10 serba-serbi gigi sensitif

Serba-serbi Gigi Sensitif

Anda yang mengalami gigi sensitif, pasti tahu benar betapa susahnya harus memilih makanan yang benar-benar bisa dinikmati, tanpa harus menderita ngilu sepanjang hari. Namun, tak perlu khawatir berkepanjangan, karena bila Anda memahami serba-serbi gigi sensitif berikut ini, mulai dari penyebabnya, sampai cara mengatasinya, rasa ngilu tidak akan lagi menjadi penghalang.

 

  1. Gigi sensitif dalam istilah ilmiahnya disebut dengan hipersensitifitas dentin, penyebabnya beragam, bisa karena penurunan gusi, kebersihan mulut yang tidak dijaga, terkikisnya email gigi, kebiasaan mengonsumsi makanan yang bersifat asam, maupun infeksi gusi terus menerus.
  2. Tidak rutin menjaga kebersihan gigi dapat membuat sisa-sisa makanan menumpuk lalu masuk melalui sela-sela gigi sehingga sulit dijangkau dan sulit dibersihkan. Hal ini juga bisa menyebabkan gigi ngilu.
  3. Kebanyakan penderita gigi sensitif adalah mereka yang berusia antara 20 dan 50 tahun.
  4. Obsesi memutihkan gigi atau bleachorexia dapat meningkatkan erosi pada enamel gigi, akibat penggunaan kit pemutih yang berlebihan atau dalam intensitas tinggi. Kit pemutih inilah yang mengurangi lapisan luar gigi, akibatnya, Anda mengalami gigi hypersensitif.
  5. Membatasi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula merupakan cara untuk memperkuat enamel gigi, yang dapat mempertahankan gigi dari segala macam ancaman.
  6. Rasa ngilu ketika makan maupun minum yang dingin terjadi karena saraf di dalam gigi yang terangsang akibat dentin yang terbuka, yang seringkali terjadi akibat penurunan gusi.
  7. Bruxism atau kebiasaan menggertak-gertakkan gigi dapat memicu seseorang mengalami gigi sensitif. Hal ini disebabkan oleh enamel gigi yang terkikis saat gigi digertakkan, apalagi bila dilakukan secara tidak sadar ketika tidur.
  8. Begitu pula saat menyikat gigi terlalu sering dengan tenaga yang kuat, hal ini dapat menyebabkan resesi gusi dan rusaknya enamel gigi.
  9. Makanan yang minuman yang bersifat asam, seperti minuman berkarbonasi, kopi, teh, anggur dan apapun yang rasanya tajam dapat membuat Anda mengalami demineralisasi enamel, yang kemudian dapat memicu terjadinya erosi gigi.
  10. Rasa ngilu pada gigi sensitif dapat berkurang bila Anda memilih pasta gigi yang tepat. Systema Sensitive Toothpaste memberikan perlindungan tahan lama, aluminum lactate menyumbat permukaan dentin yang terbuka dan membentuk lapisan perlindungan yang tahan lama bagi gigi sensitif.
MOST READ
Yuk, bikin Cupcake praktis ini di rumah!(thumb)

3 Resep Cupcake untuk Temani Weekend Anda Sekeluarga

3 resep cupcake yang mudah dibuat untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga

3 Destinasi Pilihan Saat Berlibur Di Jepang-t

3 Destinasi Pilihan Saat Berlibur Di Jepang

Menikmati segala macam wahana di Disneyland atau melihat hiruk pikuk sisi urban di Tokyo, sudah menjadi tujuan wajib para turis yang datang untuk berlibur ke Jepang.

Lakukan 3 Tips Ini Supaya Tak Dianggap Pacar Overprotective_thumb

Tips Supaya Tidak Dianggap Overprotective

Khawatir pada pasangan tetap bisa diungkapkan tanpa memberi kesan sebagai pacar yang overprotective, ini tipsnya!

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :