Sehat Dan Bugar Di Bulan Puasa

Sehat Dan Bugar Di Bulan Puasa

Saat bulan Ramadhan tiba, pola hidup serta pola makan kita pasti berubah. Tubuh yang terbiasa mendapat asupan nutrisi sebanyak tiga kali, otomatis berkurang dan mengalami jeda yang cukup lama, yaitu 14 jam. Akan tetapi, ini adalah saat di mana tubuh mengalami proses detoksifikasi karena pelepasan racun di dalam tubuh meningkat. Pola makan yang teratur juga menyebabkan kadar asam lambung pada orang yang berpuasa juga terbilang lebih rendah dari mereka yang tidak. Karena itu sepatutnya, orang yang berpuasa menjadi lebih sehat dan berkurang bobot tubuhnya. Apabila Anda salah satu yang mengalami rasa lemas dan lesu berlebih saat berpuasa, perhatikan kembali pola Anda. Mungkin saja Anda melakukan kesalahan.

PILIH MENUSEHAT SAAT SAHUR DAN BERBUKA

Ini merupakan faktor utama yang menentukan kebugaran tubuh Anda. Salah mengkonsumsi makanan, misal makanan berminyak, terlalu manis, terlalu pedas, juga terlalu dingin tiidak dapat menutupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh selama jeda antara sahur dan berbuka puasa. Usahakan untuk menyertakan salah satu jenis makanan pokok seperti beras, jagung, roti juga ubi. Lauk-pauk yang terbuat dari kacang-kacangan, ikan, tahu, ayam, susu dan lainnya serta sayur mayur juga buah-buahan terutama yang berwarna merah dan kuning agar dapat mengembalikan kadar gula dalam darah setelah berpuasa, juga penting.

PERBANYAK ASUPAN AIR

Jangan lupa untuk minum asupan air yang cukup atau bisa juga dengan air kelapa sebagai pengganti cairan tubuh. Idealnya, orang yang berpuasa mengkonsumsi air sebanyak 10 liter per hari. Ini dikarenakan aktivitas tubuh yang tetap berjalan seperti biasa, namun asupan yang didapat berkurang. Tidak perlu minum 10 liter air sekaligus. Bisa didapat dari kandungan air pada buah yang mengandung banyak air, sayuran yang direbus juga kuah makanan. Yang perlu diingat, hindari minuman berenergi saat berpuasa. Ahli nutrisi juga menambahkan, tidak apa-apa jika kita mengkonsumsi air dingin saat berpuasa, karena pada dasarnya air dingin mampu meningkatkan penyerapan nutrisi ke dalam tubuh. Bagi orang yang tidak memiliki kelebihan berat badan, air dingin dapat membantu metabolisme tubuh. Sebaliknya, bagi mereka yang kelebihan berat badan, hindari air dingin.

KURANGI KOPI DAN MINUMAN BERSODA

Hal ini memang agak sulit dilakukan terutama bagi mereka, pecandu kopi. Namun tahukah Anda bahwa kopi lebih cepat menimbulkan dehidrasi ketimbang minuman lainnya? Selain itu, kopi akan menyebabkan Anda terus terjaga di malam hari. Waktu istirahat Anda pun semakin berkurang. Sementara minuman bersoda yang memiliki kadar gula berlebih bisa menimbulkan rasa sebah pada perut Anda.

TETAP BEROLAHRAGA

Meskipun Anda tengah berpuasa, tetaplah berolahraga seperti biasanya. Pilih olahraga ringan seperti jogging atau berjalan di treadmill yang tidak akan membuat Anda kelelahan. Mengapa? Saat berpuasa, aktvitas fisik tetap dibutuhkan tubuh agar peredaran darah tetap lancar. Sehingga kita tidak mudah lelah, badanpun tetap segar. Tak perlu kuatir puasa Anda akan terganggu. Anda dapat berolahraga setelah sahur ataupun menjelang berbuka puasa cukup selama 10 menit. Dengan begitu, sirkulasi oksigen dalam tubuh tetap lancar, badanpun senantiasa bugar. Solat juga merupakan olahraga yang dapat menyehatkan lambung. Selain berolahraga agar tubuh tetap sehat dan bugar, pastikan juga kesehatan gigi Anda terjaga. Rasa nyeri akibat gigi berlubang ataupun karang pada gigi bisa menghalangi kekhusyukan puasa Anda. Karena itu, bersihkan gigi secara rutin dengan rangkaian produk Systema Advanced Oral Care System buatan Lion Japan, seperti pasta gigi, sikat gigi juga mouthwash, mampu menjadi andalan Anda dalam menjaga kesehatan mulut juga gigi. Pasta gigi Systema Nano merupakan satu- satunya pasta gigi dengan Kalsium Nano yang mampu memperbaiki lubang gigi super kecil sebelum jadi masalah. Sikat gigi Systema mampu membersihkan 9 kali lebih baik dari sikat gigi biasa. Bulu sikatnya yang lembut dan ramping, mampu membersihkan kotoran hingga ke sela gigi tersempit. Sudah menyikat gigi dengan sikat dan pasta gigi Systema Nano, pastikan diakhiri dengan berkumur menggunakan Systema Mouthwash. Obat kumur yang aman dan terpercaya ini, mengandung IPMP untuk membunuh bakteri dan GK2 untuk mencegah radang gusi. Tak perlu kuatir mulut Anda akan terasa terbakar saat berkumur. Systema Mouthwash tidak bikin perih di mulut seperti mouthwash lain dan akan melindungi Anda dari rasa ngilu pada gigi juga gigi berlubang.

MOST READ
Camilan-thumb

5 Camilan Seru yang Bisa Anda Buat Sendiri di Rumah

5 camilan seru ini bisa jadi teman seru untuk menghabiskan weekend di rumah. Es krim menjadi salah satu camilan serunya!

3 Makanan Manis Khas Indonesia Terfavorit-2_t

3 Makanan Manis Khas Indonesia Terfavorit

Berbicara tentang kue-kue tradisional Indonesia, tentu Anda sudah familiar dengan beberapa jenisnya. Selain mudah didapat, ciri khas rasa manis membuat

Hindari Hal Ini Agar Hubungan Tetap Langgeng-t

Hindari Hal Ini Agar Hubungan Tetap Langgeng

Membina hubungan memang bukan perkara mudah. Sebab, kita harus berupaya menyatukan dua pemikiran

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :