Masalah Gigi Ini Rentan Dialami Saat Hamil

Masalah Gigi Ini Rentan Dialami Saat Hamil

Saat hamil, wanita mengalami perubahan dalam produksi hormon estrogen dan progesteron. Hal tersebut ternyata dapat memengaruhi kesehatan mulut dan gigi. Menurut dokter spesialis Kebidanan & Kandungan, dr. Nurwansyah, SpOG, pembuluh darah akan melebar ketika hamil, sehingga gusi menjadi sangat rentan. Sentuhan saja dapat membuat gusi jadi mudah berdarah. Bila infeksi atau gigi berlubang dibiarkan begitu saja, dapat menularkan infeksi pada janin yang berisiko pada kelahiran prematur maupun pre-eklamsia. Inilah masalah gigi yang paling sering terjadi pada ibu hamil.

 

Erosi gigi

Ibu hamil yang mengalami mual dan muntah di pagi hari rentan mengalami erosi gigi, yaitu hilang atau rusaknya lapisan permukaan gigi atau email. Asam dapat merusak lapisan gigi, apabila sering muntah, maka produksi asam dari muntahan tersebut dapat mengancam lapisan gigi, lama kelamaan bisa menyebabkan erosi gigi. Hindari dengan tidak langsung menyikat gigi setelah muntah, agar zat asam dari muntahan tersebut tidak mudah tersebar dan meningkatkan erosi gigi. Lebih baik berkumur terlebih dahulu dengan air.

 

Gigi goyang

Pada ibu hamil hal ini terjadi karena tulang yang mendukung gigi lebih longgar. Kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan karena biasanya, setelah melewati masa kehamilan, akan hilang dengan sendirinya, kembali lagi pada kondisi semula.

 

Gingivitis

Atau radang gusi terjadi karena adanya perubahan pada gusi, akibat meningkatnya respons peradangan terhadap plak gigi. Puncaknya terjadi pada trimester ketiga kehamilan. Menurut staf pengajar Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, drg. Fatimah Tadjoedin, Sp.Perio, kondisi ini akan lebih parah bila dari sebelum hamil sudah mengalaminya. Biasanya, gusi akan mengalami kemerahan, ada pembengkakan dan perdarahan spontan meski saat tidak sedang menyikat gigi, misalnya ketika tidur, ada yang terasa asin di rongga mulut karena darah.

 

Karies

Bisa terjadi apabila selama hamil, Anda ngidam makanan yang manis dan mengonsumsinya terlalu sering. Ngidam yang timbul di malam hari, lalu tidak menggosok gigi lagi sebelum tidur dapat meningkatkan asam di dalam mulut. Belum lagi, ibu hamil sering menghindari menyikat gigi karena takut terpancing asam lambungnya sehingga membuatnya mual.

 

Jaga selalu agar mulut dan gigi selama hamil tetap sehat dengan menyikat gigi dua kali sehari. Sikat gigi perlahan saja dan tidak perlu dipaksakan agar tidak memancing mual. Jangan lupa, konsultasikan pada dokter kandungan maupun dokter gigi bila Anda mengalami masalah pada gigi dan gusi selama kehamilan.

MOST READ
SYSTEMA-article-banner-batch-17-7_thumb

Staycation di Kota Jakarta: Kenapa Enggak?

Pilihan hotel yang keren untuk Staycation saat akhir pekan meski hanya di kota Jakarta.

Kunci Sukses Melamar Kerja di Kantor Baru

Kunci Sukses Melamar Kerja di Kantor Baru

Apa saja yang harus diperhatikan saat hendak mengirimkan CV ke kantor baru supaya meninggalkan kesan yang baik bagi calon user.

Yuk Kenal Lebih Dalam Metode Veneer Gigi!_thumb

Mengenal Lebih Dalam Metode Veneer Gigi

Veneer gigi merupakan salah satu metode yang digunakan untuk memutihkan gigi, apa saja yang perlu diketahui sebelum mencoba metode ini.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :