10 serba-serbi gigi sensitif_rev1

Seputar Kerusakan Enamel Gigi

Enamel merupakan lapisan pelindung yang berperan sebagai benteng pertahanan gigi dari berbagai gangguan yang bisa dialami oleh gigi. Namun, lapisan ini bila tidak dijaga dengan baik dapat terkikis sehingga mengalami kerusakan atau erosi. Apa saja penyebab kerusakan pada enamel gigi dan apa yang bisa dilakukan untuk mencegahnya?

 

  1. Menyikat gigi terlalu kencang merupakan salah satu penyebab rusaknya enamel gigi.
  2. Asam di mulut dapat menyebabkan enamel gigi terancam. Oleh karena itu, Anda perlu membatasi makanan yang panis serta makanan yang terbuat dari pati.
  3. Ternyata, kerusakan enamel gigi juga bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan seperti gangguan asam lambung, mulut kering, penyakit genetis, produksi air liur yang rendah serta masalah sistem pencernaan.
  4. Penggunaan pasta gigi yang tepat dapat membantu kerja air liur dalam menetralkan keasaman di mulut.
  5. Erosi pada gigi ditandai dengan gigi yang menguning, akibat bagianbadan gigi yang terlihat karena enamel gigi rusak.
  6. Selain menguning, gigi jadi berlubang dan ada lekukan serta noda yang terlihat jelas pada permukaan gigi.
  7. Erosi gigi juga menjadi penyebab gigi sensitif terhadap suhu makanan, yang kemudian perlu ditangani dengan cara menggunakan pasta gigi yang tepat, seperti Systema Sensitive Toothpaste yang mengandung aluminum lactate, membantuk lapisan perlindungan yang tahan lama bagi gigi sensitif.
  8. Erosi pada enamel gigi dapat diperbaiki dengan cara menambahkan mineral pada gigi secara alami. Konsumsilah makanan dengan lemak sehat, suplemen vitamin D yang mengandung kalsium yang dapat memulihkan enamel.
  9. Anda perlu mengunjungi dokter gigi, untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut, apabila obat rumahan tidak kunjung memperbaiki enamel gigi Anda.
  10. Membatasi konsumsi minuman soda, bukan berarti Anda tidak bisa minum soda sama sekali. Namun, gunakanlah sedotan agar cairan yang Anda minum tidak berlama-lama berdiam di dalam mulut dan melewati gigi.

 

Selamat mencoba tips berikut ini dan rawatlah selalu enamel gigi Anda.

 

MOST READ
Gigi Ngilu Saat Hamil, Apa Akibatnya Bagi Bayi-t

Gigi Ngilu Saat Hamil, Apa Akibatnya Bagi Bayi?

Penyakit yang terjadi pada gusi atau kondisi peradangan kronis yang menyerang gusi dan tulang di sekitar gigi dapat menyebabkan kelahiran prematur

SYSTEMA-article-banner-18-3_thumb

Air Garam untuk Kesehatan Mulut, Efektifkah?

Manfaat air garam untuk kesehatan mulut.

green-tea_thumb

Cara Menikmati Green Tea di Jepang

Menikmati green tea dalam bentuk makanan yang unik khas Jepang

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :