MakanManisTakLagiBikinMeringis-b

Makan Manis, Tak Lagi Bikin Meringis

       Makanan manis begitu erat dengan kita. Rasanya, hampir setiap makanan ataupun minuman yang dikonsumsi pasti mengandung gula. Ayo, mengaku. Anda pasti salah satu penikmat chocolate chips, kue nastar sisa lebaran, minuman bersoda ataupun teh kemasan, bukan? Makanan dan minuman manis, juga sering dijadikan sebagai “obat penghibur” terutama bagi mereka yang tengah dilanda stres, lapar yang belum terlalu terasa, dan selingan di kala santai. Padahal, menurut ahli kesehatan, kadar gula yang layak untuk masuk ke dalam tubuh adalah sebanyak 8 sendok teh per hari atau 291.2 kalori. Lebih dari jumlah tersebut, kadar gula menjadi racun bagi kesehatan. Jika sudah begini, berhati-hatilah akan gigi berlubang, nyeri dan ngilu pada gigi dan sakit gigi.

           Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya, kudapan atau minuman manis tidaklah berbahaya jika diasup dalam jumlah wajar dan tidak berlebihan. Sakitgigiberlubang.com bahkan mencantumkan sebuah penelitian yang menyebutkan, bahwa makanan berkarbohidrat yang terfermentasi dengan gula atau pati yang dimasak, memiliki potensi lebih besar dalam membuat gigi berlubang, ketimbang makanan lengket dan lunak. Alasannya, makanan lengket dan mudah dikunyah, lebih mudah dibersihkan dari mulut ketimbang makanan lain yang tidak lengket seperti keripik, juga roti. Semakin sulit dibersihkan, maka semakin besar potensinya untuk membuat gigi berlubang.


           Lalu makanan manis apa saja yang tidak memberi resiko besar terhadap kesehatan gigi? Kismis adalah salah satu jenis kudapan yang rupanya terbukti mencegah timbulnya lubang pada gigi. Kandungan zat Phytonutrient oleanalic acid di dalam kismis, dapat membunuh streptoccocus mutans, biang keladi si gigi berlubang. Selain itu, flavonoid dan polifenol yang terdapat di dalam kudapan jenis ini mampu mengendalikan bakteri di mulut sehingga mencegah gigi berlubang. Kacang-kacangan seperti almond, kacang tanah, dan kacang mete juga memiliki vitamin B dan zat besi yang memperkuat kesehatan gusi. Mau opsi cemilan lain? Sereal gandum dan pasta juga bisa menjadi asupan sehat dalam menu sehari-hari. Bila Anda tidak bisa lepas dari permen, maka carilah permen yang bebas dari gula. Pilihlah, permen karet bebas gula yang dijual bebas di pasaran. Permen karet ini akan meningkatkan liur di mulut sehingga mencegah gigi berlubang. Jangan lupa untuk mengkonsumsi banyak kalsium sehingga gigi lebih kuat. Brokoli, yoghurt, keju adalah pilihan baik untuk menambah asupan kalsium pada gigi juga tubuh.

          Cara terbaik agar gigi Anda tidak mengalami nyeri akibat makan makanan manis adalah dengan membatasi jumlahnya dalam batas normal. Lagipula, yang berlebihan itu tidak baik, bukan? Cara lainnya adalah senantiasa membersihkan gigi secara seksama. Gunakan pasta gigi khusus untuk gigi berlubang seperti Systema Nano buatan Lion Japan. Terdiri dari dua varian, Menthol Breeze dan Spring Fresh, yang dengan keahlian teknologi nano-nya, mampu menutupi lubang super kecil sebelum jadi masalah dalam waktu 14 hari. Untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif, gunakanlah sikat gigi Systema Power Clean Regular Head, yang kepala sikatnya lebih kecil serta ramping. Modifikasi ini memudahkan Anda untuk menjangkau kotoran serta sisa makanan yang menempel sampai ke bagian tersulit. Sementara bulu sikatnya, juga dibuat lebih ramping dan halus, yaitu 0.02mm, agar bisa masuk ke sela-sela gigi dan gusi tersempit. Sikat gigi ini, selain kuat dan nyaman digunakan, juga aman untuk anak-anak.

           Jadi, siapa bilang makanan manis bikin meringis? Buktikan sendiri, ya.

MOST READ
Plak Gigi dan Cara Mengatasinya-t

Plak Gigi dan Cara Mengatasinya

Permukaan gigi memang tidak bisa dipastikan akan selamanya bersih, segera setelah selesai menyikat gigi

Mengatasi Bau Nafas Tidak Sedap_rev1-t

Mengatasi Bau Nafas Tidak Sedap

Nafas Anda beraroma tak sedap, tidah hanya ketika baru terbangun dari tidur? Tentunya hal itu dapat menjadi gangguan dalam diri Anda

4 hal penting diingat meskipun sibuk kerja_thumb

Boleh Semangat Bekerja, Tapi Jangan Lupakan Hal Ini!

Terlalu semangat bekerja seringkali membuat seseorang lupa akan kesehatan, waktu, dan hal-hal lain yang juga penting dalam kehidupannya.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :