5. Cantik Bisa dengan Arang

Manfaat Arang untuk Kecantikan

Arang aktif atau activated charcoal, selain berfungsi untuk kesehatan tubuh, juga punya andil dalam perawatan kecantikan. Kemampuan arang aktif dalam menyerap minyak, kotoran dan zat berbahaya lainnya membantu wajah menjadi bersih. Selain itu, arang aktif juga kerap digunakan sebagai pemutih gigi dan bahan sikat gigi. Apa saja yang perlu dipahami sebelum menggunakan arang sebagai bahan perawatan wajah dan kecantikan? Simak yang berikut ini.

 

Perawatan wajah

Arang aktif kini semakin banyak digunakan sebagai bahan perawatan wajah, seperti sabun muka dan masker. Menurut dr. Kally Papantoniou, dematolog yang juga merupakan anggota dari American Academy of Dermatology (AAD), arang aktif bisa menjadi jalan tengah yang baik, antara pembersih wajah yang lembut dan perawatan jerawat yang cukup keras. Arang dapat menghilangkan minyak, namun tidak sebanyak minyak yang dihilangkan oleh bahan kimia yang keras. Selain itu, arang aktif juga bisa digunakan untuk mengobati jerawat, namun, jangan berharap untuk mendapatkan hasil yang instan, arang aktif memerlukan waktu beberapa minggu bahkan bulan untuk memperbaiki kondisi kulit.

Menurut dr. Sejal Shah, dermatolog yang juga anggota dari (AAD), arang aktif juga bisa menjadi pilihan tepat bagi orang yang mencari rejimen perawatan kulit yang lebih alami. Namun, bahan alami pun bukan tidak mungkin bisa juga mengiritasi kulit. Pada dasarnya, Anda tetap memerlukan konsultasi lebih lanjut pada dokter kulit sebelum menggunakan produk dengan bahan arang aktif sebagai satu-satunya produk perawatan kulit.

 

Pemutih Gigi

Belakangan ini, muncul beberapa produk pemutih gigi yang berbahan arang aktif. Warna produk tersebut benar-benar hitam, mungkin efeknya terlihat seperti sedang menggosok gigi dengan arang. Namun, menurut dokter gigi Genaro Romo, yang merupakan anggota dari American dental Association, sama seperti arang yang kasar, produk berbahan arang tersebut bekerja dengan cara menggosok bagian permukaan gigi, yang bisa saja tidak cocok pada gigi Anda. Produk tersebut bisa merusak lapisan enamel pada gigi, yang sebetulnya merupakan lapisan yang membuat gigi lebih putih. Bila produk tersebut bersifat terlalu kasar, maka justri gigi putih Anda tidak akan bisa kembali. Bila ingin memilih produk pemutih gigi, gunakan pasta gigi yang berformula khusus dalam membuat gigi lebih putih, tanpa berisiko merusak lapisan gigi.

 

Sikat Gigi

Terkenal dengan sifat penyerapannya yang kuat, arang aktif kerap digunakan sebagai bahan bulu sikat gigi. Kemampuan meyerap tersebut juga membantu mengeluarkan bakteri, jamur, plak, noda serta bahan kimia yang berbahaya. Oleh karena itu, pastikan Anda juga memilih sikat gigi yang tepat, seperti Systema Charcoal Tootbrush, karena charcoal yang digunakan Systema merupakan Premium Japanese Binchotan yang mampu menghambat pertumbuhan bakter pada bulu sikat. Selain itu, bulu sikat dapat dipastikan lebih cepat kering daripada bulu sikat gigi biasa.

MOST READ
Korean Fashion Inspiration-thumbnail

Yuk, Intip Dunia Fashion Korea Selatan

Yuk, Intip dunia fashion Korea Selatan - Korea Selatan merupakan salah satu negara yang sangat menarik untuk Anda jadikan sebagai tempat tujuan traveling

Sekilas Mengenal Perawatan Saluran Akar Gigi_t

Sekilas Mengenal Perawatan Saluran Akar Gigi

Perlu Anda ketahui gigi berlubang (karies) memiliki 3 tahapan, mulai berlubang mencapai email, dentin dan pulpa.

Serunya Bersepeda di Jepang_2-t

Serunya Bersepeda di Jepang

Siapa bilang keseruan bersepeda hanya ada di Jakarta saat Car Free Day? Di Jepang pun demikian

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :