6

Makanan Sahabat Gigi dan Gusi

Menjaga kesehatan gigi dan gusi seringkali dianggap tidak begitu penting. Padahal, kalau ada masalah pada kesehatan gigi dan gusi, rasa sakitnya bisa membuat Anda menderita. Bayangkan kalau Anda mengalami sakit gigi, rasanya seluruh tubuh ikut lemas karena bikin Anda jadi susah makan. Belum lagi kalau sariawan, makanan yang paling enak sekalipun tidak bisa dinikmati akibat perihnya sariawan tersebut. Oleh karena itu, lakukan pencegahan supaya masalah gigi dan gusi tersebut tidak Anda alami. Caranya mudah, pilih makanan yang merupakan sahabat gigi dan gusi berikut ini, untuk Anda konsumsi setiap hari.

 

Makanan yang kaya akan kalsium dan fosfor

Enamel gigi adalah mineral. Makanan dan minuman asam yang Anda konsumsi dapat menyebabkan pengikisan enamel. Oleh karena itu, untuk membuat gigi lebih kuat, Anda perlu mengembalikan mineral yang hilang dengan cara menambahkan mineral lagi. Kalsium dan fosfor merupakan zat yang akan membangun dinding enamel. Kalsium bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi: yogurt, keju, makanan laut, susu rendah lemak, tahu dan kacang almond. Sedangkan untuk fosfor, Anda bisa mendapatkannya pada biji labu kuning, ikan, daging merah, telur, tahu dan kaldu.

 

Makanan renyah yang tinggi kandungan air

Mengunyah makanan yang agak keras namun mengandung banyak air sangat baik untuk gigi. Dengan mengunyah, maka akan banyak air liur yang merupakan penetral alami terbaik dari bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Sedangkan tekstur dari makanan secara alami menggosok dan membersihkan permukaan gigi, membuang sisa plak dan kotoran sisa-sisa makanan. Makanan renyah di sini adalah sayuran mentah (salad), apel, mentimun dan wortel.

 

Makanan dengan kandungan vitamin C yang tinggi

Vitamin C memberikan kekuatan pada tubuh, selain itu, vitamin C juga dapat menguatkan sel darah dan mengurangi peradangan pada gusi dan membuat gusi lebih sehat. Vitamin C dapat menghasilkan kolagen, yaitu protein yang dapat membantu melawan penyakit periodontal. Dapatkan dengan mengonsumsi paprika, jeruk, kiwi, stroberi, brokoli dan kubis.

 

Makanan yang kaya akan antosianin, arginine dan polyphenol

Beberapa zat lain yang juga bermafaat bagi mulut adalah antosianin, yaitu mencegah penempelan plak pada gigi dan melawan kanker mulut, arginine, yaitu asam amino penting yang mampu menghindari pembentukan plak dan lubang pada gigi, dan polifenol yang dapat memperlambap pertumbuhan plak, mencegah penyakit gusi, gigi berlubang dan bau mulut. Anda bisa mendapatkannya pada anggur, ceri, plum, terung, daging, kacang, teh hijau dan teh hitam, dan cocoa.

 

Selain makanan yang sudah disebutkan di atas, Anda juga bisa tetap menjaga kesehatan gigi dan gusi dengan cara menggunakan pasta gigi Systema Gum & Teeth Protection. Dengan formulasi khusus dari LION Jepang, Systema Gum & Teeth Protection 2X lebih baik digunakan untuk merawat gusi, karena memiliki kandungan IPMP, yang berfungsi membunuh bakteri pada celah gigi dan gusi. Selain itu ada kandungan GK2 dan OHBAKU yang menjaga kesehatan gusi.

 

MOST READ
Kesehatan Gigi yang Baik Dapat diwariskan pada Anak_t

Kesehatan Gigi yang Baik Dapat diwariskan pada Anak

Anda pernah mendengar mitos bahwa kesehatan gigi yang merupakan salah satu warisan dari orang tua?

Tips mendapatkan hati calon mertua_thumb

"Cari Muka" pada Calon Mertua dengan Hal yang Positif

Cara/hal-hal positif yang bisa dilakukan untuk mencuri hati calon mertua

Pertahankan Kekuatan Gigi Dengan Cara Ini_t

Pertahankan Kekuatan Gigi Dengan Cara Ini

Bagaimana mempertahankan kekuatan gigi Anda tergantung kondisi enamel. Inilah yang akan melindungi gigi Anda dari kerusakan.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :