PRT mudik Tak perlu khawatir, lakukan 4 tips ini

Tips Bebas Pusing Saat PRT Pulang Kampung dan Tidak Kembali

Lebaran sudah usai, saatnya kembali ke realita, alias kembali menjalani kesibukan sehari-hari, belum lagi harus menghadapi ‘kejutan’ pasca-Lebaran, yakni Asisten Rumah Tangga (ART) yang pulang kampung dan tidak kembali. Hal ini tidak perlu menjadi penderitaan seperti yang selama ini dianggap oleh banyak orang, karena Anda bisa mempersiapkannya sejak dini. Simak tipsnya berikut ini.

 

Ajarkan anak untuk mandiri

Bila anak Anda sudah berusia tiga tahun ke atas, tandanya ia sudah bisa dilatih untuk bisa mandiri, bahkan untuk membantu Anda mengerjakan pekerjaan rumah. Pilih yang mudah untuk ia jalani, seperti membereskan mainannya sendiri, memasukkan pakaian kotor di keranjang atau mesin cuci, mengelap debu di meja. Pastikan saat melakukan hal tersebut, Anda tetap mengawasinya. Lama kelamaan, ia akan terbiasa untuk melakukannya tanpa disuruh. Begitu pula ketika Anda menyeterika pakaian seluruh anggota keluarga, ia bisa Anda percaya untuk melipat pakaiannya sendiri.

 

Pisahkan pakaian yang akan digunakan

Selama tidak ada ART, artinya Anda harus mencuci dan menyeterika pakaian Anda sendiri. Sebaiknya, batasi penggunaan pakaian, pisahkan pakaian yang akan Anda gunakan selama satu minggu, misalnya. Lalu, pilih pakaian yang bahannya mudah kering serta tidak perlu lagi diseterika. Menjemur pakaian dengan menggunakan hanger dapat mengurangi risiko kusut atau lecek, lho. Untuk celana panjang, Anda bisa menggunakannya dua kali, tidak perlu langsung dicuci, kecuali kalau kehujanan atau keringat sedang banyak-banyaknya.

 

Bagi tugas dengan pasangan

Andalkan pasangan untuk juga melakukan tugasnya di rumah, seperti membuang sampah di depan rumah, memotong rumput bahkan memasak. Sapu halaman rumah dua kali seminggu, namun cukup mengepelnya sekali seminggu. Bila Anda sedang penuh dengan tugas harian di rumah, minta pasangan untuk menjemput atau mengantar anak les.

 

Siasati pekerjaan rumah

Beberapa pekerjaan bisa diatur sedemikian rupa, sehingga Anda pun tidak perlu menjadi repot. Belakangan ini sudah banyak jasa cleaning service yang bisa Anda panggil. Gunakan kesempatan ini bila memang diperlukan. Bukan karena malas, tetapi untuk menghemat waktu Anda saat harus mengerjakan hal lain. Demikian pula halnya saat menggunakan perabotan di rumah, masing-masing anggota keluarga sebaiknya menggunakan satu gelas selama satu hari supaya tidak bolak-balik harus dicuci. Gunakan kertas minyak sebagai alas makan saat nyemil, setelahnya bisa langsung dibuang.

 

Selamat mencoba!

MOST READ
Sweet Tooth vs Healthy Tooth_alt.1-t

Sweet Tooth vs Healthy Tooth

Tahukah Anda bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan penderita penyakit gigi terbanyak?

9_thumb

Kencan Sore Hari? Ini Hal Seru yang Bisa Dilakukan!

Pilihan hiburan untuk kencan di sore hari.

SYSTEMA-article-banner-18-9_thumb

Supaya Perjalanan Dinas Tidak Membosankan

Tips supaya business trip tidak membosankan, meski harus sambil kerja.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :