5 bahan alami untuk sariawan

Sering Mengalami Sariawan? Obati dengan Cara Alami Berikut Ini!

Ketika sariawan terjadi, entah itu akibat dari area mulut yang tergigit maupun ketika daya tahan tubuh sedang menurun, rasanya sungguh tidak nyaman. Namun, seringkali banyak orang memilih untuk ‘menikmati’-nya saja sampai luka benar-benar sembuh. Adakah cara yang bisa dilakukan agar sariawan lebih cepat terobati? Saatnya Anda mencoba beberapa alternatif pengobatan secara alami berikut ini.

 

Minyak kelapa

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Indian Journal of Dental, minyak kelapa memiliki manfaat detoksifikasi rongga mulut dan memberikan efek antiseptik pada area mulut. Caranya, ambil 1-2 sendok makan minyak kelapa, kunyah, lalu gerak-gerakkan di dalam mulut selama 10-20 menit, lalu buang, jangan sampai tertelan. Minyak tersebut akan membantu mengangkat bakteri dan racun pada sariawan. Setelahnya, bersihkan mulut dengan air hangat. Hal ini bisa Anda lakukan sebelum menyikat gigi di malam hari.

 

Kumur dengan air garam

Garam merupakan salah satu bahan yang dapat membuat penyakit seperti sakit gigi dan sariawan lebih cepat sembuh. Garam mengandung bahan alkali yang bisa mengeluarkan kuman dan bakteri. Caranya, siapkan satu gelas air hangat, lalu tuang satu sendok teh garam, aduk hingga larut. Gunakan campuran air untuk berkumur. Lakukan secara rutin selama satu sampai dua hari.

 

Yoghurt

Yoghurt probiotik mengandung lactobacilli yang dapat membantu mengobati sariawan sekaligus memperbaiki pencernaan. Caranya, konsumsi yoghurt tawar (tanpa tambahan pemanis) 2-3 cangkir setiap hari selama sariawan. Anda juga bisa menggosok yoghurt ke lidah dan mulut dengan jari, diamkan selama 5-10 menit, lalu bilas mulut dengan air hangat.

 

Tea Tree Oil

Tea tree oil dapat bekerja secara efektif mengobati sariawan. Penelitian yang dilakukan tahun 2004 oleh Journal of Antimicrobial Chemotherapy, menemukan efek anti jamur dari tea tree oil. Selain itu tea tree oil dapat membantu mengendalikan pertumbuhan bakteri dan memberikan pemulihan yang cepat.Caranya, gunakan tea tree yang berbentuk essential oil, siapkan air hangat lalu teteskan 4-5 kali. Aduk dan kumur menggunakan larutan ini selama beberapa menit, dua kali sehari sampai sariawan membaik. Hindari menelan tea tree oil karena berbahaya.

 

Bawang putih

Penelitian tahun 2005 yang dipublikasikan di Antimicrobial Agents and Chemotherapy Journal, membuktikan bahwa anti jamur dari ekstrak bawang putih secara efektif dapat mengusir jamur candida penyebab sariawan. Selain itu, bawang putih dapat memberikan dorongan pada sistem kekebalan tubuh Anda. Kunyah 2 atau 3 siung bawang putih mentah secara teratur untuk melawan infeksi. Atau, oleskan minyak bawang putih ke daerah yang sakit beberapa kali sehari.

 

Systema Gum & Teeth Protection

Selain bahan-bahan alami yang sudah disebutkan di atas, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan mulut, terutama gigi dan gusi dengan menggunakan pasta gigi Systema Gum & Teeth Protection yang memiliki kandungan IPMP yang berfungsi membunuh bakteri pada celah gigi dan gusi, serta GK2 dan OHBAKU yang membantu menjaga kesehatan gusi.

MOST READ
1_thumb

5 Alat Rumah Tangga yang Praktis untuk Keluarga Dinas

Tinggal di apartemen atau rumah dinas yang bersifat sementara, perlu didukung dengan alat-alat rumah tangga yang praktis.

3-hal-wajib-yang-perlu-didahulukan

Habis Gajian, Segera Lakukan 3 Hal ini untuk mengatur keuangan!

3 hal ini wajib dilakukan setelah menerima gaji bulanan untuk mengatur keuangan Anda.

Kontrol 3 Makanan Manis Kesukaan Anggota Keluarga Anda_3-t

Kontrol 3 Makanan Manis Kesukaan Anggota Keluarga Anda!

Momen dimana setiap anggota keluarga duduk bersama sembari menikmati makanan yang disuka

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :