SYSTEMA-article-banner-18-10

Vitamin D: Sahabat Gigi dan Mulut

Vitamin D adalah salah satu vitamin yang paling dibutuhkan oleh tubuh untuk mempertahankan kekuatan tulang dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, ternyata vitamin D juga bermanfaat bagi kesehatan gigi dan mulut, simak yang berikut ini.

Mempercepat proses penyembuhan gigi berlubang

Seorang dokter asal Australia, dr Steven Lin, menjelaskan bahwa vitamin D sangat penting bagi pembentukan tulang yang kuat. Demikian pula pada gigi. Sistem kekebalan dalam gigi yang disebut odontoblasts memerlukan vitamin D untuk membantu sel-sel gigi menghasilkan dentin yang penting untuk regenerasi gigi.

Mengobati gusi bengkak

Gusi berdarah merupakan salah satu tanda kekurangan vitamin D. Sebaliknya, vitamin D memiliki sifat anti inflamasi yang dapat digunakan untuk mengobati masalah gusi bengkak serta mencegahnya kambuh lagi. Oleh karena itu, penting untuk selalu memastikan kebutuhan tubuh Anda akan vitamin D selalu tercukupi.

Fungsi lain vitamin D

Selain untuk kesehatan gigi dan mulut, vitamin D memiliki manfaat yaitu:

-          Membantu penyerapan magnesium dan kalsium ke seluruh bagian tubuh.

-          Menjaga kebutuhan kadar kalsium dan fosfor dalam darah.

-          Mengendalikan laju pertumbuhan tulang dan gigi.

-          Mendukung fungsi otot tubuh secara maksimal, seperti otot pada jantung, paru-paru dan otak, sehingga tubuh bisa melawan infeksi.

 

Bagaimana mendapatkan vitamin D?

Anda bisa mendapatkan vitamin D dengan mengonsumsi beberapa bahan makanan berikut ini.

Minyak hati ikan COD merupakan salah satu yang mengandung vitamin D paling tinggi. Daging ikan kod banyak diolah menjadi berbagai jenis makanan, seperti makanan asin, kemasan, maupun ikan segar. Hati ikan kod banyak juga diolah dalam bentuk kapsul, sehingga Anda bisa mengonsumsinya sebagai suplemen vitamin D.

Ikan salmon juga merupakan makanan dengan kandungan vitamin D yang tinggi. Beruntung bila Anda adalah penggemar sushi dan sashimi atau sering mengunjungi restoran Jepang, karena Anda akan menemukan ikan salmon sebagai menu utamanya.

Susu juga merupakan sumber vitamin D. Anda pun bisa memilih cara untuk mengonsumsi susu melalui berbagai makanan olahan yang menggunakan susu sebagai bahan utamanya. Bila sedang menjalani diet, pilih susu yang rendah lemak.

Selain memastikan kebutuhan tubuh akan vitamin D selalu terpenuhi, Anda juga bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan menggunakan pasta gigi yang tepat, yaitu Systema Gum & Teeth Protection. Dengan kandungan IPMP yang berfungsi membunuh bakteri pada celah gigi dan gusi serta GK2 dan OHBAKU yang menjaga kesehatan gusi.

MOST READ
Kesehatan Gigi yang Baik Dapat diwariskan pada Anak_t

Kesehatan Gigi yang Baik Dapat diwariskan pada Anak

Anda pernah mendengar mitos bahwa kesehatan gigi yang merupakan salah satu warisan dari orang tua?

Tips mendapatkan hati calon mertua_thumb

"Cari Muka" pada Calon Mertua dengan Hal yang Positif

Cara/hal-hal positif yang bisa dilakukan untuk mencuri hati calon mertua

Pertahankan Kekuatan Gigi Dengan Cara Ini_t

Pertahankan Kekuatan Gigi Dengan Cara Ini

Bagaimana mempertahankan kekuatan gigi Anda tergantung kondisi enamel. Inilah yang akan melindungi gigi Anda dari kerusakan.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :