Cara tepat seputar menyikat gigi anak

Sudahkah Anak Menyikat Giginya dengan Tepat?

Sebagai orangtua, Anda pasti selalu ingin memberikan yang terbaik bagi anak, terutama yang berhubungan dengan kesehatannya. Area mulut, yakni gigi dan gusi merupakan bagian tubuh yang perlu perhatian khusus dan dijaga kebersihannya. Rajin menyikat gigi perlu Anda tanamkan sejak dini pada anak, namun pastikan anak menyikat giginya dengan tepat, karena bila tidak tepat maka ia bisa mengalami masalah pada mulutnya. Bagaimana cara memastikannya? Simak yang berikut ini.

 

Lakukan teknik menyikat gigi yang tepat

Anda perlu memastikan bahwa si kecil Anda sudah benar-benar membersihkan mulutnya secara menyeluruh. Mulai dari bagian luar gigi, belakang, sampai ke gigi geraham yang letaknya di bagian dalam mulut. Setelahnya, pastikan bagian permukaan lidah juga dibersihkan. Lalu, berkumur dan cuci bersih seluruh bagian mulut. Hindari anak menyikat giginya dengan tenaga yang berlebihan karena justru hanya akan merusak lapisan luar gigi maupun gusi dan bisa membuatnya berdarah.

 

Tidak perlu terlalu sering

Dalam sehari, pastikan seluruh anggota keluarga Anda menyikat giginya dua kali, tidak perlu lebih dari itu, karena menyikat gigi terlalu sering sama dampaknya seperti menyikat gigi terlalu kuat, yaitu hanya akan memicu gusi berdarah dan merusak enamel gigi. Cukup di pagi hari dan malam sebelum tidur, jangan menyikat gigi saat mandi sore, karena mulut masih akan aktif saat makan malam tiba, apalagi kalau anak Anda masih mengonsumsi susu sebelum tidur.

 

Pilih sikat gigi yang cocok

Memilih jenis sikat gigi juga penting dan perlu menjadi perhatian. Pastikan sikat gigi yang Anda sekeluarga gunakan memiliki bulu sikat yang halus sehingga tidak akan membahayakan gigi. Selain itu, pilih sikat gigi yang dapat menjangkau hingga ke sela-sela gigi yang sulit dibersihkan oleh sikat gigi biasa.

 

Sikat gigi perlu dirawat

Memang sih, sikat gigi hanyalah alat yang digunakan untuk membersihkan gigi. Namun, jangan sampai lalai untuk menjaga kebersihan sikat gigi yang Anda gunakan sehari-hari. Saat selesai menyikat giginya, pastikan anak Anda juga membersihkan seluruh permukaan sikat dan pastikan tidak ada kotoran yang masih menempel. Lalu, keringkan sikat gigi, untuk menghindari kuman yang dapat berkembang biak dalam keadaan lembap atau basah. Simpan di wadah yang kering dan bagian bulunya jangan sampai bersentuhan dengan sikat gigi yang lain.

MOST READ
Sweet Tooth vs Healthy Tooth_alt.1-t

Sweet Tooth vs Healthy Tooth

Tahukah Anda bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan penderita penyakit gigi terbanyak?

9_thumb

Kencan Sore Hari? Ini Hal Seru yang Bisa Dilakukan!

Pilihan hiburan untuk kencan di sore hari.

SYSTEMA-article-banner-18-9_thumb

Supaya Perjalanan Dinas Tidak Membosankan

Tips supaya business trip tidak membosankan, meski harus sambil kerja.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :