5 Tips Jitu Mencegah Karies Gigi

Karies gigi adalah salah satu penyakit yang sering terjadi namun juga yang paling sering diabaikan. Keluhan pada gigi ini bisa terjadi pada siapapun, termasuk anak-anak dan juga dewasa. Karies gigi ini adalah salah satu penyakit kronis yang dapat merusak struktur gigi, karena proses karies ini terjadi sangat lama. Nah, agar kamu tidak terkena Karies gigi, maka di bawah ini adalah 5 tips jitu mencegah karies gigi yang bisa kamu lakukan.

 

Menjaga Kebersihan Gigi 

Hal yang penting dalam mencegah karies gigi adalah menjaga kebersihan mulut dan juga gigi. Dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut kamu bisa menghindari berbagai macam penyakit dalam mulut, seperti gigi berlubang, radang pada gusi, dan juga bau mulut.

 

Untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut, maka kamu menggosok gigi dua kali sehari, yaitu setelah sarapan pagi dan juga malam hari sebelum tidur. Selain itu, gunakanlah pasta gigi yang mengandung Nano Calcium dan Erythritol seperti yang ada di Pasta Gigi Systema Nano untuk memaksimalkan perlindungan terhadap karies gigi. Membantu mengurangi plak pada gigi dan mencegah gigi berlubang sejak awal pemakaian.

 

Mengurangi Konsumsi Makanan dan Minuman Manis 

Makan dan minum yang manis-manis memang sangat menyenangkan. Tapi hal ini tidak baik untuk kesehatan gigimu. Makanan dan minuman manis terkenal dapat memicu karies gigi karena kandungan gula serta sisa-sisa makanan yang menempel di gigi dapat menjadi sarang kuman.

 

Apabila kamu ingin ngemil, kamu bisa konsumsi jenis makanan yang lebih sehat, contohnya irisan bush, yoghurt, keju dan lain sebagainya. Dan yang paling penting beberapa makanan tersebut bagus untuk menjaga kesehatan serta mencegah karies gigi.

 

Pemberian Flour 

 

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mencegah karies gigi adalah memberikan flour. Flour ini bisa diberikan dengan dua macam cara, yaitu dengan cara lokal dan juga sistemik. Untuk cara lokal yang bisa dilakukan yaitu dengan pengolesan, menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride, dan kumur dengan larutan yang mengandung flouride.

 

Sedangkan untuk cara sistemiknya bisa dengan mengonsumsi tablet yang ada kandungan flour nya, dan kamu juga bisa menambahkan flour pada air minum. Apabila kamu melakukan beberapa cara diatas dengan rutin, maka hal tersebut bisa mencegah karies gigi.

 

Rutin Mengunjungi Dokter Gigi 

Rutin mengunjungi dokter gigi juga bisa membantu kamu dalam mencegah karies gigi. Apalagi terkadnag karies gigi tidak bisa terlihat melalui mata telanjang tanpa bantuan alat. Nah, dengan datang ke dokter gigi maka kamu bisa memeriksa kesehatan gigimu, termasuk mendeteksi ada atau tidaknya karies pada gigi.

 

Oleh karena itu, usahakan untuk selalu rutin periksa ke dokter gigi paling tidak enam bulan sekali.

Pada dasarnya, karies gigi bisa disembuhkan jika terdeteksi sejak awal. Namun, jika tidak segera terdeteksi karies gigi bisa berubah menjadi gigi berlubang. Sehingga, kamu harus tetap rutin ke dokter untuk memeriksa sekaligus membersihkan jarang gigi, meskipun kamu tidak memilih keluhan akan kesehatan gigi sekalipun.

 

Memperbanyak Konsumsi Buah dan Sayur 

Kamu bisa mengonsumsi makan yang kaya akan kandungan air dan juga serat sebagai cara self-cleansing yang bagus untuk kesehatan gigimu. Hal tersebut karena produksi air liur bisa terangsang dengan mengunyah makanan yang tinggi serat. Nah, air liur inilah yang memiliki kemampuan untuk melakukan self-cleansing dalam membersihkan permukaan gigi.

 

Disamping itu, mineral serta vitamin dari buah dan sayur yang kamu konsumsi bisa memperkuat gigi dan juga gusimu. Oleh sebab itu, makan buah dan sayur adalah salah satu cara yang bagus dan juga mudah untuk mencegah karies gigi.