jetlag

Tips Mengurangi Jetlag Saat Melakukan Perjalanan Jauh

Traveling adalah hobi hampir setiap orang, namun perjalanan jauh dengan pesawat tidak bisa menjauhkan Anda dari jetlag. Meskipun tidak dapat dihindari, jet lag bisa diminimalkan dengan cara yang tepat berikut ini.

 

Jangan sampai dehidrasi

Akibat udara yang kering dan dingin di dalam pesawat, ditambah faktor ketinggian pesawat, Anda rentan mengalami dehidrasi saat melakukan perjalanan panjang. Nah, dehidrasi yang Anda alami ini dapat memicu stres dan membuat seseorang mengalami jetlag yang lebih parah. Pastikan untuk banyak mengonsumsi air mineral sebelum dan sesudah perjalanan, dan yang pasti, selama penerbangan. Bila kebutuhan tubuh akan cairan senantiasa terpenuhi, maka proses penyesuaian diri di zona waktu yang berbeda juga akan lebih mudah.

 

Adaptasi jadwal tidur

Menurut Center for Disease Control and Prevention, cara sederhana untuk mengatasi jet lag adalah dengan menyesuaikan jadwal tidur berdasarkan tujuan, ke arah timur atau barat. Jadi, bagi Anda yang ingin terbang ke timur, biasakan tidur lebih awal selama beberapa hari menjelang keberangkatan. Sedangkan jika Anda akan terbang ke barat, cobalah untuk tidur sedikit lebih larut selama beberapa hari sebelum perjalanan. Cara ini akan membantu Anda menyesuaikan diri dengan zona waktu yang baru.

 

Hindari makanan berat sebelum dan selama penerbangan

Saat berada di pesawat, tubuh Anda akan mendapatkan tekanan, termasuk pada organ pencernaan. Mengonsumsi makanan berat sebelum terbang akan membebani lambung dan usus dan hal ini akan memicu masalah pencernaan, seperti perut kembung. Begitu pula selama di pesawat, pilih makanan yang ringan dan sehat seperti salad, buah, maupun sup, jauhi burger dan junk food lainnya.

 

Selama di pesawat, cobalah untuk tidur

Perjalanan yang panjang dan memakan waktu berjam-jam pasti akan sangat melelahkan. Oleh karena itu, pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup selama di pesawat. Buatlah diri Anda relaks, gunakan headset dengan musik sebagai pengantar tidur. Bila sudah dekat dengan waktu landing, jangan lupa segarkan diri Anda dengan membilas wajah Anda dan sikat gigi menggunakan Systema Charcoal Toothbrush yang pas untuk dibawa saat traveling, karena bulu sikatnya mudah kering setelah digunakan.

 

Carilah sinar matahari

Situs Sleep Foundation mengatakan bahwa menghabiskan waktu di bawah sinar matahari dapat membantu tubuh untuk lebih mudah menyesuaikan diri dengan waktu dan lingkungan yang baru. Oleh karenanya, sesekali, keluarlah dari hotel untuk mendapatkan sinar matahari.

 

Selamat berlibur!

MOST READ
Hal Penting yang Patut Anda Ketahui Tentang Sikat Gigi-Revised33

Hal Penting yang Patut Anda Ketahui Tentang Sikat Gigi

Sikat gigi merupakan benda yang dibutuhkan sehari-hari. Namun, benda ini seringkali dianggap sepele. Padahal, dari cara memilihnya saja perlu ketelitian, agar gigi dan gusi Anda tidak hanya sehat, tapi selalu terlindungi

SYSTEMA-article-banner-18-5_thumb

Foto Liburan Keren? Ini yang Bisa Kamu Sewa

Yang bisa disewa agar foto liburan semakin keren: floaties, drone, MUA, kostum, dll

perawatan-keliru__thumb

Awas! 5 Cara Merawat Gigi ini Keliru

Seringkali orang melakukan cara yang keliru untuk merawat gigi

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :