7. Menjadi Karyawan yang Serba Bisa

Menjadi Karyawan yang Serba Bisa: Yes or No?

Pernahkah Anda merasa menjadi karyawan yang sepertinya, disuruh melakukan apa saja, Anda bisa? Belakangan ini seringkali dalam sebuah informasi lowongan kerja, syarat untuk bisa menduduki suatu jabatan adalah dengan memiliki kemampuan di luar jabatan itu sendiri. Menjadi seorang desainer grafis misalnya, tidak hanya harus bisa menguasai program desain, namun akan menjadi nilai plus apabila calon tersebut memiliki kemampuan lebih, seperti mengedit video. Begitu pula lowongan untuk menjadi sekretaris, akan menjadi nilai plus apabila calon tersebut menguasi lebih dari dua bahasa, pada akhirnya pun pekerjaannya menuntut ia untuk juga menjadi seorang asisten pribadi. Apakah hal ini menguntungkan? Yuk, mari kita bahas.

 

Yes: Perkaya diri sendiri dengan kemampuan dan pengalaman

Bila tujuan Anda adalah memperkaya diri sendiri dengan kemampuan dan pengalaman selama bekerja, maka pertahankanlah sikap untuk tidak lelah mencoba. Pada dasarnya, memiliki kemampuan lebih dari karyawan yang lain tidak akan pernah merugikan Anda. Namun, bila tujuan Anda hanyalah demi mencari muka dan mendapat pujian, Anda tidak akan bisa menjalani pekerjaan tersebut dengan ikhlas.

 

Yes: Boleh memberikan yang lebih, dengan syarat tertentu

Apakah perusahaan Anda rutin melakukan evaluasi terhadap setiap karyawannya? Apakah evaluasi tersebut juga dilakukan oleh atasan pada Anda? Bila ya, pertahankan kemampuan Anda tersebut. Dengan demikian, nilai Anda sebagai karyawan pun akan terus meningkat dan hal tersebut bisa menjadi alasan untuk naik jabatan. Namun, bila evaluasi sama sekali tidak pernah dilakukan, bahkan dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya urungkan niat untuk bekerja terlalu maksimal, berikan sesuai dengan yang ada pada jobdesc Anda saja.

 

No: Pekerjaan Anda tidak sebanding dengan penghasilan

Sudah lelah melakukan segala yang diperintahkan, bahkan seringkali memberikan lebih dari apa yang diminta, namun jumlah penghasilan yang Anda dapat masih di angka yang sama untuk jangka waktu panjang, tidak berubah selama setahun, dan posisi jabatan Anda juga masih sebagai anak buah. Apabila hal ini yang terjadi, maka berpikirkan berkali-kali untuk bertahan, bahkan di perusahaan tempat Anda bekerja tersebut. Itu artinya, kemampuan yang Anda miliki tidak dihargai oleh perusahaan. Padahal, Anda layak mendapatkan gaji dan posisi yang sepadan dengan kemampuan Anda.

 

No: Terlalu sering disuruh bos, bahkan yang di luar pekerjaan

Bos atau atasan adalah orang pertama yang paham betul kemampuan Anda dalam bekerja. Namun, jangan sampai ia malah menyalahgunakan kemampuan Anda. Mungkin pemilik perusahaan tidak akan bisa secara langsung menilai pekerjaan Anda, tetapi bila atasan Anda kian meminta tolong bahkan untuk urusan yang di luar pekerjaan, Anda berhak menolak, meskipun atasan Anda punya kuasa. Bila Anda terpaksa harus mengundurkan diri, Anda punya alasan kuat yang bisa membuat perusahaan tetap menahan posisi Anda.

 

So, sebagai karyawan yang serba bisa, Anda tetap harus cermat melihat situasi di kantor. Jangan sampai kelebihan yang Anda miliki merugikan karir Anda. Good luck!

MOST READ
5 resolusi sehat untuk Anda dan pasangan_thumb

5 Resolusi Sehat Ini Patut Anda dan Pasangan Hidup Anda Lakukan!

Resolusi sehat: Lakukan 5 kebiasaan ini sepanjang tahun dengan pasangan hidup Anda

Jangan Sampai Lupa Menyikat Gigi Sebelum Tidur Ini Alasannya-Revised69

Jangan Sampai Lupa Menyikat Gigi Sebelum Tidur, Ini Alasannya!

Seharian menjalani aktivitas yang padat seringkali membuat seseorang merasa terlalu lelah, apalagi bila pekerjaan menuntutnya untuk mengorbankan lebih banyak waktu alias lembur

Profesi Ini Akan Semakin Menjadi Incaran_thumb

Profesi Ini Akan Semakin Menjadi Incaran

Beberapa profesi ini dulunya dipandang sebelah mata, sekarang kian menjadi incaran.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :