no-more-tanggal-tua-83

Trik Supaya Gaji Nggak Habis di Tengah Bulan

Istilah tanggal “muda” dan tanggal “tua” pasti sudah tidak asing lagi, terutama di kehidupan para pekerja. Banyak yang menggambarkan bahwa di tanggal “muda” itu, masih bisa makan di restoran setiap saat, namun saat tanggal “tua” datang, cukup masak mi instan saja sudah kenyang rasanya. Tapi ternyata, banyak, kok, dari mereka yang sampai akhir bulan pun, masih bisa makan di restoran, meski penghasilannya pas-pasan, dan yang lebih penting lagi, tanpa mengandalkan kartu kredit. Anda sendiri bisa, kok, bebas dari ancaman tanggal “tua”, asalkan tau triknya.

 

Selesaikan tanggung jawab bulanan

Begitu menerima gaji bulanan, yang pertama, Anda perlu menyelesaikan tanggung jawab bulanan, seperti bayar tagihan, belanja bulanan, dan sebagainya. Coba cek, bila setelah bayar tagihan bulanan, sisa gaji Anda tinggal sedikit dan tidak cukup untuk hidup sebulan ke depan, artinya pengeluaran bulanan Anda perlu diatur kembali, kurangi pengeluaran yang tidak perlu.

 

Tabungan, tabungan, tabungan

Setelah selesai dengan kewajiban bulanan, lanjutkan dengan menabung. Ya, jadikan menabung sebagai kewajiban bulanan Anda juga. Tidak perlu muluk-muluk berinvestasi besar-besaran, asalkan tabungan stabil setiap bulannya, minimal 15% dari penghasilan. Bila berniat untuk investasi, lebih baik lagi. Anda bisa pilih jenis investasi yang memang sesuai dengan kebutuhan, seperti reksa dana, deposito, saham dan sebagainya.

 

Atur “jatah” mingguan

Hidup serba irit memang perlu, tapi bukan artinya jadi pelit. Menyisihkan uang untuk pengeluaran selama sebulan merupakan cara terbaik untuk irit dan mengurangi kemungkinan belanja yang tidak perlu. Tentukan pengeluaran harian Anda selama satu bulan, pisahkan untuk diambil seminggu sekali dari ATM, kalau ternyata lebih, boleh Anda habiskan, karena memang sudah jatahnya. Sisanya, jadikan persiapan untuk pengeluaran tidak terduga atau tambahan tabungan.

 

Waspada tuntutan “Gaya Hidup”

Banyak sekali godaan untuk menghabiskan uang. Mulai dari perawatan tubuh, pakaian, hiburan, liburan, nongkrong di cafe, dan masih banyak lagi. Pada dasarnya, sih, hal ini ditentukan oleh hasrat dan sifat Anda, apakah mudah tergoda, atau bisa menahan semuanya. Tanyakan pada diri sendiri, perlukah? Kalau tidak dijalani, apa ruginya? Sebenarnya, gaya hidup tersebut tidak akan jadi masalah, asalkan Anda bisa menjalaninya tanpa berhutang sana-sini atau menggunakan kartu kredit berlebihan. Akan tetapi, bila hal tersebut bikin Anda jadi tidak bisa menabung dan harus “makan mi instan setiap tanggal tua”, artinya, gaya hidup yang Anda jalani itu salah.

MOST READ
5 Cara Menghindari Gigi Berlubang_thumb

5 Cara Menghindari Gigi Berlubang

5 cara sederhana ini dapat menghindari Anda dari masalah gigi berlubang.

Pikirkan 4 hal ini sebelum resign_thumb

Sebelum Resign kerja, Pikirkan Hal Ini!

Sebelum memutuskan untuk resign kerja, ada hal-hal yang perlu diperhatikan supaya keputusan Anda tidak sia-sia

Lakukan 3 Tips Ini Supaya Tak Dianggap Pacar Overprotective_thumb

Tips Supaya Tidak Dianggap Overprotective

Khawatir pada pasangan tetap bisa diungkapkan tanpa memberi kesan sebagai pacar yang overprotective, ini tipsnya!

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :