Gaya Hidup yang Memengaruhi Kesehatan Mulut Luar Dalam

Kesehatan mulut dan gigi menjadi salah satu hal yang harus dijaga. Meskipun menjaga kesehatan mulut terlihat remeh, tapi bisa membuat Anda tidak percaya diri. Sehingga Anda harus memerhatikan pola atau gaya hidup yang memengaruhi kesehatan mulut luar dalam.

 

Penyebab Bau Mulut, Akibat Tidak Menjaga Kesehatan Mulut

Gaya hidup seseorang memang berbeda-beda sehingga untuk lepas dari perilaku sehari-hari harus kemauan orang itu sendiri. Seperti halnya Anda memiliki masalah pada bau mulut, Anda harus mengetahui apa penyebab bau mulut tersebut. Inilah beberapa faktor yang menyebabkan bau mulut:

 

Merokok

Kebiasaan merokok dapat mengakibatkan bau mulut tanpa Anda sadari. Selain itu dapat memengaruhi kesehatan seseorang dan memicu berbagai penyakit.

 

Alkohol

Mengonsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan bau mulut dan meningkatkan resiko terkena kanker mulut. Selain itu, alkohol juga dapat mengakibatkan gigi Anda terkikis dan mengalami pembusukan gigi.

Makanan Manis

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula atau terlalu manis dapat mengakibatkan kerusakan pada gigi yang mengakibatkan bau mulut.

 

Minuman dingin, bersoda, dan manis

Minuman dingin yang mengandung soda dan banyak mengandung gula, selain kurang bagus untuk pencernaan,  juga tidak bagus untuk gigi Anda. Mengonsumsinya secara berlebihan dalam waktu lama akan muncul gangguan pada mulut, seperti rasa ngilu pada gigi, bau mulut dan gigi sering berdarah.

 

Xerostomia

Mulut kering atau Xerostomia adalah gangguan yang diakibatkan karena kurangnya kandungan air liur yang ada di dalam mulut, sehingga membuat mulut mengeluarkan bau kurang sedap. Hal inilah yang mengakibatkan bakteri berkembang tidak terkendali di dalam mulut yang mengeluarkan bau tidak sedap.

 

Mengetahui Cara untuk Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi dengan Tepat

Gaya Hidup yang Memengaruhi Kesehatan Mulut Luar Dalam

Bisa dibilang gaya hidup yang memengaruhi kesehatan mulut luar dalam menjadi salah satu atau perilaku yang ditujukan setiap harinya, jika gaya hidup setiap harinya kurang memerhatikan kesehatan mulut, tentunya juga memengaruhi kesehatan  tubuh Anda. Banyak cara menjaga kesehatan mulut dan gigi, yaitu:

 

Sikat gigi dengan rutin

Kebiasaan menyikat gigi dua kali dalam sehari dapat bertujuan untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang terselip di gigi dan mengurangi adanya plak pada gigi yang mengandung bakteri.

 

Gunakan sikat gigi yang lembut

Bagi Anda yang memiliki gigi sensitif lebih disarankan untuk menggunakan sikat gigi yang lembut, sehingga tidak mengakibatkan gigi Anda mengalami luka.

 

Menyikat gigi dengan tepat

Mulailah menyikat gigi dengan tepat, Anda bisa menyikat gigi dari depan kemudian baru kanan atau kiri, agar tidak ada celah untuk bakteri berkembang.

 

Mengatur pola makan sehat

Jangan melewatkan sarapan, terlalu banyak minum kopi, batasi makanan kemasan, makan dengan pola teratur juga tepat waktu dan perbanyak minum air putih. Dengan Anda mulai mengatur pola makan yang sehat menjadi langkah awal untuk Anda menjaga kesehatan mulut luar dalam.

 

Pasta gigi yang tepat

Menggunakan pasta gigi yang tepat bisa membantu Anda menghilangkan sakit gigi dan membantu menyegarkan mulut Anda.

 

 

Gaya hidup yang mempengaruhi kesehatan mulut luar dalam memang menunjukkan perilaku atau kebiasaan sehari-hari.

Jika Anda terbiasa menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat atau memilih sesuatu yang menunjang kesehatan Anda adalah langkah awal menjaga kesehatan diri Anda, juga kesehatan mulut. Pemilihan sikat gigi yang lembut, seperti sikat gigi Systema bisa membersihkan rongga mulut tanpa luka.

 

Dapatkan produk perawatan kesehatan mulut dan gigi dari  Systema di Official Market Place Kami di Blibli, Shopee, Tokopedia atau JD.ID