Makanan Sehat untuk Keluarga Sehat_alt.1-b

Makanan Sehat untuk Keluarga Sehat

          Banyak orang tua protes dan kelimpungan karena pola makan anaknya berantakan. Anak pun enggan untuk makan makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, juga susu. Namun pernahkah orang tua mengkoreksi pola makan mereka sendiri? Mungkin saja Anda, sebagai orang tua, memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan serba instan atau hanya memilih kopi sebagai menu “sarapan”. Seperti yang diketahui, anak meniru apa yang dilakukan orang tuanya. Layaknya sebuah ungkapan “semua berawal dari rumah”, ayo perbaiki kebiasaan di rumah dengan mengkonsumsi makanan sehat.

  1. Sarapan yang cukup Jangan berangkat sebelum sarapan. Baik anak maupun Anda membutuhkan asupan yang cukup mengingat aktivitas di luar sana akan menyita tenaga. Tak perlu sarapan dalam jumlah besar karena bisa menyebabkan kantuk setelahnya. Yang perlu diperhatikan adalah makanlah menu sarapan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin juga mineral. Roti gandum dengan selai kesukaan, kentang rebus dan scramble egg, omelette isi potongan brokoli dan smoked beef bisa jadi menu pilihan. Hindari makanan berbumbu tajam di pagi hari karena dapat mengganggu sistem pencernaan dan otomatis mempengaruhi aktivitas anda.

  2. Cukupi asupan serat saat makan siang Tahukah Anda bahwa kebutuhan serat tubuh manusia yang ideal setiap harinya adalah 30 gram? Sayang, pola makan yang telah dibiasakan di Indonesia hanya di angka 10.5 gram setiap harinya. Untuk itu, usahakan makan susunan menu lengkap di siang hari. Jadikan nasi, sayur, lauk pauk, serta buah sebagai menu wajib makan siang. Bila anak Anda tak begitu menyukai sayuran ataupun buah, sajikan dalam bentuk variasi juice. Dengan begitu asupan nutrisinya tetap dapat terlengkapi. Jangan lupa untuk mecukupi kebutuhan air putih sebanyak 2 liter per hari agar pencernaan lancar, dehidrasipun terhindar. Dengan begitu penyakit degeneratif seperti kolesterol, jantung, serta stroke yang biasa menghantui akibat pola makan tak sempurna, bisa dijauhi.

  3. Makan malam yang tepat Usahakan makan malam lebih awal, maksimal dua jam sebelum tidur, agar tubuh memiliki waktu yang cukup untuk mencerna sebelum tidur. Bahkan beberapa ahli gizi mengatakan, mereka yang memiliki penyakit pencernaan, rata-rata biasa makan larut malam. Usahakan makan malam dengan porsi tidak berlebihan. Kekenyangan hanya akan mengganggu tidur Anda di malam hari. Juga kurangi makanan daging berlemak dan lemak trans dari minyak sayur. Angka kolesterol yang diperbolehkan adalah 300 miligram setiap harinya.

  4. Menjaga kesehatan tubuh dan mulut Dalam menjaga pola makan sehat keluarga, hal yang juga sangat perlu dijaga adalah higienitas dari bahan makanan tersebut. Pilih sayuran dan buah-buahan yang masih segar. Tandanya yang berwarna terang, segar dan tidak keriput. Selain itu, makanlah makanan ataupun minuman yang tidak terlalu panas, ataupun tidak terlalu dingin agar tidak merusak lapisan gigi. Jangan lupa untuk membersihkan gigi setelah makan dan sebelum tidur dengan menggunakan pasta gigi Systema Nano. Produk keluaran Lion Japan ini, terdiri dari dua varian yaitu Spring Fresh dan Mentol Breeze. Menggunakan tekhnologi kalsium nano, pasta gigi Systema Nano ampuh menutup lubang super kecil pada gigi sebelum menjadi masalah. Dengan kandungan aktif Fluoride, IPMP dan GK2-nya, gigi berlubang Anda dapat tertutupi dalam waktu 14 hari saja. Belum lagi teknologi fast action system-nya yang membuat pasta gigi ini mudah menyebar ke seluruh permukaan gigi.

 

MOST READ
4-thumb

7 Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Makanan enak, belum tentu sehat. Untuk itu, berikut 7 makanan yang tidak hanya enak, tetapi sehat juga untuk gigi dan mulut Anda!

Atasi peyebab gusi bengkak dengan cara ini_thumb

Ini Sebabnya Mengatasi Gusi bengkak Itu Penting

Selain gigi, gusi juga perlu dirawat dengan cara yang tepat untuk mengatasi gusi bengkak

Waspada Pencabutan Gigi Saat Menstruasi_t

Waspada Pencabutan Gigi Saat Menstruasi

Bagi Anda para perempuan masa menstruasi merupakan hal yang menyebalkan yah, karena rasa sakit yang dialami dapat menyebabkan perubahan hormonal

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :