Pilih ramen atau udon

Ramen atau Udon?

Jalan-jalan ke Jepang, belum lengkap rasanya kalau belum menikmati Ramen maupun Udon, apalagi kalau cuaca sedang dingin-dinginnya. Baik Ramen maupun Udon, keduanya merupakan makanan yang populer di Jepang dan bentuknya sama, yaitu berupa mie. Lalu, apa bedanya?

 

Tipis dan tebal

Meskipun sudah menjadi makanan yang populer di Jepang, Ramen sebetulnya merupakan makanan yang berasal dari China yang terbuat dari tepung terigu. Bentuk ramen tipis dan biasanya berwarna lebih kuning. Bila dilihat sekilas, memang seperti mie instan yang ada di sini. Sedangkan Udon, sebaliknya, yaitu merupakan makanan rakyat Jepang yang murah dan merupakan pengganti nasi. Jepang sendiri memiliki standar dalam pembuatan Udon, yaitu berbentuk pipa dan diameternya harus lebih dari 1,7 mm. Bila ukurannya tidak sesuai, makan mie tersebut tidak bisa disebut dengan nama Udon. 

 

Penyajiannya pun berbeda

Bila Anda menikmati Udon maupun Ramen di Indonesia, bentuk penyajiannya sangat berbeda dengan yang aslinya. Di Jepang, Udon memiliki dua jenis kuah yang sangat umum, yaitu asin dan tidak asin. Kuah yang asin biasanya berwarna gelap, sedangkan yang tidak asin biasanya berwarna bening. Biasanya, Udon dinikmati dengan lauk kering, seperti tempura udang, maupun sayuran. Udon juga bisa dihidangkan dalam keadaan dingin, yaitu dengan menyiram rebusan Udon menggunakan air es. Jadi, sesuaikan saja dengan keadaan cuaca di Jepang. Saat musim dingin, makan Udon yang panas, sedangkan saat musim panas, nikmatilah Udon yang dingin. Berbeda dengan Udon, Ramen tidak disajikan dalam keadaan dingin melainkan dengan kuah panas. Supaya makan Ramen lebih nikmat dan gigi yang sensitif terhindar dari rasa ngilu akibat panasnya Ramen, pastikan Anda selalu menggunakan pasta gigi Systema Sensitive.

 

Bila Udon hanya menggunakan dua jenis kuah, ramen biasanya menggunakan kuah yang lebih beragam jenisnya, ada yang menggunakan kaldu daging, kaldu sayuran, saus seafood, dan saus kedelai atau miso. Penyajiannya pun dilengkapi dengan daging, telur, rumput laut kering, bawang, dan bakso ikan atau daging olahan seafood lainnya. Ada pula yang menyajikannya agak pedas. Mungkin, untuk ukuran orang Indonesia, pedasnya ramen Jepang tidak seberapa.

  

Serunya menikmati ramen dan udon di Jepang

Meskipun sudah banyak sekali restoran yang menjual Ramen maupun Udon di Indonesia, namun tetap saja beda rasanya dengan yang ada di Jepang. Ramen dan Udon yang ada di sini seringkali sudah merupakan fusion, dalam arti sudah disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia. Selain itu, saat menikmati Ramen di Jepang, biasanya Anda juga akan berkesempatan melihat pembuatannya langsung, karena filosofi, ilmu, dan teknik dalam pembuatan Ramen memiliki nilai tersendiri.

 

So, selamat menikmati!

MOST READ
Nafas Segar Senyum Indah Dengan Makanan Ini_t

Nafas Segar Senyum Indah Dengan Makanan Ini

Nafas segar memang bisa Anda dapatkan dengan teratur menyikat gigi setiap hari. Senyum merekah pun bisa tersembul sempurna dari gigi putih cemerlang tersebut.

Tips asyik liburan ke Jepang sesuai musimnya_thumb

Persiapan Liburan ke Jepang

Tips persiapan liburan ke Jepang sesuai musimnya.

10 serba-serbi gigi sensitif_rev1_thumb28

Seputar Kerusakan Enamel Gigi

Penyebab kerusakan (erosi) pada enamel gigi

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :