Penyebab karies gigi

Banyak orang tidak tahu apa itu karies gigi. Karena tidak tahu, banyak orang meremehkannya. Jadi, bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan gigi, gusi, dan mulut, ada baiknya memahami seputar pengertian karies gigi dan apa penyebabnya di sini.

 

Pengertian Karies Gigi

Secara sederhana karies gigi adalah lubang pada gigi yang dapat menyebabkan rasa sakit jika dibiarkan dari bentuk masih kecil hingga akhirnya membesar. Permukaan gigi yang berlubang kecil biasanya tidak akan terasa apa-apa. Tapi saat lubang membesar dan menampung lebih banyak bakteri, gigi baru akan terasa sakit.

Lubang yang besar bisa bersentuhan dengan syaraf. Hal inilah yang nantinya menyebabkan sakit gigi dan merusak kondisi mulut. Kondisi karies parah bisa menyebabkan bengkak, sakit kepala, dan bau mulut yang parah.

 

Apa Saja Penyebabnya?

Setelah tahu apa pengertian karies gigi, ada baiknya belajar tentang penyebabnya juga. Berikut adalah info penyebab karies yang umumnya sering terjadi:

Faktor Usia

Bertambahnya usia dari dewasa muda ke usia lansia dapat mempengaruhi kekuatan gigi. Orang yang sudah tua memiliki gigi yang lebih mudah patah dan keropos karena kurangnya kalsium dan nutrisi pada gigi. Semakin bertambah umur, rongga antar gigi juga lebih besar dan kotoran bisa menumpuk.

Bagi orang berumur di atas 20 tahun, masalah ini belum begitu terasa. Jadi orang sering melupakan pentingnya menjaga diri dari karies gigi. Tapi saat menyentuh 40 tahun, hal seperti ini makin jelas dan harus ditangani lebih serius.

 

Kondisi dan Bentuk Gigi

Bentuk gigi bisa juga jadi masalah penyebab lubang di gigi. Saat seseorang memiliki ukuran gigi besar, posisi gigi pasti melipat-lipat tidak merata. Gigi yang tidak rapi ini akan memiliki celah yang susah dibersihkan. Saat ada area yang sulit dijangkau sikat gigi, tempat itu bisa jadi sarang bakteri.

Bakteri yang menumpuk tanpa bisa dibersihkan bisa membuat lubang di gigi. Karena hal ini, para dokter merekomendasikan orang dengan gigi tidak rata untuk lebih sering cek ke dokter. Jika sering periksa, dokter bisa membersihkan area yang sulit dijangkau tersebut agar terhindar dari karies gigi.

 

Penumpukan Bakteri

Penumpukan bakteri adalah penyebab yang paling umum dari masalah karies. Orang yang jarang sikat gigi akan menampung banyak bakteri di permukaan gigi. Bakteri yang hidup di mulut memiliki kemampuan menggerus gigi.

Contoh bakteri yang sering menyebabkan karies ini adalah kariogenik, streptococcus, dan lactobacillus. Semua bakteri ini bisa bekerja sama dan menyebabkan masalah gigi dan mulut. Untuk membersihkan bakteri, Anda diharapkan sering-sering gosok gigi.

 

Plak Gigi yang Tidak Dibersihkan Secara Baik

karies gigi

Plak terbentuk karena penumpukan berbagai zat di permukaan gigi. Biasanya yang menumpuk terdiri dari sel jaringan mulut, mucin, leukosit, limfosit, dan sisa makanan. Jika dibiarkan, plak bisa jadi sarang bakteri yang menggerus permukaan mahkota gigi.

Gunakan kombinasi terbaik antara sikat dan pasta gigi dari Systema Nano. Systema Nano memiliki kandungan nano kalsium untuk membantu menutup semua lubang yang ada pada gigi, bahkan hingga lubang paling kecil dalam 14 hari. Jadi, kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga, bebas bau mulut, napas segar sepanjang hari.

 

Penanganan Karies Gigi

Saat gigi Anda terkena masalah karies gigi, Anda harus segera pergi ke dokter. Anda harus menceritakan lebih rinci kondisi karies gigi yang dialami, karena berbeda kondisi, berbeda pula penanganan masalahnya. Dokter akan lebih tahu apa yang harus dilakukan setelah melakukan pemeriksaan.

Bentuk penanganan yang paling umum untuk karies gigi adalah pembersihan dan penambalan. Bagian yang terkena masalah akan digerus dan di bor sampai bersih. Setelahnya, area yang sudah tergerus akan ditambal. Penambalan akan mengembalikan gigi ke bentuk semula.

Jika kondisi ternyata terlalu parah, dokter bisa mengambil keputusan untuk mencabut gigi. Gigi yang dicabut biasanya sudah rusak sampai ke area dalam. Gigi rusak ini adalah gigi mati dan bisa berpengaruh negatif jika dibiarkan.

Sekian bahasan tentang pengertian karies gigi dan juga penyebabnya. Mudah-mudahan bahasan di atas bisa membantu Anda lebih mengerti tentang menjaga kesehatan gigi dan mulut. Terima kasih sudah membaca artikel ini!