SYSTEMA-article-banner-batch-17-4

Saat Harus Tinggal dengan Mertua: Do's and Don'ts

Menjelang pernikahan, masalah tempat tinggal sudah harus menjadi pembahasan antara Anda dan pasangan. Apalagi bila setelah menikah, ada aturan dari pihak Anda maupun pasangan untuk tinggal sementara di rumah salah satu orangtua. Jangan sampai hal tersebut tidak disetujui oleh salah satu pihak, karena yang namanya tempat tinggal harus membuat keduanya merasa nyaman. Apabila Anda harus tinggal di rumah mertua, beberapa hal berikut ini patut Anda ketahui:

Do’s

Mengubah kebiasaan

Namanya tinggal di luar rumah orangtua, artinya beberapa kebiasaan perlu diubah. Pandailah menyesuaikan diri dengan kebiasaan yang ada di rumah mertua Anda. Misalnya ketika makan, apabila di rumah mertua, seluruh anggota keluarga makan siang bersama, ikutilah kebiasaan tersebut. Tidak ada pembantu di rumah mertua? Lakukanlah pekerjaan rumah sendiri, seperti mencuci baju, menyeterika, menyapu kamar, dan lain-lain.

Menawarkan bantuan

Jangan segan untuk menawarkan bantuan, meski tidak diminta. Apabila Anda merasa tidak mahir dalam urusan masak-memasak, tawarkanlah bantuan pada mertua seperti mencuci piring atau membersihkan meja makan, sesuatu yang memang bisa Anda lakukan.

Ikut andil dalam pengeluaran bulanan keluarga

Meski mertua tidak meminta Anda maupun pasangan untuk ikut menyumbang demi kebutuhan bulanan, tetaplah tawarkan bantuan, karena bagaimanapun juga, Anda kini tinggal di atap yang sama yang artinya fasilitas di rumah mertua, Anda gunakan juga sehari-hari.

 

Don’ts

Bangun siang

Bangunlah lebih pagi, terutama bila Anda adalah seorang istri. Usahakan untuk mempersiapkan segala yang dibutuhkan suami sebelum ia berangkat kerja. Apabila Anda juga bekerja, pastikan untuk tetap bisa mengakomodir kebutuhan Anda dan pasangan, tanpa harus mengandalkan asisten rumah tangga yang bertugas di rumah mertua. Misalnya, siapkan sarapan sendiri, atau bila tidak sempat mencuci baju, andalkan jasa laundry untuk mencuci baju Anda dan pasangan.

Terlalu lama di kamar

Apabila Anda tidak bekerja dan menghabiskan waktu di rumah, jangan terlalu lama berdiam diri di kamar dan hanya keluar di jam makan. Sesekali, keluarlah dan habiskan waktu di ruang keluarga dengan menonton TV bersama mertua atau sekadar mengobrol di sore hari. Hal ini merupakan cara untuk mengakrabkan diri dengan mertua, sehingga Anda jauh dari rasa tidak nyaman selama menetap di rumah mertua.

Pada dasarnya, mertua adalah orangtua baru Anda. Tidak perlu ada rasa terlalu segan ketika harus tinggal bersama, karena rasa segan yang berlebihan malah akan mempersulit Anda untuk merasa nyaman dan menjadi akrab dengan mertua.

 

MOST READ
Rentetan Maut Akibat Sakit Gigi-t

Rentetan Maut Akibat Sakit Gigi

bila Anda sepelehkan masalah sakit gigi maka akan muncul rentetan maut yang akan terjadi. Mari kita telisik bersama rentetan maut tersebut

4-tips-mudah-atasi-masalah-keluarga-sehari-hari

Masalah Sehari-hari Ini Sebenarnya Mudah Diatasi dalam Keluarga

Masalah yang sering Anda dan keluarga hadapi ini sebetulnya mudah sekali diatasi

Kunci Sukses Melamar Kerja di Kantor Baru

Kunci Sukses Melamar Kerja di Kantor Baru

Apa saja yang harus diperhatikan saat hendak mengirimkan CV ke kantor baru supaya meninggalkan kesan yang baik bagi calon user.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :