live chat Systema
6. Mengatasi Ketakutan Saat Berkunjung ke Dokter Gigi

Mengatasi Ketakutan Saat Berkunjung ke Dokter Gigi

Bukan hanya anak-anak yang seringkali merasa takut ketika tiba saatnya bagi mereka untuk mengunjungi dokter gigi. Beberapa orang dewasa, mungkin meski tidak sampai histeris, tapi tetap punya rasa was-was dan gelisah ketika harus memeriksakan giginya. Biasanya keresahan ini timbul karena sudah mengalami masalah pada gigi sebelumnya. Rasa sakit pada gigi membuat mereka trauma dan semakin ‘ngeri’ membayangkan kalau harus melakukan prosedur cabut gigi.

 

Peneliti dari West Virginia University berhasil mengungkapkan rahasia mengapa banyak orang mengalami ketakutan pergi ke dokter gigi. Dalam jurnal ilmiah Community Dentistry and Oral Epidemiology yang terbit Oktober 2016, diberitakan bahwa ketakutan dan kegelisahan untuk pergi ke dokter gigi sebagian dipengaruhi oleh faktor genetik, yaitu gen yang diwariskan dari orangtua. Jadi, seseorang yang mengalami ketakutan mengunjungi dokter gigi mewariskan rasa takut itu pada anak-anaknya. Lalu, bagaimana dengan Anda, apakah Anda memiliki ketakutan tersebut? Bila ya, info berikut ini dapat membantu Anda mengatasinya.

 

Jangan berpikir terlalu jauh

Mungkin Anda pernah mendegar cerita dari pengalaman teman yang mengalami trauma karena melakukan proses pencabutan gigi, atau sekadar menyaksikan film yang menggambarkan betapa mengerikannya berada di kursi pasien dikelilingi dengan peralatan dokter gigi. Buanglah jauh pikiran yang mengganggu, karena yang akan Anda alami nanti, belum tentu buruk dan semengerikan cerita teman Anda. Berpikirlah positif, bahwa dokter gigi akan membantu Anda keluar dari masalah gigi dan mulut.

 

Cari dokter yang membuat Anda nyaman

Tanyakan pada teman maupun keluarga Anda, apabila mereka punya kenalan dokter gigi yang selama ini membuat mereka nyaman. Tidak ada salahnya bertemu dan berkenalan dengan beberapa dokter gigi sebelum melakukan prosedur tertentu. Yang penting, Anda nyaman dengan dokter pilihan Anda.

 

Prosedur pencabutan gigi itu bertahap

Bila Anda mengalami masalah pada gigi, belum tentu jalan keluarnya adalah dengan mencabut gigi. Proses pencabutan gigi pun bertahap, Anda perlu terlebih dahulu melakukan pemeriksaan dengan dokter dan ia yang akan membuat keputusan mengenai apa yang harus dijalani. Dan lagi, ketika melakukan proses pencabutan gigi, seseorang akan diberikan obat bius serta obat penenang.

 

Fasilitas didukung dengan perkembangan teknologi

Baik klinik maupun rumah sakit, atau tempat praktik dokter gigi di luar itu (seperti rumah pribadi maupun ruko), jaman sekarang rata-rata sudah didukung dengan alat dan fasilitas yang cukup canggih. Ruangannya sendiri seringkali dilengkapi dekorasi yang berpusat pada kenyamanan pasien. Beberapa bahkan menyediakan TV dan musik sebagai hiburan selama Anda berada di dalamnya.

 

Jadi, sudah tidak ragu lagi untuk rutin mengunjungi dokter gigi, setidaknya enam bulan sekali, kan?

MOST READ
2. 5 Tips Agar Tak Salah Pilih Penginapan_thumb

5 Tips Memilih Tempat Menginap Saat Traveling

5 hal yang perlu jadi perhatian saat hendak mencari tempat penginapan

Deretan Makanan Penyebab Gigi Berlubang-t

Deretan Makanan Penyebab Gigi Berlubang

Merawat gigi ternyata tidak cukup hanya dengan menyikat gigi secara teratur. Seperti halnya menjaga berat badan, perlu juga memperhatikan diet yang tepat agar gigi tidak mudah berlubang.

Tips asyik liburan ke Jepang sesuai musimnya_thumb

Persiapan Liburan ke Jepang

Tips persiapan liburan ke Jepang sesuai musimnya.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :