Sikat Gigi Tepat, Gigipun Sehat-b

Sikat Gigi Tepat, Gigipun Sehat

          Sudahkah Anda meyikat gigi hari ini? Sebagian besar jawabannya, pasti sudah. Namun, jika kami putar pertanyaannya dengan, “sudahkah Anda menyikat gigi dengan benar hari ini?”. Jawabannya, bisa saja malah menimbullkan kerut di dahi. Lalu, bagaimanakah caranya menyikat gigi dengan benar? Simak petunjuk-petunjuk cermat berikut ini.

  1. Jaga kebersihan sikat gigi Sebelum menggunakan “jasanya” untuk membersihkan gigi dari kotoran sisa makanan yang menempel, pastikan betul bahwa sikat yang Anda gunakan sudah terbebas dari kuman. Alasannya, sikat gigi mudah terkontaminasi organisme yang berasal dari mulut kita setiap digunakan. Belum lagi, sering kali Anda meletakkannya begitu saja di atas washtafel ataupun di rak perlatan mandi. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of manchester menemukan fakta mengerikan. Bahwasanya, terdapat lebih dari 10 juta bakteri, termasuk E.Coli dan Staph, di sikat gigi yang telah digunakan. Karena itu, sebelum menyikat, cuci bersih sikat gigi Anda di bawah air yang mengalir. Seminggu sekali, rendam dengan obat kumur anti bakteri. Gantilah sikat gigi yang telah rusak atau minimal tiga sampai empat bulan sekali, menurut Sharon Cooper, PhD., guru besar klinis Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Florida. Simpan sikat gigi dengan posisi tegak dan gunakan penutup sikat gigi yang masih memiliki lubang agar sikat tidak lembab dan jamuran.

  2. Sikat gigi di depan cermin Sebaiknya, lakukan ritual sikat gigi di depan cermin. Dengan begitu, Anda bisa memastikan areal mana saja yang belum dibersihkan secara maksimal.Sikat gigi satu per satu dengan waktu 12-13 detik per gigi. Atau, secara keseluruhan, lamanya menyikat gigi yang ideal adalah selama 2-3 menit.Sikatlah dengan cara vertikal atau dari atas ke bawah agar kotoran di sela gigi akan terangkat. Areal pertama yang harus Anda sikat adalah gigi samping kanan dan kiri. Setelahnya sikat gigi bagian dalam, terutama gigi graham dengan seksama karena di sinilah sisa makanan paling banyak tersisa. Untuk bagian depan, bersihkan gigi dengan cara memutar.

  3. Pilih sikat gigi yang lembut Anda pernah mengalami gusi berdarah saat menyikat gigi? Ini mungkin disebabkan oleh bulu sikat yang terlalu besar dan kasar sehingga menimbulkan stres pada gusi. Pilihlah sikat gigi dengan bulu sikat yang halus, berdiameter kecil juga rata ketinggiannya. Systema Advanced Oral Care System buatan Lion Japan, memberi opsi jitu untuk dapatkan gigi yang bersih maksimal dan merata. Sikat gigi Systema dengan diameter bulu sikat 0.02mm dan teknologi double tapered bristles membersihkan kotoran pada sela-sela gigi sampai ke bagian tersulit. Kepala sikatnya ramping dan pegangannya pun nyaman sehingga tidak akan slip dan melukai dinding mulut saat menyikat gigi. Tak perlu lagi kuatir, bukan?

  4. Jangan bertukar sikat gigi Setiap orang memiliki kondisi kesehatan gigi dan mulut yang berbeda. Belum lagi jika ada salah satu dari Anda yang punya penyakit bawaan sistemik. Dengan bertukar sikat gigi, bukan tak mungkin penyakit yang diidap akan menular ke orang lain. Beberapa ahli gigi bahkan berpendapat bahwa kerusakan gigi itu menular. Nah, Anda adalah orang yang memiliki kebiasaan buruk tersebut? Segera hentikan dan jagalah kebersihan mulut serta gigi Anda sedini mungkin. Ingat juga untuk selalu menyikat lidah yang gemar menyimpan bakteri serta kuman dari sisa makanan, ya.
MOST READ
Gigi Ngilu Saat Hamil, Apa Akibatnya Bagi Bayi-t

Gigi Ngilu Saat Hamil, Apa Akibatnya Bagi Bayi?

Penyakit yang terjadi pada gusi atau kondisi peradangan kronis yang menyerang gusi dan tulang di sekitar gigi dapat menyebabkan kelahiran prematur

SYSTEMA-article-banner-18-3_thumb

Air Garam untuk Kesehatan Mulut, Efektifkah?

Manfaat air garam untuk kesehatan mulut.

green-tea_thumb

Cara Menikmati Green Tea di Jepang

Menikmati green tea dalam bentuk makanan yang unik khas Jepang

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :