Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut

          Gigi dan mulut adalah salah satu organ tubuh penting sebagai media masuknya makanan ke dalam tubuh. Tanpa gigi yang sehat, kita tidak akan mampu mengunyah makanan yang menjadi asupan gizi untuk tubuh secara keseluruhan. Gangguan pada gigi dan mulut bisa menjadi pemicu penyakit lain. Dari sekian banyak penyakit yang bisa tercetus akibat rusaknya gigi adalah stroke akibat penyumbatan pembuluh darah. Tumpukan plak pada gigi dan gusi menyebabkan penebalan pada plak sehingga menutupi dinding pembuluh darah. Sehingga jalannya darah yang mengangkut oksigen ke otak menjadi lebih lambat atau malahan terhenti sama sekali. Bukan hanya itu, gigi yang infeksi juga dapat menyebabkan gangguan pada pernafasan. Misalnya saja asma, infeksi paru-paru juga kanker. Belum lagi Endocarditis. Adalah infeksi yang serius pada salah satu dari empat katup jantung. Infeksi bisa terjadi jika gigi berlubang dan gusi kerap berdarah. Sehingga terjadi inflamasi pada pembuluh darah. Tidak berhenti di situ, masih banyak penyakit berbahaya lainnya yang dicetuskan oleh buruknya kesehatan gigi dan mulut.

 

RAJIN MEMBERSIHKAN GIGI DAN MULUT

          Rajinlah membersihkan gigi dan mulut dengan sikat gigi dan pasta gigi yang tepat, minimal dua kali sehari. Waktu terbaik untuk menggosok gigi adalah setelah makan dan sebelum tidur. Rangkaian produk Systema Advanced Oral Care System buatan Lion Japan, seperti pasta gigi, sikat gigi juga mouthwash, mampu menjadi andalan Anda dalam menjaga kesehatan mulut juga gigi. Pasta gigi Systema Nano merupakan satu- satunya pasta gigi dengan Kalsium Nano yang mampu memperbaiki lubang gigi super kecil sebelum jadi masalah. Sikat gigi Systema mampu membersihkan 9 kali lebih baik dari sikat gigi biasa. Bulu sikatnya yang lembut dan ramping, mampu membersihkan kotoran hingga ke sela gigi tersempit.

          Sudah menyikat gigi dengan sikat dan pasta gigi Systema Nano, pastikan diakhiri dengan berkumur menggunakan Systema Mouthwash. Obat kumur yang aman dan terpercaya ini, mengandung IPMP untuk membunuh bakteri dan GK2 untuk mencegah radang gusi. Tak perlu kuatir mulut Anda akan terasa terbakar saat berkumur. Systema Mouthwash tidak bikin perih di mulut seperti mouthwash lain dan akan melindungi Anda dari rasa ngilu pada gigi juga gigi berlubang.

 

BERSIHKAN LIDAH

          Banyak orang menganggap sepele kebersihan lidah. Mereka menganggap jika sudah menggosok gigi dan membersihkan gusi, otomatis lidah pun menjadi bersih. Padahal layaknya gigi dan gusi, jika tidak dibersihkan, lidah pun akan dipenuhi kotoran, hasil dari sisa makanan yang tertinggal. Untuk itu, sikat juga lidah Anda saat menyikat gigi. Anda pun disarankan untuk berkumur dengan larutan pembersih minimal 2 minggu sekali untuk hasil yang lebih maksimal. Sebaiknya, pilih yang tidak memiliki kandungan alkohol.

HINDARI MAKANAN DAN MINUMAN BERKADAR GULA TINGGI 

          Lapisan email pada gigi lama kelamaan akan semakin menipis jika Anda terus menerus mengkonsumsi makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi. bersoda. Minuman soda dan makanan bertepung adalah sumber utama perusak gigi. Kadar asam pada soda perlahan menggerogoti lapisan pelindung gusi Anda. Sementara makanan bertepung akan meninggalkan sisa pada gigi Anda. Tak hanya minuman bersoda, minuman dengan pemanis buatan lainnya juga dapat menstimulus bakteri plak. Akibatnya gigi Anda pun membusuk. Belum lagi warna gigi Anda yang dapat berubah akibat makanan dan minuman berwarna tersebut.

RUTIN KE DOKTER GIGI

          Jangan malas untuk memeriksakan gigi ke dokter. Cek kondisi gigi Anda ke dokter gigi kepercayaan Anda minimal enam bulan sekali. Dengan begitu, kesehatan gigi dan mulut Anda terpantau dengan baik. Bahaya yang menghadang akibat gangguan kesehatan gigi pun terhindari.

KURANGI ROKOK

          Kita semua sudah tahu bahwa rokok berdampak buruk pada kesehatan. Jika diruncingkan efeknya pada kesehatan mulut dan gigi, zat yang ada di dalam rokok menimbulkan iritasi pada mulut. Sadarkah Anda bahwa kebiasaan merokok menyebabkan rangsangan pada papilafiliformis (tonjolan pada lidah bagian atas) sehingga menjadi lebih panjang? Inilah yang menyebabkan perokok kehilangan kemampuan untuk merasakan asin, manis, pahit karena rusaknya ujung sensoris dari alat perasa. Bukan Cuma itu, hasil pembakaran rokok dapat mengganggu peredaran darah ke gusi. Hal ini terbukti pada lebih banyaknya karang gigi pada perokok daripada yang bukan. Pada mukosa mulut (bagian yang menghadap pipi) serta dasar mulut juga akan timbul bercak putih akibat epitel yang tebal jenuh oleh saliva.

 

 

MOST READ
SYSTEMA-article-banner-batch-17-6_thumb

Seputar Karang Gigi

Kapan harus membersihkan karang gigi, mengapa ketika dibersihkan bisa sampai berdarah, apa yang harus dilakukan untuk mengurangi timbulnya karang gigi.

Atasi peyebab gusi bengkak dengan cara ini_thumb

Ini Sebabnya Mengatasi Gusi bengkak Itu Penting

Selain gigi, gusi juga perlu dirawat dengan cara yang tepat untuk mengatasi gusi bengkak

Makanan Sehat untuk Keluarga Sehat_alt.1-t

Makanan Sehat untuk Keluarga Sehat

semua berawal dari rumah, ayo perbaiki kebiasaan di rumah dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :