Tips agar THR tidak cuma numpang lewat

Tips Mengatur THR Agar Tidak Langsung Habis

Jelang Hari Raya besar, seperti Lebaran, bukan hanya liburan yang ditunggu-tunggu, tapi juga THR. Mungkin banyak dari Anda yang sudah menyusun rencana “alokasi” THR, buat belanja ini, belanja itu, belanja semua yang diperlukan selama lebaran. Nah, sebelum THR masuk ke dalam rekening, pastikan alokasi tersebut sudah Anda pikirkan dan hitung dengan matang. Jangan sampai THR hanya memberikan Anda kebahagiaan sementara, tetapi begitu Hari Raya selesai, malah kehabisan uang. Oleh karena itu, yuk, bijaklah menggunakan Tunjangan Hari Raya, simak tipsnya berikut ini.

 

Susun anggaran dari yang paling utama

Awali dengan menyisihkan sebagian THR untuk membayar zakat, lalu untuk THR supir, ART dan siapapun orang yang hingga saat ini masih bekerja pada Anda. Setelah itu, sisihkan untuk keperluan mudik, apa saja yang perlu dibawa dalam perjalanan. Bila Anda merayakan Lebaran di kampung halaman, pastikan Anda juga menyiapkan baju baru buat keluarga serta oleh-oleh atau ‘salam tempel’ untuk sanak saudara. Bila Anda merayakan Lebaran di kota dan kebagian menjadi tuan rumah, siapkan segala kebutuhan untuk hidangan dan sajian menyambut sanak saudara yang datang. Sama halnya kebutuhan untuk membawa kue dan bingkisan saat hendak bertamu.  Jangan lupa, Lebaran mungkin hanya dirayakan 2 hari, namun Anda tetap perlu menyiapkan dana untuk digunakan setelahnya.

 

Sebisa mungkin, …

Lunasi hutang dan kewajiban Anda hingga saat ini, mumpung jumlah pendapatan Anda ketika THR masuk adalah dua kali lipat dari gaji pokok. Jangan sampai jumlah hutang yang besar terus menghantui Anda. Bila Anda tidak mampu menyelesaikannya, tidak apa, namun bayarlah semaksimal mungkin yang Anda bisa, dan sisa hutang tersebut bisa tetap Anda cicil di bulan berikutnya, yang penting jumlahnya tidak lagi bikin sakit kepala.

 

Masih banyak sisanya? Jangan lupa ditabung!

Ingat, menabung tetap harus dijadikan kewajiban, setiap kali Anda mendapatkan gaji atau penghasilan lain, termasuk THR. Mungkin sisa THR Anda tidak seberapa, tetapi Anda bisa tetap ‘mengamankan’ jumlah tersebut. Pilih saja, mau ditaruh di dalam tabungan, atau dijadikan investasi.

 

Selain mengamankan sebagian dari THR, jangan lupa, berhubung tahun ini Lebaran ada di pertengahan tahun, Anda juga perlu menyiapkan dana untuk kebutuhan di akhir tahun nanti. Apalagi bila perusahaan tempat Anda bekerja hanya menerapkan pembagian THR sekali dalam setahun. Bila Anda menyisihkannya dari sekarang, Anda bisa mewujudkan impian untuk liburan bersama keluarga di bulan Desember mendatang.

MOST READ
5 tips agar liburan tenang tanpa kerjaan10

Menjelang Cuti Panjang, Jangan Lupakan Hal Ini!

Supaya tidak terganggu pekerjaan selama cuti panjang, jangan lupa untuk melakukan ini

Goodbye Tootache, Hello Cupcake_t

Goodbye Tootache, Hello Cupcake!

Bentuknya yang unik, lembut, bewarna-warni dan manis membuat Anda jatuh cinta dan menggemari megkonsumsi cupcake?

SYSTEMA-article banner batch 11_thumb

Lakukan Ini untuk Atasi Gusi Berdarah

Gusi berdarah kerap disepelekan banyak orang. Kenali penyebabnya untuk mendapatkan penanganan yang tepat

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :