Mencegah Bau Mulut Di Bulan Puasa-b2

Mencegah Bau Mulut Di Bulan Puasa

Puasa adalah salah satu cara untuk mengistirahatkan organ pencernaan yang terbiasa bekerja tanpa henti. Namun tak jarang masalah yang harus dihadapi mereka yang berpuasa adalah bau mulut yang menyengat. Bau mulut atau dalam istilah medisnya disebut dengan hilatosis dibagi menjadi dua jenis, sistemik dan lokal. Bau mulut lokal biasanya berhubungan dengan rongga mulut itu sendiri, misal gigi berlubang, infeksi gigi dan karang berlubang. Gigi yang tidak sehat membentuk abses (pembengkakan berisi nanah). Bakteri yang berkumpul di dalamnya memetabolismekan jaringan mati, maka timbullah bau mulut. Sementara hilatosis sistemik ditimbulkan oleh penyakit pada saluran pencernaan seperti lambung, usus, hati dan lainnya. Nah, bau mulut yang muncul itu disebakan oleh bakteri Anaerob. Bakteri tersebut muncul saat mulut mengalami kekeringan akibat berkurangnya cairan ludah atau saliva. Sehingga bakteri yang tumbuh di dalam mulut meningkat. Mengapa cairan ludah berkurang? Penyebabnya adalah aktivitas mengunyah makanan berkurang secara signifikan saat Anda berpuasa.

Lalu adakah cara ampuh untuk mengusir bau mulut yang sangat mengganggu rasa percaya diri Anda juga rasa nyaman lawan bicara? Tentu saja. Berikut adalah kiat-kiatnya :

 

 

KONSUMSI AIR PUTIH

Minumlah air putih sebanyak 8-10 gelas saat sahur juga berbuka. Selain mengurangi dehidrasi saat berpuasa, air putih membantu untuk meningkatkan produksi saliva yang membantu menjaga kebersihan mulut dan gigi. Dengan air putih, bau mulut dapat ternetralisir dengan cepat.

MAKANAN BERSERAT

Makanan berserat membuat gigi lebih banyak bergerak. Semakin banyak Anda mengunyah, maka rongga mulut semakin terbuka. Hasilnya, bau mulut pun akan berkurang. Selain itu, makanan berserat akan membantu pencernaan Anda agar jauh dari sembelit dan kelaparan.

MINUM TEH HIJAU

Teh hijau memiliki zat polyphenol yang dapat membunuh bakteri pada mulut dan saluran pernafasan. Selain itu teh hijau juga bisa mengurangi radang pada rongga mulut dan gangguan pernafasan akibat asap rokok. Untuk itu, jangan lupa untuk minum teh hijau saat sahur untuk mengurangi bau mulut Anda. Usahakan untuk tidak menambahkan gula ke dalamnya agar lebih alami.

RAJINLAH MENGGOSOK GIGI

Saat sahur, pastikan Anda menggosok gigi dengan bersih sampai ke sela-sela lidah. Karena tak hanya pada ruang antara gigi dan gusi, bakteri serta kuman dari hasil partikel makanan yang membusuk senang bersarang di antara lidah. Bersihkan gigi dan lidah dengan pasta gigi Systema Nano. Dalam Pasta lembutnya yang menyebar super cepat, kalsium nano menutup lubang super kecil sebelum jadi masalah. Jangan tunggu gigi berlubang, pakai Systema nano dan buktikan dalam 14 hari. Pakai juga sikat gigi Systema Nano yang memiliki bulu sikat halus sehingga lembut di gusi. Setelahnya, gunakan juga Systema Mouthwash Green Forest yang memiliki kandungan alkohol 0%. Lupakan rasa sakit saat berkumur, Systema Mouthwash sangat nyaman di mulut. Dua varian lainnya, Menthol Breeze, dan Spring Fresh juga dapat menguatkan gigi rapuh, melindungi gigi dan gusi dari penyakit periodontal serta mencegah penumpukan plak pada gigi sambil memberi kesegaran yang berbeda.

RAJIN MINUM YOGHURT SETIAP HARI

Berdasarkan penelitian yang dilakukan para pakar kesehatan mulut dan gigi, minum yoghurt setiap hari dapat mengurangi bau mulut yang tak sedap. Mengapa demikian? Yoghurt memiliki kadar organisme mikroskopis dan hidrogensulfida yang meminimalisir bakteri di dalam mulut. Otomatis, dapat mengurangi resiko gigi berlubang dan penyakit gusi.

MOST READ
3 Makanan Manis Khas Indonesia Terfavorit-2_t

3 Makanan Manis Khas Indonesia Terfavorit

Berbicara tentang kue-kue tradisional Indonesia, tentu Anda sudah familiar dengan beberapa jenisnya. Selain mudah didapat, ciri khas rasa manis membuat

7-tempat-wisata-seru-di-Hakone-Jepang

Serunya Wisata di Hakone, Jepang

Banyak hal seru yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi salah satu wisata kota yang unik di Jepang ini

SYSTEMA-article-banner-18-6_thumb

Hati-hati, Ini Makanan yang Bisa Mengancam Kesehatan Gigi

Daftar makanan yang bisa mengancam kesehatan gigi.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :