4 Barang Wajib di Tasmu Biar Gigi dan Mulut Tetap Bersih, Wangi, dan Segar

Tahu pentingnya menjaga kebersihan gigi dan mulut tidaklah cukup. Kamu juga harus menerapkan kebiasaan yang tepat, supaya gigi dan mulutmu selalu sehat, bersih, wangi, dan segar.

 

Membersihkan gigi dan mulut perlu kamu lakukan tak hanya di rumah, tapi juga saat kamu sedang beraktivitas di luar. Untuk itu, kamu harus selalu membawa barang-barang yang bisa jaga kebersihan gigi dan mulutmu, dimana dan kapan saja.

 

Kalau begitu, apa saja barang-barang yang harus selalu kamu bawa untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut sekaligus menjaganya selalu wangi dan segar? Cek daftar dan penjelasannya di bawah ini, yuk!

 

 

  1. Sikat Gigi

 

Bicara soal kebersihan gigi dan mulut, pasti tak akan pernah lepas dari yang namanya sikat gigi. Dibandingkan sikat gigi dengan bulu medium atau bahkan keras (hard), pilihlah sikat gigi dengan bulu lembut (soft). Tujuannya adalah untuk menjaga kondisi gusimu agar bulu sikat tak hanya nyaman di gusi, tapi juga tidak mengikis gusimu.

 

Dalam memilih sikat gigi, pastikan kamu memilih sikat yang ukuran dan bentuknya pas dengan mulutmu, ya! Dengan begitu, kamu bisa bersihkan gigi, gusi, dan mulut dengan mudah dan nyaman.

 

 

  1. Pasta Gigi

 

Pilihlah pasta gigi yang mengandung fluoride untuk bantu memperkuat enamel gigi dan mencegah kerusakan gigi. Di samping itu, pilih juga pasta gigi yang sesuai dengan kondisi atau kebutuhan gigi, gusi, dan mulutmu.

 

Misalnya, kamu punya masalah dengan gigi sensitif, bau mulut, maupun plak membandel. Sebaiknya hindari pasta gigi yang mengandung aditif seperti bahan pemutih gigi, yang justru bisa menyebabkan kerusakan enamel gigi.

 

 

  1. Dental Floss (Benang Gigi)

4 Barang Wajib di Tasmu Biar Gigi dan Mulut Tetap Bersih, Wangi, dan Segar

 

Tahukah kamu kalau membersihkan gigi dengan benang gigi atau dental floss juga penting kamu lakukan setiap hari? Untuk kesehatan gigi dan gusi, kamu bahkan sangat dianjurkan untuk flossing minimal sekali tiap hari, dengan rekomendasi flossing dua kali per hari.

 

Flossing bisa membantumu menyingkirkan sisa-sisa makanan berukuran kecil pada sela-sela gigi yang terlewatkan oleh sikat gigi. Dengan begitu, risiko terbentuknya plak gigi dan kemungkinan terjadinya penyakit gusi maupun gigi juga bisa diminimalisir.

 

 

  1. Pembersih Lidah

 

Pembersih lidah alias tongue scraper bisa membantumu mengurangi bau mulut, lho! Soalnya, alat ini bekerja dengan cara mengurangi jumlah bakteri pada lidah yang berkontribusi pada pembentukan bau mulut yang tak sedap.

 

Meski begitu, membersihkan lidah tak harus selalu pakai pembersih lidah khusus. Kamu juga bisa gunakan sikat gigimu, kok! Termasuk sikat gigi Systema Active Clean yang punya bulu sikat 3S, alias soft, slim, dan strong. Dengan begitu, kamu bisa bersihkan gigi, gusi, dan mulut secara total, karena Systema Active Clean bisa jangkau sisa makanan di sela-sela gigi dengan mudah.

 

Untuk hasil lebih maksimal, pakai juga pasta gigi Systema Nano yang punya kandungan kalsium berukuran nano. Keuntungannya, kamu bisa tutupi lubang sekecil apapun pada gigimu dengan mudah dan kondisi gigimu pun pasti selalu terjaga kebersihan dan kesehatannya.