9. 4 Tips ini Bisa Bikin Gigi Sehat

Perhatikan Hal Ini untuk Dapatkan Gigi yang Sehat

Mendapatkan gigi yang sehat memang perlu usaha. Namun, usaha ini juga perlu dijadikan kebiasaan sehari-hari. Mulai dari cara memilih alat pembersih mulut, seperti pasta gigi dan sikat gigi, sampai frekuensi menyikat gigi yang tepat, keduanya memengaruhi kesehatan gigi dan mulut Anda secara menyeluruh. Yuk, simak tips berikut ini.

 

Pilih sikat dan pasta gigi yang tepat

Setiap orang membutuhkan sikat gigi yang berbeda-beda. Bila gusinya mudah berdarah, maka bulu sikat gigi yang digunakan harus yang lembut. Demikian juga dengan pasta gigi. Bila ia memiliki gigi yang sensitif, maka ia perlu memilih pasta gigi khusus untuk pemilik gigi sensitif. Bila Anda ingin melindungi kesehatan gigi dan gusi, pilih Systema Gum & Teeth Protection. Dengan formulasi khusus dari LION Jepang, Systema Gum & Teeth Protection 2x lebih baik digunakan untuk merawat gusi, karena memiliki kandungan IPMP yang berfungsi membunuh bakteri pada celah gigi dan gusi serta GK2 dan OHBAKU yang berfungsi menjaga kesehatan gusi.

 

Perhatikan frekuensi menyikat gigi

The American Dental Association menyarankan untuk menyikat gigi selama dua menit, dua kali sehari. Mengapa tidak boleh lebih dari itu? Karena menyikat gigi terlalu sering tidak akan menjamin gigi Anda lebih bersih, malah hanya akan merusak lapisan luar gigi. Waktu yang ideal untuk menyikat gigi adalah setelah sarapan dan sebelum tidur, bukan di sore hari. Pada saat tidur, produksi air liur berkurang, sehingga bakteri yang timbul dari sisa-sisa makanan yang menjadi asam akan lebih mudah berkembang biak. Pada akhirnya, akan merusak gigi dan membuat gigi berlubang.

 

Batasi konsumsi makanan yang mengandung asam

Minuman kemasan seperti soda maupun jus biasanya mengandung pemanis buatan yang apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat merusak gigi Anda. Semakin banyak pemanis buatan yang dikonsumsi, maka semakin banyak pula plak dan asam yang akan dihasilkan oleh bakteri di dalam mulut. Selain itu, kandungan asam pada minuman kemasan juga dapat mengikis lapisan enamel gigi. Oleh karena itu, bukan berarti Anda tidak bisa mengonsumsi jus dan minuman soda kemasan, hanya saja, Anda perlu mengonsumsinya dengan bijaksana, tidak lebih dari 1 botol atau kotak per hari.

 

Rutinlah mengunjungi dokter gigi

Mungkin beberapa dari Anda berpikir bahwa mengunjungi dokter gigi tidaklah wajib, nanti saja kalau memang ditemukan adanya masalah pada gigi. Padahal, seharusnya tidak demikian. Anda tetap perlu rutin mengunjungi dokter gigi, setidaknya enam bulan sekali, meskipun dalam waktu tersebut Anda sama sekali tidak mengalami masalah pada gigi. Mengapa demikian? Karena seringkali seseorang baru akan menemukan adanya masalah pada giginya ketika dokter melakukan pemeriksaan pada mulut. Mungkin Anda merasa tidak pernah sakit gigi, namun ternyata gigi Anda berlubang, sehingga secara tidak disadari mengakibatkan bau mulut. Masalah seperti ini hanya bisa dideteksi apabila dokter gigi melakukan pemeriksaan langsung. 

MOST READ
Rentetan Maut Akibat Sakit Gigi-t

Rentetan Maut Akibat Sakit Gigi

bila Anda sepelehkan masalah sakit gigi maka akan muncul rentetan maut yang akan terjadi. Mari kita telisik bersama rentetan maut tersebut

Kapan waktu yang tepat ganti sikat gigi80

Waktu Penggantian Sikat Gigi

Kapan seharusnya sikat gigi diganti

Tips asyik menjalani LDR_thumb

Cara untuk Bertahan Long Distance Relationship

Tips untuk pasangan yang menjalani LDR supaya hubungan tetap bisa awet

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :