2

Mengapa Saat Sakit Gigi Anda Sebaiknya Tidak Naik Pesawat Terbang?

Mencegah sakit gigi memang lebih baik daripada mengobati. Selain membuat Anda tidak dapat makan dengan nyaman, saat sakit gigi Anda juga disarankan untuk tidak bepergian dengan menggunakan moda transportasi udara. Namun demikian, hal ini masih menjadi pro dan kontra tersendiri, sebab kondisi sakit gigi masing-masing orang akan berbeda. Lantas, mengapa saat sakit gigi Anda sebaiknya tidak naik pesawat terbang?

Terjadi perubahan tekanan udara

Saat melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang, tubuh manusia dibawa hingga berada pada ketinggian 30.000 kaki. Posisi tersebut tentunya memiliki efek samping yang jauh berbeda jika dibandingkan saat Anda melakukan perjalanan jalur darat. Anda sebaiknya tidak naik pesawat terbang saat sakit gigi sebab terjadi perubahan tekanan udara di dalam kabin ketika pesawat naik dan turun sehingga memicu rasa sakit pada gigi.

Rasa sakit ini dipicu oleh adanya udara yang terperangkap di dalam gigi. Kondisi ini menimbulkan gelembung udara yang apabila Anda memiliki gigi berlubang, maka akan terasa ngilu dan nyeri. Jika kondisi gigi berlubang sudah parah, maka sakit gigi akan semakin menjadi-jadi dan telinga pun ikut berdengung dan kepala terasa sakit. Kondisi ini jelas membuat perjalanan udara Anda menjadi tidak nyaman.

Tubuh penuh gas

Selain terjadi perubahan tekanan udara, alasan lain yang membuat Anda dilarang untuk naik pesawat terbang saat sakit gigi adalah karena selama menempuh perjalanan udara, tubuh akan dipenuhi oleh gas. Gas ini akan semakin meningkat hingga 25% saat pesawat berada pada ketinggian maksimum. Tentu saja, peningkatan jumlah gas dalam tubuh dapat menimbulkan rasa tidak nyaman seperti sakit gigi, perut kembung, mual, sakit telinga, atau bahkan sinusitis.

Aliran darah tidak mengalir lancar

Perlu diketahui bahwa semakin tinggi lapisan langit, maka semakin menipis pula kadar oksigen yang ada di dalamnya. Tak heran jika selama pesawat mengudara, kadar oksigen di dalam kabin pesawat berkurang hingga 4%. Hal ini tentu memengaruhi kemampuan darah untuk menyerap oksigen yang jadi lebih berkurang. Akibatnya, aliran daran tidak mengalir lancar ke seluruh tubuh sehingga menyebabkan gusi semakin terasa ngilu bagi Anda yang belum berhasil mencegah sakit gigi.

 

Meskipun terlihat sepele, mencegah sakit gigi ternyata dapat membuat Anda lebih nyaman selama perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang. Pastikan Anda secara rutin memeriksakan kondisi kesehatan gigi pada dokter, terlebih sebelum bepergian dengan transportsi udara. Mencegah sakit gigi juga bisa dilakukan dengan cara menggunakan pasta gigi Systema Nano yang mengandung kalsium nano untuk meminimalisir gigi berlubang dan menutup lubang-lubang kecil pada gigi Anda.

MOST READ
karyawan-terbaik__thumb

Lakukan 3 Hal ini Bila Ingin Menjadi Karyawan Terbaik

Menjadi karyawan terbaik tidak sulit, kuncinya: fokus, disiplin, dan tidak mudah menyerah

shutterstock_423200386

Resep Jus Segar untuk Gigi dan Gusi yang Sehat

Nikmati jus segar yang terbuat dari bahan-bahan makanan yang dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi.

3 Tempat Hiburan di Jakarta yang Harus Dikunjungi_thumb

Tempat Hiburan di Jakarta yang Patut Dikunjungi

Ada beberapa tempat hiburan baru yang patut dikunjungi di Jakarta: Jakarta Aquarium, Museum MACAN, dll

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :