SYSTEMA-article-banner-batch-17-10

Yuk, Jalan-jalan ke Kampung Biru di Malang

Ingin liburan? Pilih kota Malang karena di sana ada Kampung Biru, destinasi baru yang patut Anda kunjungi. Tempat yang satu ini menawarkan pemandangan yang cukup jarang Anda temui di kota-kota besar seperti Jakarta. Ada apa saja di sana?

Letak Kampung Biru ini tepatnya di bantaran Kali Brantas, seberang Kampung Warna Warni Jodipan. Sesuai dengan namanya, kampung ini didominasi dengan warna biru, yaitu rumah-rumah penduduk yang dicat dengan warna biru, mulai dari tembok sampai  atapnya. Sekilas, warna biru yang tampak membuat Anda seperti sedang berada di tengah lautan para makhluk avatar. Kampung Biru ini sebelumnya dikenal dengan nama Kampung Embong Brantas, Jalan Gatot Subroto, Malang.

Warna biru ternyata dipilih karena warga kampung tersebut mengidolai Arema, tidak lain dan tidak bukan adalah klub sepakbola kebanggaan kota Malang. Karena sudah merupakan salah satu tempat wisata di Malang, maka untuk masuk ke kampung ini Anda akan dikenakan biaya, tidak mahal, kok, hanya 2500 rupiah!.

Seperti yang mungkin sudah Anda tebak, Kampung Biru sepertinya terinspirasi dari Kota Biru di Maroko atau Santorini di Yunani, dimana bangunan-bangunan di sana berwarna biru. Namun, tidak perlu jauh-jauh ke Yunani, Anda bisa menikmati pemandangan yang serupa di kota Malang.

Ternyata, ke depannya, Kampung Biru ini akan mengalami beberapa perubahan, berupa pengecatan mural tentang Arema, termasuk sejarah klub sepakbola andalan Malang. Selain mural, akan ada pula patung-patung untuk mengundang perhatian pada wisatawan. Ternyata, biaya berkunjung ke Kampung Biru juga akan digunakan untuk meningkatkan perekonomian warga, seperti yang terjadi di Kampung Warna-Warni, Jodipan.

Hal menarik lainnya, di kampung ini, warga difasilitasi untuk membuka peluang usaha melalui usaha kecil menengan (UKM) untuk menjual suvenir berbahan daur ulang dari sampah kecil yang volumenya cukup banyak. Sampah tersebut yang terbuat dari plastik, kemudian diolah oleh warga menjadi kerajinan tangan, berupa hiasan meja, aksesoris, dan vas bunga. Plastik tersebut merupakan bekas botol minuman dan kemasan makanan yang selama ini terbuang sia-sia.

Jadi buat Anda yang menyukai warna biru, wajib mendatangi kampung ini, karena kunjungan Anda akan sangat berarti bagi warga di Kampung Biru. Jangan lupa mengabadikan momen di beberapa spot seperti mural, maupun dari atas, dimana Anda bisa melihat pemandangan Kampung Biru secara menyeluruh.

MOST READ
Hanami, Wisata Bunga Sakura di Jepang-t

Hanami, Wisata Bunga Sakura di Jepang

Salah satu ciri khas Jepang adalah Bunga Sakura. Ketika musimnya datang, bunga ini bermekaran memberi nuansa warna pink di seluruh wilayah Negeri Matahari Terbit.

4-tips-mudah-atasi-masalah-keluarga-sehari-hari

Masalah Sehari-hari Ini Sebenarnya Mudah Diatasi dalam Keluarga

Masalah yang sering Anda dan keluarga hadapi ini sebetulnya mudah sekali diatasi

9 Faktor Penyebab Gigi Tanggal_t

9 Faktor Penyebab Gigi Tanggal

Jangan pernah abaikan perawatan kesehatan gusi. Karena segala masalah di gigi bisa bermula dari sini.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :