Kapan waktu yang tepat ganti sikat gigi

Waktu Penggantian Sikat Gigi

Hal ini seringkali dianggap remeh, padahal apabila sikat gigi Anda sudah dalam keadaan yang tidak lagi layak untuk digunakan, hanya akan meningkatkan risiko terganggunya kesehatan gigi dan mulut, bahkan mengundang penyakit pada tubuh. Jadi, perhatikan tanda-tanda berikut ini, bila Anda mengalaminya, maka segera ganti sikat gigi Anda dengan yang baru.

 

Bila terdapat darah di permukaan sikat

Dr. Don Friedlander, ketua dari Canadian Dental Association (CDA) menjelaskan bahwa darah yang ditemukan di permukaan sikat gigi menandakan bahwa seseorang mengalami radang gusi, di mana gusinya sering bengkak sehingga ketika disikat, maka darah pun membekas pada permukaan bulu sikat. Seringkali gejala ini datang tanpa rasa sakit. Bila mengalami hal ini, maka Anda perlu mengganti sikat gigi dengan yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda, pilih sikat gigi yang memiliki bulu sikat yang lembut agar tidak mudah melukai gusi yang bengkak tersebut.Bila terjadi perubahan warna pada bulu sikat

Hal ini bisa saja terjadi apabila Anda sering mengonsumsi makanan yang manis seperti permen maupun manisan lain yang menggunakan zat pewarna. Anda tentu tidak ingin terjadi bahaya yang berkelanjutan akibat zat pewarna menempel pada bulu sikat yang Anda gunakan setiap hari, bukan? Karena Anda tidak pernah tahu zat-zat berbahaya apa saja yang terkandung di dalam zat pewarna tersebut. Segera ganti dengan sikat gigi yang baru, demi kesehatan Anda ke depan.

 

Bila bulu sikat sudah berubah bentuk

Sering menggunakan sikat gigi sampai bulu-bulu sikatnya sudah awut-awutan, dan bentuknya sudah jauh berubah dari pertama kali dibeli? Jelas sekali Anda harus membuang sikat gigi tersebut dan ganti dengan yang baru. Sikat yang sudah berantakan tidak akan berfungsi dengan optimal dalam membersihkan permukaan dan sela-sela gigi, malah bisa melukai gusi Anda, terutama bila Anda adalah seseorang yang hobi menyikat gigi dengan terburu-buru.

 

Bila Anda baru sembuh dari sakit

Sikat gigi merupakan alat yang digunakan di bagian dalam mulut. Meskipun belum ada bukti yang jelas tentang bahaya menggunakan sikat gigi yang digunakan saat sedang sakit, sebaiknya ganti sikat gigi Anda dengan sikat gigi yang baru untuk mencegah penyakit kembali menyerang Anda melalui virus dan bakteri dari sikat gigi.

 

Bila sikat gigi berbau

Sikat gigi yang sudah terlalu lama digunakan juga dapat menyebabkan bau. Apalagi, bila selama ini disimpan di kamar mandi dengan udara yang lembap, sehingga setiap kali habis digunakan, bulu sikatnya tidak langsung kering. Gunakan Systema Charcoal Toothbrush yang terbuat dari Japanese Binchotan Charcoal, di mana bulu sikatnya cepat keiring sehingga mencegah 99,9% pertumbuhan bakteri pada bulu sikat gigi.

 

Gantilah sikat gigi minimal tiga bulan sekali, supaya kesehatan gigi dan mulut Anda tetap terjaga serta jauh dari risiko gangguan gigi dan gusi.

MOST READ
Melawan Rasa Malas Hari Senin-t

Melawan Rasa Malas Hari Senin

Aktivitas yang padat di hari Senin seperti setrum tersendiri bagi setiap orang untuk bangun dari masa-masa santai di akhir pekan.

5-thumb

Apakah Sakit Gigi Bisa Menulari Pasangan Anda?

Sakit gigi bisa menular itu sebenarnya mitos atau fakta sih?

5 hal sepele yang bisa jatuhkan kinerja Anda_thumb

5 Hal Sepele Ini Bisa Menjatuhkan Kinerja Anda Sebagai Karyawan

5 hal yang dianggap sepele ini bisa membuat kinerja Anda sebagai karyawan menurun.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :