4 tips acara pernikahan minim budget

Serunya Merencanakan Budget Wedding Alias Pernikahan Hemat

Menikah itu setidaknya harus punya budget minimal seratus juta? Mungkin awalnya terdengar cukup mencengangkan, namun bila Anda punya kewajiban mengundang banyak orang, belum lagi berambisi untuk mengadakan pesta yang harus sesuai dengan impian selama ini, seratus juta tidak akan cukup, Anda butuh mungkin hingga dua kali lipatnya. Lalu, apakah mungkin untuk memangkas biaya tersebut menjadi minim, bahkan tidak sampai budget minimal yang selama ini diperkirakan orang-orang? Tentu saja, asalkan Anda mempertimbangkan hal-hal berikut ini.

 

Buat undangan paperless

Di era serba digital, Anda sudah tidak perlu mencetak undangan sampai beratus-ratus lembar. Siasati dengan cara mengirim undangan via messenger seperti whatsapp yang sudah sangat umum digunakan selama ini. Atau, buatlah sebuah event di Facebook dan undanglah kerabat yang memang benar-benar Anda pilih untuk diundang, sehingga mereka bisa segera RSVP (merespon dengan kepastian untuk hadir atau tidak). Bila Anda tetap harus mencetak, buatlah sesimpel mungkin, hanya satu lembar misalnya. Bila perlu, desainlah sedemikian rupa sehingga Anda tidak perlu lagi membuat amplop ekstra.  

 

Tentukan konsep acara dan dekorasi

Seperti apa konsep acara yang Anda inginkan? Semua itu menentukan budget yang diperlukan, tentunya. Pernikahan yang hemat biasanya didukung juga dengan jumlah undangan yang memang terbatas. Selanjutnya, tentukan konsep acara, sebaiknya, pilih dekorasi yang simpel. Caranya, pilih tempat yang kira-kira tidak perlu didekor maksimal. Cari tahu teman Anda yang mahir dalam hal dekorasi untuk membuat plan dekorasi yang sesuai dengan budget Anda. Batasi penggunaan bunga asli, karena biasanya, harganya jauh lebih mahal dari bunga buatan atau bunga kertas).

 

Sewa pakaian atau pesan di tukang jahit terdekat

Pernikahan memang hanya sekali seumur hidup, artinya Anda harus tampil maksimal. Namun, bukan berarti harus memakai gaun yang sangat mahal. Punya penjahit langganan? Coba perlihatkan gambar gaun yang Anda inginkan, kalau memang cukup sederhana, mungkin ia bisa membuatnya, yang pasti, Anda bisa dapat ‘harga khusus pelanggan’. Cari tahu juga tempat-tempat yang menyewakan gaun pengantin yang low budget.

 

Pilih souvenir yang budget friendly

Souvenir unik tidak selalu harus yang mahal. Anda bisa memberikan souvenir bentuk apapun selama dikemas dalam bentuk yang menarik, yaitu menggunakan warna yang sama serta satu tema dengan dekorasi pernikahan Anda. Pensil, amplop, permen, cokelat sampai daun teh bisa jadi ide untuk dijadikan sebagai souvenir, Anda tinggal menyematkan kertas kecil berisi pesan terima kasih.

 

Selamat menyusun acara, semoga Anda bisa mengemasnya sesuai dengan budget yang tersedia.

MOST READ
3 Masalah Karena Lalai Menjaga Kesehatan Mulut-t

3 Masalah Karena Lalai Menjaga Kesehatan Mulut

Pada dasarnya untuk menjaga kesehatan mulut sebenarnya tidak sulit, cukup dengan sikat gigi pagi dan malam hari, dan berkumur dengan air sehabis makan, serta berkumur dengan mouthwash 2 kali dalam sehari

4 tradisi agar keluarga tetap kompak_thumb

Tradisi Ini Harus Selalu Dijaga dalam Keluarga

Hal-hal ini penting untuk selalu dilakukan bersama seluruh anggota keluarga: makan bersama, liburan bersama, jalan-jalan bersama di akhir pekan.

banner-office

Systema Office to Office Ice Breaker Challenge with Jak!101FM

Systema Office to Office Ice Breaker Challenge with Jak!101FM

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :