Berlubang

Penyebab utamanya adalah karena penumpukan plak dan karang gigi, tempat berkembangnya kuman dan bakteri. Jika dibiarkan, kondisi tersebut menjadi biang rasa sakit dan gigi ngilu. Bahkan, plak dan karang gigi bisa memicu terjadinya infeksi pada gigi dan gusi.

 

Gigi Retak

Gigi retak sering terjadi karena kebiasaan menggigit atau mengunyah makanan yang terlalu keras. Saat terjadi gigi retak, akar gigi akan lebih mudah terekspos atau terpapar rangsangan berlebih dari luar yang membuat gigi terasa ngilu.

 

Abses Periapikal

Umumnya lebih dikenal dengan abses gigi, kondisi ini terjadi karena penumpukan nanah pada pangkal gigi karena infeksi bakteri. Abses gigi ini dapat mengakibatkan adanya kerusakan pada jaringan gigi dan gusi karena tekanan yang ditimbulkan, akibatnya membuat gigi terasa ngilu.

 

 

Penyebab pada Gigi Sensitif

Apa Perbedaan Gigi Ngilu dan Gigi Sensitif serta Penyebab Utama Keduanya?

Gigi sensitif adalah rasa sakit yang ditimbulkan pada gigi seperti nyeri dan ngilu, yang biasanya timbul akibat memakan dan meminum yang panas atau dingin. Hal itu merupakan penyebab utama gigi sensitif. Rasa sakit atau nyeri karena gigi sensitif, dirasakan pada satu bagian gigi maupun beberapa gigi sekaligus, dan rasa sakitnya dapat terjadi hanya sementara saja atau dalam jangka waktu panjang.

 

 

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan gigi sensitif, antara lain :

 

Penipisan Email Gigi

Penipisan email atau enamel gigi dikarenakan sering mengkonsumsi makanan atau minuman manis, asam, dan konsumsi vitamin C secara berlebihan. Selain itu minuman bersoda dan kebiasaan mengunyah es batu juga berakibat penipisan email gigi.

 

Kondisi Gigi dan Mulut

Penyusutan gusi, gigi berlubang, dan infeksi di dalam mulut yang mengakibatkan dentin atau zat di bawah email gigi menjadi terbuka sehingga akar gigi tak terlindungi, merupakan kondisi yang menjadi penyebab utama gigi sensitif lainnya.

 

Prosedur Medis

Tindakan medis pada gigi baik tambal gigi atau pemutihan gigi, juga menjadi penyebab gigi sensitif, namun gigi sensitif karena hal itu hanya bersifat sementara saja.

 

 

Perbedaan Gigi Ngilu dan Gigi Sensitif

Jadi, apa perbedaan gigi ngilu dan gigi sensitif? Walaupun membuat rasa tidak nyaman di mulut gigi ngilu dan gigi sensitif akan terasa berbeda jika Anda pernah mengalaminya. Gigi ngilu bisa dirasakan hingga keseluruh bagian mulut, sedangkan gigi sensitif hanya dirasakan pada satu atau beberapa bagian gigi saja.

Mengalami rasa tidak nyaman pada gigi baik karena gigi ngilu atau gigi sensitif bisa Anda cegah dengan membersihkan gigi dengan sikat dan pasta gigi Systema yang memiliki nano kalsium untuk menjaga kondisi gigi.

 

Setelah membaca uraian mengenai apa perbedaan gigi ngilu dan gigi sensitif di atas, semoga dapat membantu menguraikan masalah pada gigi yang terasa sakit dan dapat memberikan solusi terbaik untuk mengatasi rasa sakit karena gigi ngilu dan gigi berlubang.

 

Dapatkan produk perawatan kesehatan mulut dan gigi dari  Systema di Official Market Place Kami di Blibli, Shopee, Tokopedia atau JD.ID